Sponsors Link

Sel Penjaga pada Daun : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua, apa kabar sobat?  semoga sobat semua dalam keadaan baik –  biak saja ya sobat, sama seperti penulis yang juga dalam keadaan baik –  baik saja saat menulis artikel ini buat sobat semua.  Penulis juga tentunya akan tetap setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta ya sobat dengan artikel mengenai semua ruang lingkup biologi.

Dan yang akan menjadi pembahasan kita pada postingan kali ini tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya ya sobat yakni masih membahas mengenai tumbuhan beserta komponen atau struktur dari tumbuhan itu sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, adapun tubuhan itu sendiri memiliki beberapa komponen mislanya seperti daun, batang, ranting maupun batang yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Dan yang akna kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai salah satu bagian bagian tumbuhan yakni daun. Daun pada tumbuhan sobat, juga ternatat memiliki beberapa lapisan atau sel atua jaringan yang tentunya berfungsi untuk menudkung proses pertumbuhan daun itu sendiri. Salah satu sel yang terdapat pada daun yakni adalah sel penjaga daun. Jadi bukan hanya hati anda ya  sobat ada penjaganya, namun daun juga demikian mempunyai sel penjaga. Untuk informasi selengkapnya, berikut ulasannya untuk anda sobat. Chek it out!

Pada umumnya sobat, daun yang sempuran terdiri atas pelepah, tangkai dan juga helai daun. Pelepah daun ini berfunsgi untuk menundukkan daun pada batang. fungsi daun pada tumbuhan salah satunya dimiliki oleh Tangkai daun yang berfungsi untuk menghubungkan pelepah atau batang dengan helai daun. Sedangkan helain daun merupakan bagian terpenting dari daun  karena disinilah fungsi utama daun sebagai organ fotosintetik atau komponen daun yang paling banyak melakuakn aktiviatasnya untuk menghasilkan makanan.


Agar fungsi dan peranan daun tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya, maka di dalamnya terdapat sel penjaga pada daun tersebut. Sel penjaga pada daun ini merupakan sel epidermis khusus pada tumbuhan yang membentuk perbatasan stomata dimana  fungsi stomata pada daun amatlah luas dan stomata memiliki bentuk seperti lingkaran berisi zat tepung da terdapat pada korteks batang anhiospermae.

Nah sobat semua apa saja tugas atau fungsi dari sel penjaga pada daun tersebut yakni sebagai berikut :

  1. Sebagai sel yang berfungsi untuk mengatur dan membuka tutupnya stomata pada daun
  2. Sebagai sel yang berfungsi untuk membentuk stomata pada daun
  3. Sebagai sel yang berfungsi untuk memungkinkan karbin dioksida masuk dan untuk melepaskan oksigen.
  4. Sebagai sel yang berfungsi untuk tempat terjadinya gutasi.

Nah sobat semua, itulah beberapa funsgi dari sel penjaga pada daun.

Jika berbicara mengenai sel penjaga pada daun sobat, tentunya kita juga berbicara mengenai stimata yang terdapat pada sel penjaga daun tersebut. Adapun stomata tersebut berfungsi sebagai organ respirasi. Stoma ini mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagia hasil fotosintesis.


Atau dengan kata lain sobat, stoma ini bisa diibaratkan seperti hidung pada manusia yang mana hidung kita mengambil O2 dan mengeluarkan CO2. Stoma ini terletak pada epidermis bawah pada tumbuhan tersebut. Stomata ini merupakan struktur bukaan yang terdapt sel penjaga disampingnya, yakni seperti sel penjaga yang sudah kita bahas diatas ya sobat. Pada umumnya stomata ini terdapat pada bawah permukaan daun, namun ada juga yang berada diatas maupun diatas daun.

Oke sobat semua,  sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat pada postingan kali ini. semoag bermanfaat buat anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa, salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan