Sponsors Link

Cara Membuat Sumber Api dengan Peralatan Sederhana

Ketika anda bepergian ke suatu tempat atau ke alam liar dan  anda perlu menyalakan api tetapi tidak membawa pematik api ataupu korek api, anda bisa menggunakan peralatan sederhana untuk dapat membuat sumber api. Berikut cara – cara yang mungkin bisa anda praktekan :

1.Dari botol plastik minuman bekas dan air jernih

Pastikan anda memiliki botol plastik minuman bekas( usahakan yang berbentuk bundar bening) , air ,dan sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api.

Isi botol plastik minuman bekas dengan air jernih, lalu pastikan fokus titik api terkecil terbentuk dari botol minuman bekas tersebut dan arahkan diatas tumpukan sekam/rumput kering/kertas. Tunggu beberapa menit pasti akan muncul asap dari fokus titik api tersebut dan tak lama kemudian api pun muncul. dampak sampah plastik bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Baterai dan Bungkus aluminium rokok atau permen karet

Anda dapat memakai sembarang baterai (tapi yang masih berfungsi ya), potongan bungkus aluminium rokok atau permen karet yang bagian tengahnya dibentuk mengecil, serta sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api.

Anda dapat menempelkan sekam/rumput kering/kertas/spon kering di bagian tengah bungkus aluminium rokok/permen karet yang telah anda bentuk. lalu tempelkan ujung-ujung bungkus aluminium rokok/permen karet di kutub-kutub baterai tersebut. Dan seketika akan muncul api di bagian tengah bungkus aluminium rokok/permen karet tersebut. hubungan kekuatan fisik dengan kesehatan otak bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Baterai dan kabel

Anda dapat memakai sembarang baterai (tapi yang masih berfungsi ya), kabel dan spon kering sebagai media pembakaran api. Anda dapat menempelkan ujung-ujung kabel di kutub-kutub, lalu gesek-gesekan di spon kering dan tak lama spon tersebut akan terbaka.

4. Bingkai foto bekas/kayu yang berbentuk persegi dan plastik bening tipis serta air

Prinsip kerja dalam membuat api seperti membuat api dari botol minuman bekas, air jernih air ,dan sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api, namun medianya diganti dengan bingkai kayu yang dibalut seluruhnya dengan plastik tipis bening dan air jernih di taruh diatas plastik tipis tersebut, sehingga membentuk fokus titik api. 

5. Plastik bening dan air

Prinsip kerja dalam membuat api seperti membuat api dari botol minuman bekas dan air jernih, namun medianya hanya menggunakan plastik bening, air jernih air, dan sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api.

Masukkan air kedalam plastik bening tersebut,lalu bentuk hingga menyerupai bola dan ikat dengan kencang. pastikan anda dapat membuat fokus titik api terkecil menggunakan bola air tersebut.

6. Bow Drill

Membuat Bow Drill anda harus menyiapkan beberapa bahan seperti Busur (Bow) dari kayu, tali, tongkat kayu sebagai poros, alas kayu, alat tangan dan daun. Tongkat yang digunakan sebagai poros dan alat kayu haruslah kayu yang kering, kayunya tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk.

Untuk busurnya, bisa menggunakan kayu segar agar tidak mudah patah dan talinya bisa menggunakan tali sepatu atau tapi apa saja selama tali tersebut kuat. Untuk alat tangan atau socket, bisa menggunakan kayu yang dilubangi sedikit, batu yang berlubang, kulit kerang, dan lain-lain.

7. Fire Plough

Metode Fire Plough menggunakan kayu namun dengan cara digesekan terus menerus sehingga terbentuknya serbuk api. Dalam metode, hanya dibutuhkan tongkat kayu dan alat kayu. lebih simpel dalam menyiapkan bahan namun sedikit susah dan membutuhkan banyak energi untuk membuat serbuk api. Pastikan kayu benar-benar kering

Kayu pohon kapas, kenari, dan cemara adalah bahan yang ideal yang bisa digunakan sebagai bahan papan api dan batang pemutar.


Beberapa hal yang harus jadi perhatian

  • Pastikan Anda mematikan api dengan air atau pasir sebelum Anda meninggalkannya.
  • Hati-hati terhadap percikan api yang mungkin akan terbang.
  • Selalu ingat awasilah jika anak-anak bermain dengan api.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar