Sponsors Link

7 Daftar Nama Hewan dan Alat Pernapasannya Paling Lengkap

Bernapas merupakan sebuah proses menghirup atau mengeluarkan udara, layaknya manusia hewanpun memiliki alat pernapasan, namun tidak semua hewan bernapas dengan alat yang sama. Alat pernafasan pada hewan berbeda-beda ada yang menggunakan insang, paru-paru, trakea, kulit dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini saya akan menjelasakan beberapa daftar nama hewan dan alat pernapasannya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasan berikut ini :

1. Burung

Daftar nama hewan dan alat pernapasannya yang pertama ialah burung. Burung bernapas dengan paru-paru, alat pernapasan pada burung disebut kantong udara (pundi-pundi udara). Kantong udara berfungsi untuk menyimpan udara yang digunakan ketika terbang. Proses awalnya udara masuk melalui hidung lalu ketenggorokan kemudian berlanjut kekantong udara dan berakhir diparu-paru. Burung merupakan contoh hewan aves dalam ilmu biologi.

2. Ikan

Alat pernapasan pada hewan yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. ya ikan bernafas melalui insang, yang mana jumlah insang pada ikan ada 4 terletak pada bagian sebelah kanan dan kiri, insang apad ikan dilindungi oleh tutup insang. Proses pernapasan pada ikan yaitu pada saat membuka mulut, air masuk kerongga mulut sementara tutup insang menutup, kemudian oksigen yang terkandung dalam air akan diikat oleh kapiler darah. Selain alat pernapasan, sistem ekskresi pada ikan juga merupakan organ penting.

3. Cacing

Cacing termasuk hewan lunak, yang mana cacing ini tidak memiliki tulang belakang dan tidak memiliki alat pernapasan kusus. Cacing bernapas melalui oksigen yang masuk melalui permukaan kulitnya yang basah. Kulit basah pada cacing akan mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida.

4. Serangga

Yang termasuk kedalam kelompok serangga yaitu belalang, kupu-kupu, lalat dan juga rayap,  beberapa jenis belalang ini bernapas dengan alat pernapasan yang disebut trakea. Pada serangga terdapat lubang yang sangat kecil yang terletak disepanjang sisi kanan kiri tubuhny, lubang tersebut disebut dengan stigma.

Trakea merupakan pembuluh yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan kemudian bermuara pada stigma. Fungsi stigma adalah sebagai jalan keluar masuknya udara. sistem pernapasan pada serangga juga bisa dikatakan sebagai satu kesatuan dari alat pernapasannya.

5. Mamalia

Semua hewan yang termasuk kedalam golongan mamalia seperti paus dan lumba-lumb bernafas dengan paru-paru, baik darat maupun laut. Cara bernapas mereka adalah dengan mengeluarkan kepala mereka kepermukaan air untuk menghirup udara dan setelah lama menyelam kembali kepermukaan air untuk menghembuskan udara lembab dan hangat dari paru-paru.

6. Amfibi

Amfibi adalah jenis hewan yang hidup didua alam, yaitu didarat dan dilaut, katak adalah salah satu contoh yang termasuk kedalam golongan amfibi, ketika masih berwujud kecebong, binatang ini bernafas dengan insang. Namun setelah bermetamorfosis menjadi katak, alat bernafas nya berubah menjadi paru-paru. Katak juga bernapas dengan kulitnya, kulit katak akan selalu basah yang berfungsi membantu udara berdisfusi masuk kedalam tubuhnya.


7. Reptil

Reptil disebut juga dengan hewan melata, hewan ini merupakan jens hewan yang merayap seperti : kadal, buaya, ular komodo dan cicak. Hewan-hewan tersebut bernapas dengan paru-paru, mulanya udara masuk kerongga hidung kemudian menuju tenggorokan dan akhirnya masuk kedalam paru-paru.

Itulah daftar nama hewan dan alat pernapasannya berikut penjelasannya. Oke, sekian dulu artikel kali ini, semoga dengan artikel ini wawasan kita bertambah dan semoga bermanfaat. Selamat membaca dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya. Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan