Sponsors Link

Sebab Letusan Gunung Api Membuat Tanah Subur

Kita semua tentu tau ya sobat bahwsanya gunung merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat bermanfaat dimuka bumi ini. Gunung tersebut merupakan salah satu bentuk dari tonjolan bumi, dan didalam tonjolan gunung tersebut terdapat saluran lurus yang berbentuk vertikal semacam pipa alami. 

Dan pipa ini akan menghubungkan perut  bumi dengan permukaan bumi ayau kerak bumi tersebut. Selain itu,  perut bumi tersebut berisi bermacam macam aliran atau zat panas, sebut saja seperti bebatuan dan cairan panas serta magma.

Suatu saat magma dan material atau cairan yang lainnya yang ada di dalam perut bumi tersebut akan mengalami kejenuhan. Atau bisa juga karena diakibatkan oleh getaran bumi ayau gempa bumi yang bersifat tektonik.  Nah sobat, itulah penyebabnya magma atau cairan dalam perut bumi tersebut akan kelaur kebumi secara berkala. 

Cairan atau magma  itu sendiri akan keluar kebumi melalui pipa alami yang menjulang tinggi hingga mencapai tingginya gunung tersebut. Dan pad saat magma tersebut keluar, peristiwa inilah yang sering kita  sebut dengan gunung meletus.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyebab  meletusnya gunung api tersebut, antara lain :

1.Peningkatan Terjadinya Gempa Vulkanik

Peningkatan gempa vulkanik ini ditandai dengan adanya aktivitas – aktivitas yang tidak biasa pada gunung api tersebut. Sebagai tambahan cara tumbuhan bertahan di gurun pasir bisa anda pelajari agar wawasan anda menjadi lebih luas.

2. Pergerakan Tektonik Pada Lapisan Bumi

Pergerakan tektonik yang terjadi pada struktur lapisan  bumi di bawah gunung, sebut saja seperti gerakan lempeng yang dapat menyebabkan meningakatnya tekanan pada daput magma yang pada akhirnya membaut magma tersebut menjadi terdorong ke atas hingga akhirnya meluap.

3. Lempengan Bumi yang Saling Bergesekan

Pergesekan ini disebabkan oleh peningkatan gelombang magnet dan juga listrik sehingga dapat menyebabkan perubahan pada struktur lapisan batuan.

Nah sobat, bebicara mengenai gunung meletus tersebut sering kali kita mendengar abu vulkanik. Dan yang lebih menarik lagi, menurut informasi yang ada dan sering kita dengar bahwasanya letusan gunung merapi tersebut sangtalah baik untuk kesuburan tanah di sekitarnya. Lantas apa sebab letusan gunung api membuat tanah subur? Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

  • Material Vulkanik Mengandung Banyak Kandungan Baik Untuk Tanah

Memang pada saat gunung tersebut meletus tentunya akan mebawa duka tersendiri bagi penduduk disekitarnya, namun lambat tapi pasti smeua material yang dikeuarkan oleh letusan gunung merapi tersebut mengandung banyak kandungan baik untuk tanah yang terkenda letusan gunung merapi tersebut.

Kandungan tersebut sebut saja seperti kandungan mineral, fosfor dan berbagai jenis kandungan yang lainnya yang pada saatnya akan berubah menjadi kandungan yang baik bagi tanah disekitar letusan gunung merapi tersebut.

  • Karena Faktor Hujan

Disekitar gunung meletus sering sekali terjadi aktivitas turunnya hujan. Nah sobat, pada saat abu vulkanik atau cairan lahar yang kelaur dari perut gunung tersebut sering dibassahi oleh hujan, maka hal ini akan sangat baik untuk menyuburkan tanah yang ada pada daerah sekiatr gunung meletus tersebut. Oleh karena itulah tak heran jika tanah yang ada pada sekitar gunung api yag sudah meletus memiliki tanah yang subur tersebut.

Sekian sobat informasi yang bisa penulis sajiakn untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk anda. Sampai jumpa, salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Lingkungan