Sponsors Link

Proses Gutasi pada Daun : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat, kemali lagi bertemu dnegan penulis nih ya sobat yang tentunya selalu setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta dirumah. Nah sobta semua, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada postingan kali ini kita masih akan membahas mengenai tumbuhan yang ada di sekitar kita sobat, dimana objek dan permasalahan biologi amatlah luas.

dan untuk mengetahui proses –  proses apa saja yang terjadi pada tumbihan tentunya layak untuk kita kaji bersama. Oleh karena itu, yuk sobat langsung merapat saja dan mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Adapun materi atau pembahasan yang akan kita kaij pada postingan kali ini yakni mengenai suatu perubahan atau suatu aktiviats yang terjadi pada tumbhan yang ada di sekitar kita yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan,

yang memang selama ini terluput dari perhatian kita. Adapun aktivitas atu proses yang dimaksud tersebut adalah mengenai Proses Gutasi pada Daun. Apakah anda sebelumnya sudah pernah mendengar istilah ini sobat? Jika belum, berikut ini ulasannya untuk anda. Check it out!

Adapun yang dimaksud dengan gutasi pada daun adalah suatu prises melepasnya air dalam bentuk cair dari jaringan daun yang dilakukan oleh bagian bagian daun pada tumbuhan. Gitasi ini biasaya terjadi permukaan daun dimana air dikeluarkan oleh jaringan tumbuhan melalui hidatoda. Gutasi ini lebih cenderung terjadi jiak dibandingkan dengan transpirasi. Karena untuk dapat terjadi gutasi ini tumbuhan harus terlebih dahulu mnegalami kondisi atau keadaan tertentu yang menyebabakn faktor gutasi itu sendiri terjadi.


Gutasi pada daun ini dapat kita amati dengan munculnya tetes –  tetes air di tepi daun tumbuhan tersebut. Gutasi ini sendiri apda umumnya terjadi pada amlam hari, namun pada beberapa tumbuhan ada yang terjadi pada siang hari juga. Oleh karena tetes –  tetes air tersebut adalah air yang merupakan hasil gutasi, nanh biasanya tetesan air ini sering kita sebut sebagai embun, padahal bukan ya sobat,

air tersebut adalah air hasil dari proses gutasi yang terjadi apda tumbuhan tersebut yakni pada daunnya. Proses gutasi pada daun ini sendiri terjadi pada saat akar mendapat tekanan positif sebagai salah satu fungsi daun pada tumbuhan. Tekanan positif ini pada akar akan terjadi pada saat lingkungan tumbuh akar tersebut memiliki suplay air yang sangat banyak, sehingga akar bisa menyerap air dari dalalm tanah tersebut dalam jumah yang banyak.

Untuk lebih jelasnya mengenai guatsi tersebut, berikut ini ulasannya secara lengkap untuk anda.

  1. Sebagai proses yang mendukung keluarnya titik –  titik air dari dalam tumbuhan yang menuju ke daun tumbuhan itu sendiri.
  2. Sebagai proses yang berperan penting untuk mengeluarkan zat atau kandungan air yag ada dalam sutau batang tumbuahan, hingga digantikan dengan air yang baru yakni yang diserap oleh akar suatu tumbuhan tersebut.
  3. Sebagai proses yamng berperan utuk mengeluarkan kandungan senyawa –  senyawa dala kandungan mineral.

Selain itu sobat, berikut ini adalah beberapa faktor pendukung atau penyebab terjadinya proses gutasi pada daun, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Adanya penyerapan air oleh akar yang secara terus menerus atau akar mengalami tekanan yang positif.
  2. Adanya laju yang spirasi yang rendah
  3. Adanya kelembaban udara yang tinggi

Demikianlah ulasan mengenai proses gutasi pada daun yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan