Sponsors Link

Dampak Kekurangan Hormon ADH Pada Tubuh Manusia

Tidak jauh berbeda dari tumbuhan ataupun hewan sobat, manusia juga tentunya memiliki berbagai jenis hormon yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya namun memiliki tujuan yang sama dalm tubuh kita yaitu untuk mendukung proses pertumbuahn dan perkembagan tubuh kita sendiri.

Salah satu hormon yang ada pada tubuh kita dan tergolong jenis hormon yang memiliki fungsi penting dalam tubuh kita yakni hormon ADH. Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai hormon ADH tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Apa Itu Hormon ADH?

Adapun yang dimaksud dengan hormon ADH merupakan kepanjangan dari Anti – Deuretik Hormon yang bisa disebut dengan hormon anti kencing yang dengan kata lain hormon manusia yang satu ini merupakan hormon vesopresin. Hormon ADH ini sendiri dihasilkan oleh kelenjar hipotalamus dan disimpan oleh posterior pituary lobe atau kelenjar hipotalamus bagian belakang.

Secara umum, hormon ADH ini berperan untuk mendeteksi dehidrasi, memonitor volume ari dalam darah, dan merangsang ginjal untuk mengabsorbsi air. Dalam melakukan pekerjaanya, hormon yang satu ini dibantu atau didukung oleh beberapa jenis hormon yang lainnya yang terdapat pada tubuh kita. Lantas apa saja fungsi dari hormon ADH ini dalam tubuh kita, yuk sobat kita simak saja ulasan berikut ini.

Fungsi Hormon ADH

Adapun beberpaa fungsi hormon ADH dalam tubuh kita antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pengendali Proses Reabsorbsi

Hormon ADH ini memiliki fungsi sebagai pengendali proses reabsorbsi ( penyerapan kembali air ) di nefrin atau unit fungsional ginjal. Oleh karena itu, jika kadar hormon ADH ini dalam tubuh meningkat, maka proses reabsobsipun akan ikut meningkat dan dikembalikan lagi kedalam darah.

2. Penyempitan

Maksundya penyempitan dalam hal ini adalah hormon ADH ini memiliki fungsi sebagai pengurnag jumlah air yang hilang dari ginjal saat keluar sebagai urin melalui saluran kemih.

3. Menjaga Kadar Air Dalam Darah

Adapun fungsi hormon ADH yang lainny dalam tubuh adalah untuk menjaga kadar darah dalam tubh tetap berada dibatas normal. Artinya adalah apabila tubuh anda mengalmai tekanan osmotic darah yang meningkat, maka tubuh akan mengalami dehidrasi atau mengalami kehausan maka kadar air dalam tubuh akan menurun.

Itulah sobat bebepa peranan atau fungsi dari hormon ADH tersebut dalam tubuh kita. Oleh karena itu sobat, keberadaan hormon yang satu ini harusnya kita jaga agar tidak terjadi masalah dalam tubuh kita nantinya. Jangan sampai tubuh anda mengalami kekurangan hormon ADH ini karena akan memiliki dampak negatif pada tubuh anda.

Dampak Kekurangan Hormon ADH

Berikut ini adalah dampak kekurangan hormon ADH pada tubuh, yuk sobat langsun saja kita simak ulasan berikut ini. Apabila seseorang mengalami kondisi yang hormonnya berkurang, maka akan berpotensi mengalmai penyakti diabetes. Seperti pada diabetes sentralic yang diturunkan secara genetic.

Selain itu, apabila seseorang mangalami kekurangan hormon ADH ini, maka akan mengeluarkan urin yang kurang pekat dalaam jumlah besar, dan juga akan menimbulkan dehidrasi hipertonik yang akan menyebabkan penyusutan sel. Pada saat kondisi seperti ini, maka pasien akan dipaksa mengkompensasi kehilangan air melalui ginjlanya dengan cara meminum banyka air ( polidisia ) sehingga efek samping yang ditimbulkna oleh kekurangan hormon ADH tersebut dalam tubuh bisa teratasi. Hormon lainnya yang tidak kalah penting meliputi hormon serotoninhormon kalsitoninhormon testosteronhormon progresteron dan lain sebagainya.


Oleh karena itulah sobat, penting bagi anda untuk mengecek kondisi kesehatan anda secara berkala agar bisa melakukan tindakan perbaikan sejak dini. Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia