Sponsors Link

Jam Biologis yang Harus Ditaati agar Tubuh Sehat

Sebagaimana rutinitas atau kegiatan yang kita lakukan sehari hari, tubuh manusia pun melakukan hal yang sama sepanjang harinya, memiliki mekanisme jam biologis tubuh manusia sepanjang hari dimana tiap tiap organ bekerja terus menerus untuk tetap mempertahankan kehidupan manusia dan menjadikan

tubuh manusia seimbang sehingga bisa menjalankan segala perannya dengan maksimal. Nah sobat, untuk memiliki tubuh yang sehat tentu harus menciptakan kebiasaan yang sehat pula pada organ organ dalam yang kita miliki, sebab itu, yuk pahami tentang Jam Biologis yang Harus Ditaati agar Tubuh Tetap Sehat.

1. Sarapan Jam 07.00 sd 09.00

Mulai pukul 7 pagi, bagian bagian lambung kita sedang maksimal bekerja nih sobat. Sarapan sehat akan mendukung kerja lambung dan juga membentuk energi untuk kegiatan sehari penuh.

2. Kurangi Gula, Lemak, Minyak di Jam 09.00 sd 11.00

Jika sobat lapar pada jam jam ini, makan buah buahan lebih bagus sebab limpa sedang dalam kondisi rehat sehingga jika sobat makan makanan tinggi gula, lemak, atau minyak dapat menyebabkan beragam penyakit atau kegemukan.

3. Rehat Sejenak antara Jam 11.00 sd 13.00

Pada jam jam ini, segera istirahat dan carilah makan siang sehat demi kesehatan jantung ya sobat. Utamakan makanan yang bersih dan mengandung sayuran. Hindari cuaca panas, atau gerak badan yang terlalu aktif, serta hindari emosi agar jantung sobat selalu sehat.

4. Tidur Siang antara Jam 13.00 sd 15.00

Pada jam jam ini organ hati sedang lemah. Jika sobat sedang libur bekerja, tak ada salahnya tidur siang. agar darah merah bisa berkumpul dan melancarkan proses pembentukan sel sel hati.

5. Hindari Pekerjaan Berat di Jam 15.00 sd 17.00

Saat jam tersebut fungsi paru paru manusia sedang lemah. Tubuh akan mulai memproses pembuangan racun dan membentuk energi paru paru. Sebab itu maksimalkan kerja paru dengan menghindari stres atau aktifitas berat.

6. Rileks di Jam 17.00 sd 19.00

Umumnya jam jam ini merupakan jam pulang kerja dan waktunya bersantai di rumah ya sobat, hal tersebut baik untuk dilakukan sebab dapat memperlancar pembentukan sumsum tulang dan otak yang sedang berlangsung di jam am ini.

7. Hindari Makan di Jam 19.00 sd 21.00

Pada jam ini kerja lambung melemah, jika sobat makan berat maka lambung akan susah untuk mencerna, akibatnya timbul beragam penyakit lambung atau resiko kegemukan.

8. Istirahat di Jam 21.00 sd 23.00

Pada jam ini, organ limpa manusia sedang kurang aktif bekerja. Istirahat akan membuat tubuh tenang dan juga meningkatkan imunitas tubuh pada penyakit.

9. Hindari Begadang di Jam 23.00 sd 03.00

Di dalam hati yang kuat tentu bersemayam sistem metabolisme tubuh yang sehat. Di jam jam inilah proses pembuangan racun atau hasil metabolisme tubuh terjadi. Sebab itu maksimalkan dengan istirahat malam serta jangan begadang.


10. Bangun dan Mulai Aktifitas Jam 03.00 sd 05.00

Pada jam ini, lingkungan memiliki udara paling segar dan alami, paru paru mulai kuat sehingga baik untuk sobat melakukan segala aktifitas atau mulai bangun pagi. Sebab itu, bagi sobat yang beragama islam, sangat baik untuk melakukan shalat malam dan shalat subuh di jam jam ini.

11. Biasakan BAB Jam 05.00 sd 07.00

Nah sobat, untuk jam jam ini adalah waktunya tubuh membuang kotoran, jadi jika sobat memiliki keinginan untuk BAB jangan ditahan atau ditunda agar tidak menimbulkan penyakit serta membuat perut terasa nyaman sepanjang hari

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat untuk sobat serta bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari sehingga memiliki tubuh yang sehat luar dalam. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors