Sponsors Link

8 Cara Mencegah Penyumbatan Kelenjar Keringat Paling Ampuh

Tubuh manusia memiliki tiga sampai empat juta kelenjar keringat. Berkeringat adalah fungsi normal tubuh manusia yang membantu mengatur suhu tubuh. Tetapi dalam kehidupan sehari hari terkadang timbul masalah yang berhubungan dengan keringat, salah satunya ialah adanya penyumbatan kelenjar keringat yaitu penyumbatan pada pori pori yang berasal dari kelenjar keringat. Masalah ini akan menyebabkan timbulnya benjolan kecil berwarna merah. Jadi fungsi kelenjar keringat memang sangat penting seperti halnya fungsi kelenjar minyak pada kulit ya sobat.

Jika terjadi penyumbatan kelenjar keringat, akan menyebabkan iritasi atau gatal gatal karena keringat yang tertekan, agar tidak terkena masalah tersebut, dapat dilakukan cara mencegah penyumbatan kelenjar keringat yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan Sabun Antiseptik

Gunakan sabun antiseptik lembut yang tidak menyebabkan iritasi, fokuskan pada area area yang beresiko mengalami penyumbatan kelenjar keringat yaitu pada selangkangan, ketiak, bawah payudara, dan daerah lipatan lain. Biarkan kulit mengering dengan sendirinya, jangan dikeringkan atau digosok dengan handuk. Gunakan sabun antiseptik dua kali sehari setiap mandi pagi da sore.

2. Pakai Pakaian yang Longgar

Jenis pakaian yang ketat atau pas pada tubuh beresiko meningkatkan gesekan atau menekan kulit sehingga mudah sekali terjadi penyumbatan. Kenakan pakaian longgar dengan bahan serat alami seperti katun atau linen. Untuk wanita, sebaiknya tidak memakai Bra berkawat yang dapat menyumbat kelenjar keringat di bawah payudara, pakai Bra yang tidak terlalu menekan kulit dengan kuat sehingga lebih nyaman dipakai. Sebagai catatan, penggunaan pakaian yang ketat akan mempengaruhi sistem ekskresi pada kulit sehingga tidak bisa berjalan dengan baik.

3. Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau kegemukan beresiko terkena penyumbatan keringat berlebih sebab daerah lipatan menjadi lebih dekat satu sama lain serta cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat, apalagi ketika berada di cuaca panas atau memakai baju yang ketat. Kulit menjadi mudah sekali timbul gesekan dan saling menekan.

Sebaiknya jaga kesehatan dan terapkan pola hidup sehat agar tercapai berat badan ideal, olahraga minimal satu minggu sekali selama 1 sd  2 jam sudah cukup untuk menjaga kesehatan dan merilekskan tubuh. Hindari pula makanan yang terlalu manis dan makanan yang tidak seimbang gizinya.

4. Hindari Mencukur Bulu

Mencukur bulu atau folikel rambut seperti di daerah ketiak dan selangkangan dapat memasukkan bakteri ke dalam kelenjar. Lakukan dengan cara lain atau konsultasikan dengan dokter kulit agar dapat menjadi salah satu cara mencegah penyumbatan kelenjar keringat dan tidak menimbulkan resiko bagi kulit.

5. Hindari Produk Penyebab Iritasi

Memakai parfum atau deodorant juga beresiko mengiritasi kulit dan menimbulkan penyumbatan kelenjar keringat. Gunakan produk tanpa pewangi atau produk ringan untuk kulit sensitif sehingga lebih aman dalam penggunaannya. Karena penggunaan produk sembarangan tanpa adanya pengetahuan tertentu bisa jadi membahayakan diri anda sendiri sobat.

6. Jaga Kebersihan

Jaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari dan juga memakai pakaian yang bersih, baik pakaian dalam ataupun pakaian luar wajib senantiasa dalam kondisi bersih sehingga jauh dari bakteri yang dapat menimbulkan penyumbatan kelenjar keringat. Setiap kali selesai mandi, pastikan kulit anda benar benar dalam kondisi kering dan tidak lembab, barulah anda memakai pakaian. Dengan menjaga kebersihan, berarti sama halnya anda mendukung cara kerja kelenjar keringat dan fungsinya secara keseluruhan.

7. Hindari Panas Berlebihan

Keringat yang berlebih akibat cuaca panas dapat membuat kelenjar keringat meradang. Jika anda ingin berolahraga sebaiknya lakukan pada pagi pagi sekali atau sore hari ketika suhu lebih rendah. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu banyak menyebabkan panas atau aliran keringat.


8. Sirkulasi Udara

Pastikan area beraktifitas anda dan area tidur anda tidak dalam kondisi lembab serta memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Udara yang sejuk akan meningkatkan kenyamanan anda dan menjadi salah satu cara mencegah penyumbatan kelenjar keringat.

Demikian cara mencegah penyumbatan kelenjar keringat pada pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah mampir dan juga meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors