Sponsors Link

Indra Pendengaran : Penjelasan, Bagian dan Fungsinya

Masih membahas seputar panca indera manusia yang ada dalam tubuh kita nih sobat. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai artikel indra penglihatan, nah sobat semua pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai indra pendengaran. Jika berbicara mengenai indra pendengaran, tentunya hal tersebut sudah bukan suatu hal yang baru atau yang aneh bagi sobat semua ya, karena memang seyogianya indra pendengaran ini tentunya sudah kita ketahui bersama.

Namun tidak ada salahnya nih sobat jika anda menyimak ulasan berikut ini untuk menambah atau memperkaya pengetahuan anda tentang bagian serta fungsi dari setiap bagian indra pendengan tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan beriktu ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan telinga ( indra pendengaran ) adalah alah satu organ tubuh manusia yang berada di dekat dan masih tergolong komponen dari kepala, karena menempel dan menyatu dengan kepala. Nah sobat semua, coba periksakan bagian telinga anda apakah masih menempel atau tidak di kepala anda.

Seperti yang kita miliki bersama, telinga ini berbentuk seperti jamur dan juga memiliki lekukan yang khas. Oleh karena itulah ada yang disebut dengan jamur kuping ya sobat karena memang bentuknya sama seperti kuping atau pun telinga. Tentunya sobat semua sudah mengenal jenis jamur tersebut ya.

Telinga memiliki reseptor khusus yang mempunyai fungsi untuk menyaring dan mengenali setiap bunyi yang berasal dari gendang telinga. fungsi gendang telinga pada manusia sendiri cukup penting sobat. Oleh karena itu sobat, manusia mampu mengenali bunyi dalam not balok dengan baik oleh karena adanya peran dari telinga tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lebih detail mengenai indra pendengaran tersebut. Pada umumnya, indra pendengaran terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan juga telinga bagian dalam. Berikut penjelasannya.

1. Telinga Bagian Luar

Telinga bagian luar yaitu bagian telinga yang terdiri atas bagian daun telinga, bagian saluran telinga luar, dan juga bagian gendang telinga yang membatasinya dengan telinga dalam. Adapun fungsi dari masing – masing bagian bagian telinga dalam tersebut adalah :

  • fungsi daun telinga mempunyai fungsi untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke bagian saluran telinga.
  • Saluran luar telinga mempunyai fungsi untuk menghasilkan serumen.
  • Gendang telinga mempunyai fungsi untuk menangkap gelombang suara.

2. Telinga Bagian Tengah

Telinga bagian tengah yaitu bagian tengah telinga yang merupakan rongga yang berisi udara dan juga menjaga tekanan udara tetap seimbang dan terdiri atas tiga tuang pendengan utama yaitu bagian maleus, bagian incus dan juga bagian stapes. Adapun ketiga rangkaian tulang tersebut mempunyai fungsi untuk mengirimkan getaran yang diterima dari membran timpani pada bagian telinga luar menuju jendala oval telinga dalam.

3. Telinga Bagian Dalam

Telinga bagian dalam yaitu bagian dalam telinga yang terdiri atas bagian tulang dan juga bagian membran. Telinga bagian dalam ini disebut juga sebagai bagian labirin karena mempunyai bentuk yang menyerupai labirin itu sendiri. Labirin tulang telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu anta lain :

  • Koklea ( rumah siput ) yaitu bagian dalam telinga yang mempunyai fungsi untuk reseptor karena memiliki sel – sel saraf di bagian dalamnya.
  • Vestibule yaitu bagian dalam telinga yang mempunyai fungsi untuk merangsang repon pendengaran.
  • Kanalis semisirkularis yaitu bagian dalam telinga yang mempunyai fungsi sebagai saluran penerima infomasi atau pun suara.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi mengenai indra pendengaran yang boleh penulis sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua yang membacanya. Samapi ketemu diartikel selanjutnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik ya sobat. Salam hangat, salam indra sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia