Sponsors Link

5 Dampak Positif Bioteknologi yang Wajib Diketahui

Dampak positif bioteknologi bagi manusia adalah adanya produk – produk baru yang dapat bernilai daya jual yang tinggi dan dinilai unggul. Pada proses bioteknologi memang memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang akan memudahkan pekerjaan manusia. Hal ini sangat penting karena pada prodk tersebut kemudian akan membuat menguntungkan manusia dalam berbagai bidang. Ini juga menjadi salah satu ajang inovasi anak bangsa yang dapat membantu negaranya untuk menghasilkan berbagai produk yang unik dan kreatif.

Meski seringkali produk yang dihasilkan juga memiliki efek samping jangka panjang dan bahkan kemudian akan merusak lingkungan serta mengarangi populasi pada mahluk hidup yang lain. Tentu hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan berkelanjutkan karena produk tersebut merusak ekosistem secara global yang dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia namun juga berdampak pada habitat dan species lain sebagai manfaat biologi di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa dampak positif dari penerapan bioteknologi.

1. Mempermudah Proses Pengolahan Produk

 Bioteknologi  adalah satu inovasi yang bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia dan untuk memperoleh penghasilan yang besar. Pada produk ini kemudian akan termasuk ilmu yang terdapat pada berbagai bidang teknologi misalnya pada bidang pangan. Pada bidang pangan teknik ini kerap sekali digunakan untuk mempermudah berbagi urusan pekerjaan dan menghasilkan santapan yang lezat. Misalnya peggunaan mikroorganisme pada pembuatan keju, berbagai jenis roti, minuman bir dan lain lain.

Hal ini menjadi sebuah cara yang ternyata memang telah diterapkan sejak dahulu yakni mulai pada abad ke 19 . Proses ini telah diketahui dapat diterapkan pada berbagai bidang salah satunya adalah pangan. Bidang lainnya juga telah banyak menggunakan berbagai teknologi dimana pada berbagai rekayasa genetik kemudian menerapkan teknik kultur jaringan.

Pada pengertian totipotensi dan kultur jaringan tersebut akan melibatkan  pada DNA rekombian. Kemudian ini akan menghasilkan jenis baru pada tanaman pangan. Tanamn tersebut akan memiliki karakter yang membuat produksi pada hasil panen meningkat dan melimpah luarbiasa. Panen para petani yang melimpah kemudian akan membuat tumbuhan tersebut memiliki kandungan zat nutrisi yang lebih banyak. Pada berbagai nutrisi juga akan menghasilkan berbagai produk rekayasa genetik.

2. Mempercepat Proses Panen

Salah satu keunggulan dari produk bioteknologi adalah menghasilkan tanaman yang dapat panen dalam waktu yang singkat. Persilangan atau permainan genetik yang dilakukan memang tentu akan mengahasilkan bibit – bibit yang dinilai unggul. Keunggulan ini akan membuat harga bibit dan harga hasil panen menjadi melambung. Ini akan menghasilkan keuntungan yang berlipat – lipat dibanding dengan keuntungan seperti biasanya. Kerugian yang seringkali tidak disadari oleh para petani adalah dengan menggunakan bibit hasil bioteknologi akan membuat kepunahan pada jenis asli di suatu daerah.

Pada akhirnya petani kesulitan saat kehilangan modal untuk penanaman.Namun bibit lokal sudah tidak dimiliki. Pada bibit hasil rekayasa biasanya akan dibuat steril sehingga bibit tersebut tidak lagi dapat untuk menjadi individu baru pada panen sebagaimana  jenis jenis bioteknologi yang memiliki berbagai cara. Jika pun hal tersebut dapat dilakukan namun yang akan terjadi adalah hasil panen menjadi menurun.


3. Hasil Panen Melimpah

Pada penerapan bioteknologi ini dapat menghasilkan hasil pembudidayaan  pada tumbuhan pangan yang kemudian memproduksi hasil dengan sifat terbaru. Pada hasil tersebut kemudian akan membuat kualitas yang unggul menjadi melimpah. Pada tumbuhan – tumbuhan ini memang banyak yang menilai sebaiknya tidak mendapatkan berbagai sentuhan dari penerapan bioteknologi. Ini memang sangat menggiurkan dalam jangka yang pendek. Pada kerusakan alam yang seringkali tidak disadari akan sangat terasa pada jangka yang panjang. Para petani memungkinkan untuk kehilangan banyak serangga yang keracunan atau mengalami kematian karena tanaman ang ditanam. Para petani akan merasakan kesulitan dalam memperoleh proses pada penyerbukkan.

4. Bioteknologi Membantu Bidang Kesehatan

Pada bioteknologi akan ada penerapan yang kemudian akan dapat dilakukan dengan teknik bioteknologi ini, kemudian dapat membuktikan yakni adanya penemuan vaksin. Vaksin banyak dilakukan untuk membentuk sistem imun yang lebih kuat pada tubuh manusia. Hal ini memang dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan pada manusia. Selain vaksin juga penemuan lain diantaranya adalah zat insulin serta antibiotik.


Pada proses pembuatan ini dilakukan dengan melibatkan berbagai fungsi DNA dan RNA mikroorganisme yang aman untuk tubuh. Begitu pula dengan antibiotik yang kini juga banyak diproduksi untuk membantu kesehatan pada manusia. Ini merupakan salah satu contoh hasil dari fermentasi yang berkhasita untuk menjadi obat. Banyak pula obat – obat lain yang sangat berguna untuk berbagai penyakit yang mamatikan.

5. Upaya Pelestarian Lingkungan

 Bioteknologi juga dapat diterapkan penerapan yang mudah sehingga cepat menghasilkan perbaikan pada lingkungan.Hal ini akan dengan mudah untuk dapat dijumpai dengan melewati adanya upaya di dalam pelestarian lingkungan hidup. Misalnya pada pengurangan polusi di lingkungan dengan melakukan penguraian minyak bumi yang mengalami kecelakaan kemudian tumpah dilautan. Ini dapat diikurangi oleh bakteri. Penguraian zat yang memiliki sifat beracun tersebut akan dapat dilakukan oleh jenis bakteri tertentu yang dapat hidup di laut. Banyak pemakaian juga harus dilakukan dengan secukupnya, jika dilakukan dengan berlebihan maka kemudian akan menghambat dan malah merusak ekosistem sebagai dampak bioteknologi terhadap lingkungan.

, ,
Oleh :
Kategori : Bioteknologi