Sponsors Link

Hormon Strigolactones pada Tumbuhan

Seperti yang sudah pernah penulis  utarakan pada postigan sebelumnya sobat, bahwasanya buakn hanya manusia dan hewan saja yang tubuhnya memiliki berbagai macam hormon yang ikut serta berperan aktif dalam efektivitas perkembangan tubuhnya, namun  tak jauh berbeda dengan tumbuhan, tumbuhan jjugayga memiliki berbagai jenis hormon pada tumbuhan,

yang tentunya juga berpengaruh pada efektivitas tumbuhan tersebut atau pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Adapun berbagai jenis hormon dalam tumbuhan tersebut juga mempunya fungsi yang berbeda –   beda satu dengan yang lainnya sesuai dengan nama dan fungsinya tertunya.

Oke sobat semua, oleh karena hormon yang terdapat pada tumbuhan tersebut bermacam –  macam baik pada sistem organ pada tumbuhan dsb, oleh karenanya pada posting kali ini kita hanya akan membahas salah satu dari jenis hormon tersebut, yakni Hormon Strigolactones pada Tumbuhan. Untuk ulasan slengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Adapun hormon strigolactones adalah salah satu jenis hormon yang terdapat apda tumbuhan yang terbentuk dari molekul berbentuk cincin mirip phenol atau terpen yang terdapat pada tumbuhan tersebut. Memang hormon strigolactones ini tidak begitu sering kita denagr ya sobat seperti berbagai jenis hormon tumbhan yang lainnya pada umumnya. Namun meski demikian sobat, hormon strigolactones ini memiliki peran yang sangta penting dalam proses pertumbuahn dan perkembangan tumbuhan.

Selain itu sobat, hormon strigolactones ini merupakan molekul 4 –  ring hasil deviasi dari karotenoid yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada berbagai jenis tanaman. Selain itu, hormon strigolactones ini juga berperan penting dalam mengubah cabang dan langsung ke kuncup atau bisa juga melalui batnag tanaman, sehingga bisa menghambat pertumbuahn cabang yang tidak diperlukan.

Adapun fungsi dari hormon strigolactones tersebut untuk tumbuhan adalah sebagai berikut :

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu tumbuhan untuk menyerap air dan makanan melalui pengembangan simbiosis mutualisma dengan fungsi mikorizha yang memfasilitasi proses penyaluran makanan pada tumbuhan tersebut.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu menghambat proses pembentukan tunas dan cabang yang tidak diperlukan pada tumbuhan, sehingga tumbuhan bisa bertumbuh tambah tinggi karena makanan yang seharusnya diperuntukkan buat cabang bisa dikonsentrasikan buat pertumbuhan dan tinggi dari sebuah tumbuhan tersebut.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mengontrol penuaan yang terjadi pada tumbuhan
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang produksi etilena, yang secara langsung dapat menghambat pertumbuhan tunas lateral, maka hormon yang satu ini dapat mempertahankan dominasi apical pada tumbuhan tersebut.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mendoromg pemanjangan sel dan meningkatkan palstisitas didnding sel pada tumbuhan.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu tumbuhan untuk berfokus pada proses pembentukan buah karena cabang atau tunas yang tidak diperlukan bisa dihambat  pertumbuahnnya secara langsung dengan bantuan hormon strigolactones tersebut.

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk meningkatkan hasil panen apda tumbuhan karena berfokus pada pertumbuahn buah dan biji.

Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan fungsi hormon yang satu ini terhadap pertumbuahn dan perkembangan tumbuhan .

Demikianlah ulasan mengenai hormon strigolactones pada tumbuhan yang bisa penulis share pda postingan kali ini. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini, semoga bisa menambah wawasan serta informasi buat anda ya sobat. sampai jumpa diartikel selanjutnya, dengan pembahasan yang lebih menarik. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan