Sponsors Link

Proses Munculnya Cabang Baru Pada Batang yang Dipotong

Pemotongan pada struktur batang tanaman atau disebut dengan pemangkasan mutlak dilakukan agar tampilan tanaman senantasa tampak rapi dan teratur. Selama tanaman masih hidup, ia akan terus tumbuh tanpa batas dan ditentukan oleh kondisi alam sekitar. Batang utama akan tumbuh membesar dan ranting nya pun tumbuh semakin banyak.

Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga selalu mencari makanan untuk melangsungkan hidupnya, pada tumbuhan pada umumnya pengolahan makanan diawali oleh akar yang mencari air mineral dan berbagai unsur hara (mineral) ke dalam tanah, selanjutnya akan diproses dan disebarkan ke seluruh anggota tubuh tanaman. Begitu pula proses yang terjadi pada batang yang dipotong, seluruh anggota tubuh tumbuhan akan tetap mendapat pasokan nutrisi sehingga tetap dapat tumbuh.

Proses munculnya cabang baru tersebut tidak tumbuh begitu saja, ada berbagai sebab alami dan proses munculnya cabang baru pada batang yang dipotong, berikut penjelasannya :

  • Pertumbuhan Sekunder

Batang yang dipotong dapat tumbuh cabang baru terjadi karena adanya pertumbuhan sekunder yaitu memiliki titik tumbuh dan terjadi pembentukan kambium, sehingga tanaman tetap mampu bertahan walaupun batang dipotong, di lokasi yang dipotong tersebut nantinya akan tetap tumbuh cabang baru sebab memiliki sifat pembesaran dan pemanjangan sel. (Kambium yaitu lapisan jaringan yang sel sel nya aktif membelah dan bertanggung jawab untuk terus tumbuh).

  • Proses di Dalam Kambium

Kambium pada batang berfungsi sebagai jalur lintas atau penyalur makanan yang dihasilkan dari proses fotosintesis dengan membentuk fungsi xilem atau pembuluh kayu (tumbuh ke arah dalam sebagai pengangkut air dan mineral) dan floem atau pembuluh tapis (tumbuh ke arah luar sebagai pengangkut hasil fotosintesis). Proses munculnya cabang baru diawali dengan penyerapan air dan mineral oleh akar dari dalam tanah. Mineral yang dibutuhkan tumbuhan akan diserap dan diubah dalam bentuk ion yang terlarut dalam air.

  • Proses di Dalam Pembuluh Kayu

Air dan mineral yang telah sampai pada pembuluh kayu (xylem) selanjutnya akan diangkut menuju daun sebagai bahan yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis. ( pengertian fotosintesis : proses membuat dan mengolah makanan yang dilakukan tumbuhan dengan bantuan air, karbondioksida, dan energi dari sinar matahari)

  • Proses Pertumbuhan

Setelah proses fotosintesis secara singkat selesai dilakukan selanjutnya terjadi proses pengambilan dan pengeluaran zat zat ke seluruh bagian tubuh tumbuhan sehingga terjadi pertumbuhan pada tanaman tersebut berupa penambahan dan pemanjangan bentuk, contohnya ialah pertumbuhan pada tinggi pohon dan diameter batang atau cabang pohon.

  • Proses Pendistribusian Hasil Fotosintesis

Zat zat hasil fotosintesis tersebut juga diangkut menuju area batang yang dipotong dan dari proses tersebut mampu tumbuh cabang baru sebab batang pohon termasuk jaringan meristem yaitu jaringan yang terus menerus aktif melakukan pembelahan sel sehingga cabang baru dapat terus tumbuh dan batang dapat terus memanjang.


Sebab alami lain yang mendukung ialah adanya hormon auksin pada batang pohon yaitu hormon yang bertugas mengatur pembesaran dan pemanjangan sel dan berpengaruh langsung pada pertumbuhan tanaman. Beberapa faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan cabang baru yaitu nutrisi, cahaya, suhu, dan tingkat kelembaban atau kadar air.

Demikian pembahasan artikel kali ini mengenai proses munculnya cabang baru pada batang yang dipotong. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan