Sponsors Link

2 Rahasia Sistem Tubuh Piranha yang Menjadikan Ganas

Ikan yang memiliki keunikan cara ikan tidur di dalam air adalah hewan yang umum ditemui di lingkungan sekitar juga dipelihara oleh manusia sebagai ikan ternak atau ikan hias. Ikan umumnya mudah dipelihara karena memiliki pakan yang mudah didapatkan dan perawatan yang mudah, seperti ikan bandeng, ikan lele, atau ikan hias yang tidak membutuhkan biaya tinggi dalam perawatan dan pakannya. Namun bagaimana dengan ikan piranha sobat? tentu sobat pernah mendengar ikan yang terkenal menakutkan ini bukan?

Siapa yang tidak kenal dengan ikan piranha yang merupakan contoh ikan predator air laut? Ikan jenis ini memang sangat terkenal sebagai ikan yang ganas dan mengerikan bahkan bagi manusia. Salah satu jenis ikan predator ini memang cukup ditakuti karena keganasannya itu. Di beberapa film dan cerita fiksi, ikan piranha ini memang banyak diangkat sebagai hewan yang ganas dan harus diwaspadai karena kemampuannya memakan daging dengan sekejap baik itu daging hewan bahkan daging hewan besar seperti buaya dan manusia.

Tapi sobat, sebenarnya apa sih Rahasia Sistem Tubuh Piranha yang Menjadikan Ganas sehingga ditakuti seperti tumbuhan beracun paling mematikan? apa karena kemampuan makan dagingnya yang terkenal rakus dan super cepat tersebut? tentu ikan piranha memiliki sistem biologis khusus yang berhubungan dengan caranya mempertahankan hidup dan perlindungan diri ya sobat, berikut ulasan selengkapnya.

  • Ketajaman gigi

Secara biologis, selain karena ikan piranha memang salah satu jenis ikan predator, ikan piranha juga memiliki susunan gigi yang sangat tajam melebihi ketajaman gigi hewan lainnya. Gigi gigi ikan piranha ini berbentuk segitiga lancip yang ujungnya sangat runcing dan kuat.

Posisi gigi di rahang atas dan rahang bawah pun sangat sesuai sehingga ketika mulutnya menutup, gigi gigi ikan piranha tersebut dapat mengunci dengan sempurna tanpa celah. Inilah rahasia sistem tubuhnya yang membuat ikan piranha sangat mudah untuk menggigit dan mengunyah mangsanya.

Itulah sebabnya, ikan piranha dapat menggigit dan mengunyah daging mangsanya dengan seketika, ia tidak melakukan gerakan mengunyah khusus melainkan langsung menelannya dan terus menggigit daging mangsanya hingga ia merasa kenyang, tak heran jika ikan piranha mendapatkan mangsa maka dalam sekejap ikan piranha bisa menghancurkan tubuh mangsanya tersebut.

  • Sistem penciuman

Ikan piranha juga memiliki penciuman yang sangat tajam. Ia dapat mendeteksi adanya daging mangsa yang dapat dimakan bahkan di air yang keruh atau lingkungan yang kotor sekalipun. Biasanya, ikan piranha memakan hewan yang lebih kecil darinya, misalnya siput atau ikan ikan kecil.

Berbagai hewan yang mereka makan adalah hewan yang sudah tenggelam di lautan. Tetapi, memang tidak jarang pula mereka memangsa hewan hewan besar, termasuk juga manusia yang ada di dekatnya. Bahkan, apabila tidak ada sumber makanan lain, ikan piranha juga bisa memangsa kawannya sendiri! Wah, memang benar benar ganas ya sobat.


Ikan piranha akan memangsa apa saja yang memiliki daging untuk memenuhi keinginan makannya, baik itu hewan kecil, hewan besar, ataupun manusia, ikan piranha yang kenyang pun ketika menemui mangsa akan tetap menerkamnya karena sifat dasarnya yang memang sebagai predator atau penguasa, jadi harus hati hati ya sobat.

Tetapi, ternyata ikan piranha tidak sepenuhnya predator jika berada dalam kondisi lingkungan tertentu. Ikan piranha juga masih mau memakan tumbuh tumbuhan. Sebagian jenis ikan piranha akan beralih menjadi pemakan buah buahan ketika masa masa tertentu saat

sulit mangsa. Ikan piranha jenis ini memiliki struktur gigi dan rahang yang lebih sesuai untuk memangsa buah buahan daripada daging. Namun secara umum, ikan piranha baru mau memakan buah atau tumbuhan saat benar benar tidak ada daging yang bisa ia dapatkan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan biologi yang bermanfaat untuk sobat pembaca semua, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan