Sponsors Link

Cara Terbaik Mencuci Tangan Menurut Ahli Mikrobiologi, Begini Penjelasannya

Tak usah ditanyakan lagi ya sobat, bahwasannya mencuci tangan merupakan hal yang biasa kita lakukan setiap harinya, karena memang mencuci tangan ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan kita secara keseluruhan. 

Tujuannya tentunya sudah kita tau bersama ya sobat, yakni untuk membunuh kuman yang ada pada tangan terutama pada bagian jari kita yang tentunya kuman tersebut harus bersih terutama pada saat kita hendak makan atau minum menggunakan tangan. 

Namun ternyata sobat, meski demikian masih banyak yang mengabaikan hal tersebut, atau dengan kata lain masih banyak yang tidak mengerti bagaimana cara mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar. pengaruh detergen terhadap aktifitas ikan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Untuk informasi bagi anda mengenai cuci tangan tersebut, berikut ini penulis akan sajikan untuk anda mengenai cara terbaik mencuci tangan menurut ahli mikrobiologi untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Fakta Mengenai Kebiasaan Mencuci Tangan

Dalam sebuah penelitian, yakni pada survei yang dilakukan pada 2.800 responden maka anda sebanyak 92.3 % dari responden tersebut yang menyatakan bahwasannya mereka tak mencuci tangan setelah menutupi mulut mereka saat terbatuk atau bersin. 

Dan penelitian yang lainnya menunjukkan bahwasanya rata rata responden yang mencuci tangan adalah sekiat 6 detik lamanya, padahal hal ini tidak akan membunuh kuman dalam tangan secara keseluruhan.

Dan fakta inilah yang sering dan kebanyakan terdapat dalam kehidupan setiap harinya. reaksi biologis saat terpapar ac sepanjang hari bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Cara Terbaik Mencuci Tangan Menurut Ahli Mikrobiologi

Untuk membersihkan tangan kita secara efektif agar kuman atau bakteri hilang, maka Centers of Disease Control and Prevention merekomendasikan langkah langkah mencuci tangan seperti berikut ini, antara lain :

  • Basahi tangan anda terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih
  • Busakan sabun cuci tangan pada jari anda dan silahkan menggosok gosok setiap bagian tangan terutama pada bagian celah jari anda selama 20 hingga 30 detik lamanya ( atau sebagai Patokan bagi anda, silahkan menyanyikan lagu happy birthday dalam hati anda sebanyak dua kali )
  •  Bilas sebersih mungkin sehingga tak terdapat busa bekas sabun sama sekali pada setiap jari dan sela sela jari tangan anda. Dan baiknya pastikan anda menggunakan air yang mengalir untuk membasuh tangan anda tersebut.
  • Kini keringkan dengan mengunakan tissue bersih atau blower udara. Namun jika anda mengunakan blower udara, pastikan blower tersebut dalam keadaan bersih sehingga tak berpotensi menyebarkan kotoran pada tangan yang sudah anda bersihkan tadi.
  • Itulah cara yang baik dan benar jika anda hendak membersihkan  tangan

Sebagai tambahan informasi untuk anda sobat, kita hidup di dunianya mikroba, ada triliunan bakteri atau mikroba yang ada di dalam kulit kkta meski memang mikroba tersebut tak kasat mata oleh kita.

Jadi meski anda sudah mencuci tangan, dan anda memiliki niat untuk mencari tau masih ada tidaknya bakteri pada  tangan anda, maka anda jangan kaget jika anda masih menemukannya meskipun anda sudah mengikuti langkah mencuci tangan yang efektif seperti tulisan di atas.  Namun memang meski anda sudah mencuci tangan namun bakteri tersebut masih tetap ada di kulit anda.


Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga ulasan ini bermanfaat. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!