Sponsors Link

Dampak Kelebihan Hormon Estrogen Pada Wanita

Setiap wanita entah ia muda atau tidak muda tentunya memiliki salahs atu hormon  yang sangat berperan penting dalam oertumbuah dan perkembangan organ seksualnya. Hormon tersebut merupakan hormon estrogen. Hormon yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi bai wanita terutama pada daerah oragn kewanitaanya.

hormon estrogen ini diprouksi di dalam ovarium ( indung telur ) namun diproduksi juga oleh sel –  sel lemak serta pada kelenjar adrenal. Pada wanita, hormon estrogen ini memiliki peran yang sangat penting terutama pada masa puberitas. Dimana pada saat puberitas tersebut, hormon estrogen ini akan mengeluarkan karakteristik seks sekunder seperti pada tubuh kembangnya payudara, rambut di ketiak, serta rambut pada kemaluan wanita. Yang tidak kalah penting bagi wanita adalah keberadaan hormon progresteron.

Selain memunculkan seks sekunder tersebut, hormon estrogen ini juga berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi pada wanita. Bisa itu siklus 28 hari, 29 hari atau juga bisa siklus 30 hari yang biasanya tergantung siklus kewaitaan seorang wanita tersebut. Itulah sobat peran pentingnya hormon estrogen pada wanita. Lantas apabila produksi hormon estrogen tersebut pada wanita berlebihan? Apa yang akan terjadi dan apa penyebabnya? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Penyebab Terjadi Kelebihan Hormon Estrogen Pada Tubuh

Secara umum, wanita memang memproduksi hormon estrogen ini da;am jumlah yang banyak dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan hormon estrogen tersebut memiliki peranan penting dalam tubuh wanita tersebut.  Nah sobat, domonasi hormon estrogen ini bisa terjadi apabila kadar estrogen di dalam tubuh tumbh terlalu banyak yang mengakibatkan seseorang mengalmai kelebihan hormon estrogen tersebut.

Pada dasarnya, peningkatan hormon estrogen ini terjadi dengan proses yang alami dan memang cenderung mudah naik turunnya di dalam tubuh kita. Umumnya, hormon estrogen ini akan meningkat pada saat akan mengalmai saat menstruasi dan juga selama kehamilan.

Menjelang menstruasi tersebut, maka kadar hormon estrogen dalam tubuh akan terus meningkat sampai menjelang fase tengah siklus mensturasi tersebut. Selain itu, tingkat hormon estrogen ini juga akan meningkat pada saat seseorang mengalami monopaus atau pada saat berhenti menstruasi. Dan juga beberapa obat – obatan tertentu bisa menyebabkan terjadinya kelebihan hormon estrogen tersebut.

Lantas Apa Dampak Kelebihan Hormon Estrogen Pada Wanita ?

Meskipun hormon estrogen ini memiliki banyak manfaat dalam tubuh wanita, namun jika diproduksi terlalu banyak maka akan berdamoak buruk pula. Berikut ini adalah bebeberapa dampak buruk hormon estrogen tersebut dalam tubuh wanita. Antara lain :

1. Kenaikan Berat Badan

Yang pertama adalah menyebabkan kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini mungkin adalah hal yang paling ditakuti oleh setiap wanita. Setuju ya sobat. Hal ini disebabkan oleh kadar estrogen yang tinggi, maka bisa memicu penambahan nafsu makan pada wanita. Nah hal inilah sobat yang menyebabkan seseorang rentan akan kenaikan berat badan.

2. Gairah Seks Rendah

Yang kedua adalah gairah seks rendah. Pada umumnya, dorongan seks pada wanita dipengaruhi oleh adanya hormon estrogen pada tubuhnya. Namun pada saat seorang wanita memiliki kelebiha hormon estrogen tersebut, maka akan berpotensi untuk menurunkan gairah seks yang ada pada dirinya. Bila hal ini terjadi bagi wanita yang sudah bersuami, tentunya akan mengurangi keharmonisan hubungan suami istri tentunya.

3. Penumpukan Cairan Dalam Tubuh

Yang ketiga adalah penumpukan cairan dalam tubuh. Ketika tubuh kita kelebihan hormon estrogen, maka hal ini juga akan membuat tubuh kita banyak menyimpan cairan. Cairan ini pada umumnya berada di daerah perut, lengan, paha dan pinggang yang membua lemak kita seolah bergelambir.


Segala sesuatu yang sifatnya berlebihan memang tidak bagus ya sobat, begitupun dengan hormon estrogen tersebut dalam tubuh. Semoga ulasan tersebut bermanfaat. Salam sehat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia