Sponsors Link

Hormon Tiroksin pada Hewan

Hello sobat semua, masih setia dengan penulis ya tentunya melalui artikel –  artikel menarik yang penulis sajikan buat sobat semua. Jika pda postingan sebelumnya kita membahas mengenai beberapa jenis  hormon pada tumbuhan, nah sobat semua pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai hormon pada hewan. Seperti ayng sudah kita ketahui bersama,

bahwasanya hormon ini sangatlah dibutuhkan untuk menudkung efektivitas pertumbuhan dan perkembangan hewan tersebut sebab ada jenis hormon pada hewan. Adapun yang akan menjadi topik utama atau materi pembahasan kita pada postingan kali ini yakni mengenai Hormon Tiroksin pada Hewan.

Jika sobat semua sebelumnya belum memahami hormon yang satu ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulsan berikut ini dengan seksama. Check It Out! Adapun yang dimasud dengan hormon tiroksin adalah salah satu jenis hormon yang terdapat pada hewan yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid dan berfungsi untuk mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisiologi hewan seperti sistem pernapasan pada hewan dsb,

sama seperti jenis hormon yang lainnya. Apabila seekor hewan mengalami kekurangan hormon tiroksin ini pada waktu hewan tersebut masih kecil, maka hewan tersebut akan mengalami perlambatan pertumbuhan dari segi fisiknya jika dibandingkan dengan hewan yang lainnya pada umumnya misalnya pada komponen darah dan fungsinya.

Oleh karena hal tersebut sobat, hormon tiroksin ini sangatlah berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan secara keseluruhan, Beriktu ini adalah beberapa fungsi dari hormon tiroksin tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak dengan seksama.

  1. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan hewan secaraa keseluruhan.
  2. Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang proses terjadinya metamorphosis
  3. Sebagai hormon yang berfungsi untuk perkembangan dan metabolisme karbohidrat yanga da dalam tubuh.
  4. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mningkatkan sensitivitas kardivaskuler terhadap aktivasi saraf simpatik.
  5. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi tingakt kematangan homeostatis otot skelet
  6. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuha fisiologis pada hewan.

Nah sobat semua, itulah beberapa fungsi atau peranan penting hormon tiroksin pada hewan secara umum. Berdasarkan hasil penelitan sobat, hormon tiroksin yang dihasilakn oleh kelenjar gondok pada hewan, mampu atau tuutr serta dalam proses metamorphosis katak. Hal ini terbukti dari apabila seekor berudu diambil kelenjar gondoknya,

maka berudu tersebut tidak akan bisa berkembang menjadi katak dewasa. Namun jika ditambahlan lagi hormon tiroksin berudu tersebut daapt berkembang menjadi katak dewasa. Hal inilah yang menunjukkan bahwasanya hormon tiroksin tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan hewan.

Seperti tambahan informasi saja  sobat, zat kimia dilepaskan langsung ke pembuluh getah bening dari darah terdekat, dimana nantinya mereka akan dibawa ke berbagai organ yang kemudian  akan mengerahkan efeknya keseluruh tubuh hewan tersebut. Kelenjar ini disebut sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar ductless ( ductus = kelenjar tanpa saluran ) .


Nah sobat, sekresi hormon ductless inilah yang disebut sebagai hormon.  Adapun hormon pada hewan tersebut adalah zat kimia yang mampu melakukan berbagai tugas dalam tubuh hewan seperti pertumbuhan, perkembangan seksual, perkembangan vegetatif, respirasi sel, metabolisme, produksi panas dan juga berbagai jenis fungsi yang lainnya. Untuk otulah sobat, keberadaan hormon ini sangat penting bagi tubuh hewan secara keseluruhan.

Demikianlah ulasan mengenai hormon tiroksin pada hewan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat ya sobat. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan