Sponsors Link

Bioteknologi Modern Bayi Tabung dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita  ketahui bersama sobat, sekarang ini  teknologi semakin maju dalam setiap aspek dalam kehidupan kita. Sebut saja dari dunia kedokteran, tentunya sobat semua sudah merasakan hal ini dalam kehiduan kita. 

Dan salah satu bukti nyata dari perkembangan teknologi tersebut dalam dunia kedokteran adalah adanya teknologi bayi tabung yang kini sudah banyak sekali dipraktekkan oleh mereka yang ingin memiliki keturunan namun ada kendala dalam hal pembuahan indung telur secara alami.

Dan hal ini tentunya adalah bioteknologi modern yang dirasa banyak mendatangkan manfaat bagi mereka yang hendak memiliki anak tersebut. Lantas seperti apa bioteknologi modern bayi tabung dan penjelasannya tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1.Apa Itu Bioteknologi Modern Bayi Tabung Tersebut?

Adapun bioteknologi modern bayi  tabung tersebut merupakan  proses pembuahan sel telur dan sperma yang dilakukan secaar modern dan tentunya dilakakan di luar tubuh si ibu.

Atau dengan kata lain disebut juga dengan istilah in vitro vertilization ( in vitro dalam bahasa latinnya adalah “ dalam gelas atau tabung “ dan vertilization artinya pembuahan ). 

Dalam proses bayi tabung itu sendiri, maka sel telur matang akan diambil dari indung telur ibu dan akan dilakukan proses pembuahan dengan sperma di dalam medium cairan.  

Dan setelah  proses tersebut berhasil, maka embrio kecil yang terjadi akan dimasukkan dalam  rahim dan  diharapkan akan berkembang menjadi jabang bayi, yang akan nantinya berlanjut menjadi bayi yang lahir ke dunia ini.

Dalam  menjalani proses bayi tabung ini, tentunya tidak mudah dan tidak semua orang yang bisa atau berhasil melakukannya. Ada begitu banyak tahapan yang dibutuhkan dalam  proses bioteknologi modern bayi tabung tersebut.

Lantas, apa saja proses yang dilakukan dalam hal proses bayi tabung tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

2. Langkah Menjalani Proses Bayi Tabung

  • Seleksi Pasien

Yakni apakah suami dan istri layak mengikuti program bayi tabung tersebut.

  • Stimulasi

Stimulasi atau merangsang indung telur dilakukan untuk memastikan banyaknya sel telur. Secara alami, sel telur memang hanya satu, namun untuk bayi tabung diperlukan lebih dari satu indung telur untuk memperoleh embrio.

  • Pemantauan Pertumbuhan Folikel

Yakni cairan yang berisi sel telur di indung telur melalui ultrasonografi. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah sel telur sudah cukup matang untuk mengikuti proses selanjutnya.

  • Mematangkan Sel Telur

Pada proses ini, sel telur akan disuntikkan cairan khusus agar benar – benar menjadi matang. ciri ciri hewan bertelur bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Pengambilan Sel Telur

Setelah mennjadi matang atau menjadi embrio, maka akan dilanjutkan dengan proses laboratorium. jaringan embrional pada manusia bisa anda pelajari lebih lanjut.

  • Pengambilan Sperma Suami

Pada hari yang sama, dan jika tidak ada masalah, maka pengambilan sperma tersebut akan dilakukan dengan cara masturbasi, atau bisa juga langsung dari buah zakar melalui teknik operasi. hormon reproduksi pria bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Pembuahan
  • Transfer embrio ke rahim
  • Penunjang fase uteal
  • Proses simpan beku embrio

Itulah ulasan mengenai bioteknologi modern bayi tabung dan penjelasannya untuk anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan tersebut. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan ulasan menarik lainnya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!