Sponsors Link

11 Contoh Hewan Pisces dan Nama Latinnya

Contoh hewan pisces yakni hewan yang memiliki alat pernafasan berupa insang seperti ikan mujair, ikan hiu, ikan mas, dan lain – lain. Berikut adalah contoh ikan atau pisces.

1. Ikan Arwana (Scleropages sp)

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias yang menjadi ikon ikan pembawa keberuntungan. Ikan arwana memiliki nama latin Scleropages sp. Ikan arwana memiliki keindahan warna dan bentuk sehingga daya tarik untuk dipelihara sangat kuat. Ikan ini menurut para ahli tergolong ke dalam ikan purba yang sudah hidup 220 juta tahun yang lalu. Ikan arwana memiliki habitat yang tersebar di seluruh dunia, Ikan ini dapat ditemukan di Asia Tenggara, wilayah Afrika, Amerika Selatan, dan Australia.  Ikan ini ditemukan dalan beberapa jenis spesies. Sistem ekskresi pada aves berbeda dengan pisces.

2. Ikan Gabus (Channa sp)

Ikan Snakehead merupakan contoh hewan vertebrata yang dikenal juga dengan nama lokal ikan gabus di Indonesia. Ikan ini sudah sangat akrab dan banyak diolah menjadi olahan makanan yang enak oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini juga sangat mudah ditemukan di daerah berlumpur dan pesawahan. Ikan gabus juga banyak dipelihara di dalam Aquarium. Ikan ini juga banyak dibudidayakan dan dikonsumsi. Saat ini telah ditemukan 30 spesies ikan gabus. Ikan ini memiliki nama latin Channa sp dengan jenis C. Diplogramma, C. Asiatica, C Barca, C. Bleheri, C. Bankanensis, C. Micropeltes, dll.

3. Ikan Aligator (Atractosteus sp)

Struktur tubuh yang menyeramkan sering kali membuat kebanyakan orang awam mengira ikan ini hasil dari makhluk jadi – jadian. Pada  padahal sebenarnya tidak, ikan ini memang memiliki struktur tubuh kombinasi antara kepala mirip dengan buaya dan badan mirip dengan ikan sehingga tampak menyeramkan. Ikan Aligator diketahui memiliki nama latin yaitu Atractosteus sp dan Lepisosteus sp.

4. Catfish (Siluriformes sp)

Ikan ini cukup populer dan mudah ditemukan di pasaran. Ikan ini memiliki kumis seperti kucing. Bentuk ikan ini juga lucu dan imut dengan harga yang terjangkau sehingga membuatnya laku keras di pasaran. Catfish memiliki nama ilmiah Siluriformes sp. Ikan ini termasuk ke dalam ikan predator yang diperkirakan telah ada sejak 400 juta tahun yang lalu. Sistem ekskresi pada hewan ini memiliki saluran yang khusus.

4. Ikan Palmas (Polypterus sp)

Salah satu jenis ikan predator lainnya adalah Palmas. Ikan ini memiliki nama latin  Polypterus sp atau dikenal dengan nama Bichir. Banyak orang yang menyebut ikan ini sebagai ikan naga atau palmas. Struktur jaringan tulang pada hewan ini memiliki bentuk tubuh dari ikan ini seperti belut. Ikan ini jika dipelihara memiliki karakter suka berada di dasar perairan. Ada beberapa jenis palmas seperti P. Senegalus, P. Lapradei, P. Orna, P. Endlicheri, dll.


5. Ikan Tiger (Datnioides sp)

Ikan ini merupakan ikan yanng tergolong ke dalam jenis ikan predator yang merupakan contoh hewan karnivora hidup di air tawar. Ikan ini sangat populer  dan memiliki sifat yang cenderung kalem dan tidak agresif. Ikan ini juga bisa menjadi teman satu aquarium dengan ikan Arwana. Ikan ini dapat berdampingan dengan ikan apapun dengan baik. Bentuk ikan ini menawan dan bercorak seperti harimau. Hal ini yang menjadikan ikan ini memberi kesan unik. Ikan ini diketahui memiliki nama latin Datnioides sp dengan banyak jenis Datnoidz Siamese, Datnoidz Thinbar, Datnoidz Papua, dll.

6. Piranha (Pygocentrus sp)

Ikan piranha memiliki tampilan sangat kalem seperti ikan Bawal. Ikan ini akan berubah menjadi agresif saat tahu adanya makanan. Kekuatan pada rahang dan gigi ikan akan mencabik – cabik mangsa sehingga sangat ditakuti oleh mahluk lain. Ikan ini juga hidup berkelompok dan diketahui ada 2 genus dari ikan Piranha yaitu Pygocentrus sp dan Serrasalmus sp.

7. Ikan Mujair

Ikan mujair diketahui berasal dari perairan Afrika kemudian menyebar hingga Indonesia.  Bentuk ikan ini pipih. Ikan ini memiliki warna hitam keabu – abuan. Ikan mujair juga memiliki panjang yang maksimum hingga 40 cm.  Pada daging ikan memiliki rasa yang gurih dan duri tidak terlalu banyak sehingga banyak disukai oleh konsumen. Cara mengolah ikan mujair menjadi makanan enak juga dinilai cukup mudah.

8. Ikan Lele

Ikan lele banyak disukai karena memiliki rasa yang gurih. Harga ikan lele ini juga relatif murah dibanding dengan ikan air tawar lainnya. Ikan lele memiliki tubuh yang licin dengan panjang yang mengecil pada bagian ekor. Pada ikan lele diketahui memiliki ciri khas yakni kumis yang panjang. Sistem pernafasan hewan vertebrata ini dengan alat khusus bernaa insang.

9. Ikan Gurame

Ikan gurame memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan harga ikan air tawar lainnya.  Ikan ini kerap disajikan di restoran. Ukuran ikan ini besar sehingga dapat disantap dan dinikmati sekitar 4 – 6 orang. Bentuk pada ikan pipih dan lebar. Kulit berwarna cokelat muda. Ikan gurame memiliki daging yang sangat padat.

10. Ikan Mas

Ikan mas mulai di Indonesia sekitar tahun 1920-an di Indonesia yang diketahui berasal  dari Tiongkok. Ikan mas ini banyak dikonsumsi karena dagingnya yang lembut. Ikan ini memiliki banyak duri halus yang seringkali menyulitkan untuk dimakan.

11. Ikan Patin

Ikan patin merupakan ikan berkumis dan kerabat ikan lele. Ikan ini baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan DHA dan Omega 3. Ikan ini juga memiliki daging yang lembut dan lezat untuk dikonsumsi.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan