Sponsors Link

Macam Pigmen Warna pada Tumbuhan

Jika sobat perhatikan, tentunya disekitar kita ada begitu banyak sayuran dan juga buah buahan yang memiliki warna yang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun sobat, apakah pernah anda pikirkan kenapa sayuran dan buah buahan tersebut bisa memiliki warna yang berbeda beda?

Mungkin kita hanya berpikir bahwasanya buah atau sayuran tersebut memiliki warna yang cerah dan berbeda satu dengan yang lainnya adalah sebagai penghias tampilannya. Namun ternyata warna dari sayuran dan buah tersebut  

memiliki manfaat atau fungsional yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain sayuran dan buah tersebut ternyata ada beberapa jenis tanaman yang lainya yang tentunya juga ada maksud tersendri dari semua  warna tersebut.

Nah sobat semua, adapun perbedaan warna dari tumbuhan tersebut ternyata berhubugan dengan pigmen  warna dari tumbuhan sendiri, hal inilah yang menyebabkan warnanya berbeda-beda. Adapun beberapa  Macam Pigmen Warna pada Tumbuhan tersebut antara lain adalah sebagia berikut :

  • Klorofil

Pigmen warna yang pertama adalah fungsi klorofil. Dari namanya saja kita sudah tau ya sobat bahwasanya pigmen  yang satu ini memiliki warna yang hijau. Klorofil ini sendiri merupakan pogemn utama bagi tumbuhan, sehingga prises fotosintesis dalam tumbuhan itu sendiri bisa terjadi.

Pigemn klorofil ini sendiri diproduksi dalam kloroplas pada jaringan fotosinteis yang letaknya pada daun. Klorofil ini sendiri dapat menyalurkan energi yang berasal dari sinar matahari untuk dimanfaatkan oleh tumbuhan tersebut. Energi yang diserap oleh klorofil adalah energi dengan panjang gelombang biru dan merah yang akan diserap oleh klorofil tersebut.

  • Karotenoid

Pigmen warna yang kedua adalah karoteoid yang hampir sama dengan hormon gas etilen. Adpaun pigmen karotenoid ini merupakan pigmen yang umumnya berwarna merah, orange atau kuning. Pigmen yang termasuk dalam jenis karetenoid keroten, yakni zat warna yang memberikan warna pada wortel.

Karotenoid ini sendiri juga termasuk pigmen yang terdapat pada membrane sel, yakni pada membran kloroplas.  Pigmen karotenoid ini termasuk pigmen yang tidak larut dalam air, oleh karenanya pigmen ini terdapat

pada membaran di dalam sel yakni pada membran kloroplas.  Namun  pigmen karotenoid ini tidak seperti klorofil, karena karotenoid ini tidak bisa mentansfer energi yang mau diserapnya secara langsung pada proses fotosintesis.

  • Antosianin

Pigmen warna yang ketiga adalah antosianin atau hormon jasmonates. Berbeda dengan klorofil dan karotenoid, antosianin ini merupakan pigmen yang larut dalam air. Pigmen ini sendiri diproduksi dalam sitoplasma dan juga disimpan dalam vakula. Pigmen ini sendiri berwarna merah muda dan biasanya terlihat pada dan

bunga, buah buahan berwarna merah ( sebut saja sepert apel ) , dan juga daun daun yang sering kita jumpai pada musim gugur.  Selain itu, antosianin ini juga akan menyerap energi pada panjang gelombang biru dan hijau. Oleh karena itu, bagi mata yang memandangnya, antisianin ini akan memiliki warna merah atau kemerahan.


  • Pigmen Lainnya

Pigmen warna yang keempat adalah pigmen jenis lainnya. Adapun pigmen yang satu ini merupakan salah satu pigmen yang tidak terdapat pada tumbuhan tingkat tinggi. Namun pigmen ini terdapat pada tumbuhan yang tingkat rendah seperti alga yang disebut sebagai fikobilin.

Sekian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan