Sponsors Link

Hormon Endorfin : Penjelasan dan Cara Kerja

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, hormon merupakan salah satu pembawa sel kimiawi antarsel atau antar kelompok sel  semua organisme multiseluler, termasuk tumbuhan. Hormon ini sendiri beredar di dalma sirkulasi darah  dan juga fluida sell untuk mencari sel target.

Untuk itulah sobat hormon ini memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh kita. Ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat dalam tubuh kita yang memiliki nama, dan juga fungsi yang berbeda –  beda dari satu dengan yang lainnya. Namun meski demikian hormon tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita.

Salah satu jenis hormon tersebut dan akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai hormon endorfin. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hormon endorfin tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out

Apa Itu Hormon Endorfin ?

Adapun yang dimaksud dengan hormon endorfin tersebut merupakan zat kimia seperti morfin yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.  Adapun pernan dari hormon endorfin salah satunya adalah untuk mengurangi rasa sakit dan bisa memicu rasa senang, tenang, atau juga bahagia.  Hormon endorfin ini sendiri diproduksi oleh sistem saraf pusat dan juga kelenjar hipofisis.  Hormon endorfin ini sendiri terdiri dari neuropeptida opioid endogen.  Pada kenyataanya sobat, setidaknya terdapat 20 jenis endorfin tersebut.

Apa Fungsi Hormon Endorfin Tersebut ?

Ada beberapa fungsi atau peranan hormon endorfin tersebut didalam tubuh, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Meredakan Nyeri

Funsgi utama dari hormon endorfin ini adalah berperan untuk meredakna rasa nyeri yakni dengan cara memblokir reseptor opioid yang terdapat pada sel –  sel saraf  yang pada akhirnya hal ini akan menyebabkan terganggunya penghantar sinyal rasa sakit tersebut.

  • Mengurangi Stress

Pada saat tubuh anda mengalami stress, maka jumlah hormon endorfin dalam tubuh anda dapat mengalami peningkatan dan mengahsilkan euforia sehingga membantu anda untuk mengatasi stress.

  • Meningkatkan Mood

Endorfin ini dapat menenangkan saraf anda dengan menciptakan perasaan tenang dan damai sehingga akan terjadi perbaikan dan suasaan tenang dalam diri anda.

  • Meningkatkan Imunitas

Hormon endorfin ini dapat meningkatkan atau memicu pembentukan natural killer cell, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh sistem imun, sehingga hormon ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

  • Cara Kerja Hormon Endofrin dalam Tubuh

Adapun cara kerja dari hormon endorfin tersebut pada tubuh manusia adalah misalnya pada seseorang sedang dalam keadaan marah dan merasa sangat tertekan, maka otaknya akan mengeluarkan noradrenalin yaitu sejenis hormon manusia yang sangat beracun.  Dan yang lebih menegangkan lagi sobat, pada saat seseorang terus menerus dalam keadaan marah dan tertekan, maka racun ini akan membuatnya sakit, lebih cepat tua, dan bahkan bisa berakibat fatal yaitu seperti terkena struk atau jantung.

Dalam hal seperti inilah hormon noradrenalin tersebut berperan membuat anda menjadi sakit. Namun pada saat yang bersamaan, hormon endorfin ini juga akan membantu anda untuk tetap berada dalam kondisi tenang sehingga hormon endorfin ini akan mengalir ke sistem saraf pada manusia.


Setiap hormon memiliki fungsi dan peranannya masing –  masing dalam tubuh kita. Semoga  ulasan tersebut bisa bermanfaat dan memberi tambahan wawasan kepada sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis, salam sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar