Sponsors Link

5 Fungsi Cangkang Pada Kerang dan Penjelasannya

Kerang adalah hewan air yang bertubuh lunak (moluska) yang termasuk kategori contoh hewan mollusca, tidak bersegmen, terbungkus oleh mantel yang terbuat dari jaringan khusus, dan umumnya dilengkapi dengan kelenjar kelenjar yang dapat menghasilkan cangkang. Kerang memiliki sepasang cangkang yang menutupi tubuhnya.

Sebagaimana manusia, hewan juga diciptakan dengan bentuk yang paling sempurna dan yang terbaik sesuai jenis dan tempat tinggalnya, cangkang yang dimiliki oleh kerang pun bukan hanya sebagai pelengkap tubuh tetapi memiliki berbagai manfaat untuk menunjang hidupnya, berikut fungsi cangkang pada tubuh kerang :

1. Melindungi Seluruh Organ Tubuh

Fungsi cangkang pada kerang yang pertama melindungi seluruh organ tubuh. Kerang tidak memiliki kepala dan otak, tubuhnya hanya berupa simping yang memiliki mata, juga memiliki ginjal, jantung, mulut, dan anus. Cangkang pada biota laut ini berfungsi sebagai garis terdepan pertahanan organ – organ dalam tubuh nya.

Seperti yang kita ketahui pada alam bebas ada banyak faktor berbahaya yang kemungkinan dapat merusak tubuh, seperti bakteri, panas matahari, atau kotoran kotoran yang terdapat di laut. Dengan cangkang tersebut organ – organ dalam tubuh kerang terlindungi sehingga memperkecil resiko berbagai hal berbahaya dan organ organ nya pun dapat terjaga kesehatannya serta berfungsi dengan baik. Selain itu perlu anda ketahui bahwa peranan mollusca juga cukup penting di ekosistemnya ya sobat.

2. Pertahanan Diri dari Arus Laut

Fungsi cangkang pada kerang yang kedua ialah pertahanan diri. Kerang hidup di laut dengan arus yang kuat, kerang harus menempel pada suatu benda agar tidak hanyut terbawa arus. Kerang mampu menempel kuat dengan bantuan cangkang nya dan zat yang menyerupai lem (disebut byssus), begitu kuatnya ia menempel hingga menurut penelitian Herbert Waite dari University Of California kerang dapat menempel pada batu dengan sangat kuat dan mampu menahan beban orang dewasa.

3. Mempertahankan Diri dari Musuh

Fungsi cangkang pada kerang selanjutnya ialah mempertahankan diri dari musuh. Di alam laut bebas terjadi hukum alam, yaitu memakan dan dimakan atau memangsa dan dimangsa yang merupakan bagian dari keseimbangan ekosistem. Kerang sendiri memakan plankton, juga menjadi incaran atau mangsa dari cumi cumi dan ikan hiu.

Cangkang akan melindungi kerang ketika berhadapan dengan hewan predator atau pemakan dirinya dan juga ketika berhadapan dengan musuh. Cangkang nya yang amat keras akan menyulitkan musuhnya untuk menembus ke dalam organ organ nya sehingga mampu membantunya ketika dalam kondisi bahaya.

4. Memperkecil Penguapan di Tubuh

Alam laut bebas yang menjadi tempat tinggal kerang memiliki curah sinar matahari yang tinggi, tentu selalu mengalami penguapan tubuh akibat panas matahari. Jika penguapan terjadi secara terus menerus kerang akan rentan dehidrasi atau kekurangan air di dalam tubuh yang dapat berdampak pada sistem kerja organ tubuh nya. cangkang melindungi kerang dari terik matahari secara langsung sehingga memperkecil penguapan dalam tubuhnya dan mencegah berbagai kemungkinan buruk yang dapat ditimbulkan akibat dehidrasi.


5. Sebagai Rumah

Fungsi cangkang pada kerang yang terakhir ialah sebagai rumah. Setiap kerang selalu memiliki sepasang cangkang simetris yang senantiasa menyatu dan menutupi tubuhnya serta cangkang tersebut dibawa kemanapun ia berada. Cangkang juga berfungsi sebagai rumah kerang, sebagai tempat organ organ tubuhnya berada, tempat melakukan berbagai aktifitas alam, dan beristirahat. Tanpa cangkang nya, tubuh kerang yang lunak akan rentan gangguan.

Demikian pembahasan artikel mengenai fungsi cangkang pada kerang. Semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan