Sponsors Link

10 Dampak Diet Ekstrim Pada Metabolisme Tubuh Paling Lengkap

Ketika anda menginginkan berat badan turun dengan jumlah yang banyak dan waktu yang tepat, maka anda memilih untuk melakukan diet ekstrem. Dan pada saat anda sudah merasa terlalu gemuk atau obesitas, diet menjadi jalan yang paling umum untuk anda tempuh.

Fungsi Diet

Setiap langkah produktivitas di tunjang oleh sistem kerja berbagai organ yang ada didalam tubuh. Tubuh itu seperti mesin, tidak pernah berhenti bekerja. Tubuh kita juga membutuhkan bahan bakar seperti layaknya mesin, yaitu makanan yang kita konsumsi setiap hari sehingga makanan itu haruslah sesuai dengan aktifitas kita setiap hari.

Untuk memasukkan makanan ke dalam tubuh, anda tidak bisa sembarangan, karena apabila anda memasukkan zat yang buruk ke dalam tubuh, maka zat itu dapat menurunkan daya tahan tubuh dan juga menghambat kerja dan metabolisme. Contohnya yaitu makanan hewani yang sarat lemak tak jenuh dan berkolesterol tinggi.

Diet ekstrem memang dapat menurunkan berat badan anda dengan cepat, tetapi diet ekstrem dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh, misalnya seperti:

  • Metabolisme melambat

Hal ini dapat menyebabkan metabolisme melambat dan juga akan timbul masalah kesehatan yang baru. Ketika asupan kalori menurun tubuh akan mengalami defisit kalori dan tingkat energi menurun. pengaruh faktor genetik terhadap metabolisme obat bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Mudah lelah dan mood swing

Anda akan jadi mudah marah, lelah, dan juga sulit mengontrol nafsu makan. Dan hasilnya anda juga akan mengalami mood swing. Karena diet cenderung untuk mengurangi kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi.

  • Mempengaruhi kerja empedu

Pada saat asupan kalori berkurang, hal ini dapat merugikan fungsi kantong empedu yang akan mengarah ke pembentukan batu empedu. diet karbo turunkan metabolisme tubuh bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Mempengaruhi kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan memerlukan serat dan juga cukup air dari berbagai macam makanan yang anda konsumsi seperti sayur, buah, dan juga biji-bijian. Tetapi ketika anda diet dan anda membatasi konsumsi tersebut, maka akan dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Hal ini akan berimbas dengan munculnya sembelit dan juga kembung.

  • Kekurangan gizi

Diet boleh saja dilakukan, tetapi anda harus melakukannya dengan cara yang sehat. Jangan sampai kesehatan tubuhmu terkobankan karena anda ingin langsing dengan cara yang cepat. Dalam proses diet, selalu ada kecenderungan untuk mengurangi karbohidrat dan beberapa jenis lemak, dan hal ini akan berujung dengan munculnya penyebab kekurangan gizi.

  • Menyebabkan dan melemahkan tulang

Apabila melakukan diet terlalu ketat dapat menyebabkan system metabolisme tubuh menjadi terganggu. Tentu hal tersebut sangat berbahaya karena apabila otot kehilangan jaringannya, tubuh akan mengalami kelelahan yang hebat dan tulang pun melemah.

Hal tersebut disebabkan karena kebutuhan kalori yang tak terpenuhi membuat lemak disimpan sebagai cadangan energi dan otot pun akan mengalami pembakaran.


  • Gangguan Otot

Diet ketat kerap menurunkan bobot tubuh dengan cepat karena membakar otot-otot tubuh yang juga menyebabkan tubuh kehilangan mineral penting sepert kalium, kalsium, dan juga natrium. Bahaya lainnya yaitu penurunan berat badan yang terlalu cepat adalah rusaknya jaringan otot. Yang harus kita ketahui, ketika diet yang harus kita kurangi adalah timbunan lemak, bukan otot.

  • Penuaan dini

Kurangan nutrisi dan asupan gizi pada tubuh akan berpengaruh pada kulit, salah satunya yaitu masalah penuaan dini.

  • Gangguan kesehatan mental

Selain rasa putus asa dan juga frustasi, kelelahan, kelesuan, mudah tersinggung, moody akan hinggap di diri kita. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa diet ketat tanpa kontrol dapat menyebabkan gangguan depresi yang muncul bersamaan dengan rasa frustasi dan putus asa karena hasil diet yang tidak memuaskan.


  • Berat badan kembali lagi

Setelah beberapa periode kita melakukan diet dengan ketat, tubuh akan membakar kalori lebih sedikit dan membuat bobot tubuh kita kembali naik. Diet ketat hanya akan bertahan dalam waktu singkat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia