Sponsors Link

Bioteknologi Modern Hormon Insulin dan Penjelasannya

Di dalam tubuh kita, tentunya memiliki sejumlah atau bahkan bisa dibilang tubuh kita tersusun atas banyak hormon yang tentumnya setiap hormon tersebut memiliki fungsi dan peranannya masing masing dalam tubuh kita secara keseluruhan. 

Dan salah satu jenis hormon tersebut adalah hormon insulin. Hormon insulin ini merupakan salah satu hormon yang memiliki fungsi sangat penting dalam tubuh kita. manfaat asam amino bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan

Dan untuk ulasan selanjutnya, berikut  ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Hormon Insulin Tersebut?

Pada umumnya, hormon insulin ini merupakan hormon alami yang ada dalam tubuh kita yang dihasilkan atau dibuat di pankreas dalam tubuh kita. 

Sementara itu, hormon insulin ini sendiri berperan atau berfungsi untuk mengatur penggunaan glukosa dalam tubuh, sehingga glukosa tersebut daapat digunakan atau diubah menjadi energi. 

Selain itu sobat, hormon ini juga berperan untuk membantu menontrol kadar gula dalam darah atau glukosa dalam tubuh. Namun sayangnya sobat, tidak semua orang dapat memproduksi hormon insulin ini dalam tubuhnya sesuai dengan kebutuhannya tentunya.

Bahkan, ada pula orang yang sama sekali tidak bisa memproduksi hormon insulin ini  dalam tubuhnya. Dan orang seperti ini adalah mereka yang menderita penyakit diabetes militus.

Jika seseorang tidak bisa memproduksi hormone insulin ini dalam tubuhnya, maka sekarang ini sudah ada teknologi canggih untuk memproduksinya.

Teknologi tersebut adalah bioteknologi modern pembuatan hormon insulin tersebut. Dan berikut ini adalah ulasan mengenai bioteknologi modern hormon insulin dan penjelasannya untuk anda. fungsi insulin dalam tubuh bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Bagaimana Proses Bioteknologi Modern Hormon Insulin Tersebut?

Berikut ini adalah beberapa tahap atau proses bioteknologi modern hormon insulin tersebut.

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah mengisolasi plasmid dari E. Coli plasmid  ini sendiri adalah salah satu bahan genetik bakteri yang berupa untaian DNA yang berbentuk lingkaran kecil. Selain plasmid, bakteri ini juga mmeiliki kromosom, namun keuunikan dari plasmid ini adalah ia bisa keluar  an masuk tubuh bakteri dan bahkan sering dipertukarkan antarbakteri.
  • Pada langkah kedua, palasid yang telah diisolasi tersebut akan dipotong pada segmen tertentu yang menggunakan enzim restriksi endonuclease.
  • Setelah itu,  DNA insulin tersebut disambungkan pada plasmid dengan menggunakan bantuan enxzim DNA tersebut. Dan hasinya adalah DNA kode insulin dengan plasmid bakteri yang disebut dengan DNA rekombinan.
  • Setelah itu, FNA rekombinan yang sudah terbentuk tersebut akan disisipkan kembali ke sel bakteri.
  • Bila bakteri E coil terbaik, maka akan dihasilkan koloni bakteri yang memiliki DNA rekombinan tersebut. Sehingga dengan demikian, maka akan terciptalah hormone insulin tersebut.

Itulah sobat beberapa proses pembuatan atau bioteknologi moder hormon insulin tersebut. Dan sebagai informasi tambahan untuk anda sobat, kekurangan hormon insulin tersebut bisa diatasi dengan cara menyuntikan hormon insulin tersebut dalam tubuh, yakni hormon yang dihasilkan oleh proses bioteknologi modern tersebut.

Oleh karena itulah sobat, keberadaan hormon insulin ini dalam tubuh anda karena akan berpengaruh pada kesehatan anda, khususnya penyakit diabetes.


Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada artikel  kali ini. Terima kasih kepada anda yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda dan semoga menjadi refrensi untuk anda. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!