Sponsors Link

Penyakit Akibat Kelebihan Hormon ADH Pada Manusia

Jika sobat semua yang mengerti farmasi tentunya juga akan mengerti berbagai jenis hormon yang ada dalam tubuh kita. Tidak jauh berbeda dari tumbuhan dan juga binatang maupun hewan, tentunya tubuh kita juga terdiri atas berbagai jenis hormon manusia yang memiliki berbagai fungsi serta peranan yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya.

Namun meski demikian, hormon tersebut tetap bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Jika terdapat berbagai masalah pada hormon ini maka nantinya akan berdampak buruk pula bagi kesehatan kita nantinya. Salah satu jenis hormon yang ada pada tubuh kita dan tentunya memiliki peran penitng dalam tubuh kita adalah hormon ADH. Seperti apa hormon ADH tersebut dana pa manfaatnya bagi tubh kita,  yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Hormon ADH

Adapun hormon ADH atau yang bisa kita sebut dengan antidiurentic hormone ( ADH ) adalah sejenis hormon yang digunakan untuk mendiagnosis dan menetukan penyebab defisiensi ayau kelebihan hormon antidiuretic.  Adapun hormon ADH atau yang biasa disebut dengan vasipressin ini diproduksi di dalam hypolamus dan disimpan di posterior pituitary lobe.

ADH ini sangat berperan penting dalam proses pengaturan kadar air yang diserap oleh hati.  Tekanan osmosis pada high serum atau penurunan volume darah intravascular akan menstimulasi produksi ADH. Stress, operasi atau beban pikiran yang berat dapat  pula menstimulai produksi hormon ADH yang satu ini.

Semakin banyak ADH yang diproduksi, maka akan semakin banyak pula air yang akan diserap dalam ginjal. Air akan banyak diserap oleh darah, yang pada akhirnya akan bisa mengentalkan urin. Namun apabila hormon ADH ini menurun kadarnya dalam tubuh, maka tubuh akna melepaskan air  yang paa akhirnya akan menyebabkan konsentrasi pada darah dan pada akhirnya urin akan mengencer.

Adapun hormon ADH ini sangatlah berperan penting dalam tubuh manusia, adpun peranan pentung yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Funsgi Hormon ADH Dalam Tubuh

Adapun beberapa fungsi hormon ADH dalam tubuh antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kadar Air Dalam Darah

Agar batas air yang ada dalam tubuh kita tetap berada dalam batas normal, hal itu tentunya tidak terlepas dari fungsi hormon ADH dalam tubuh kita. Apabila kadar hormon ADH ini berkurang dalam tubuh kita, maka tubuh kita pun akan mengalami dehidrasi karena tidak adanya kontrol dari hormon ADh tersebut.

2. Mengatur Proses Reabsorbsi

Penyerapan kembali air ( reabsorbsi ) di dalam unit nefron atau ginjal juga merupakan salah satu fungsi dari hormon ADH ini.

3. Penyempitan

Hormon ADH ini juga memiliki fungsi sebagai penyempitan. Fungsi penyempitan dalam hal ini adalah sebagaia pengurang jumlah aair yang keluar atau hilag dari ginjal yang dikeluarkan kedalam urin. Oleh karena pentingnya hormon ADH tersebut maka penting bagi anda untuk memeriksanya secara berkala agar jangan sampai kelebihan.

Penyakit Akibat Kelebihan Hormon ADH

Pada saat seseorang mengalami sters berat, maka biasanya produksi hormon ADH ini menjadi tidak terkontrol dalam tubuh, sehingga terjadilah penumpukan hormon ADH tersebut. Jika hal seperti ini terjadi maka akan terjadi pembengkakan sel ( perubahan osmolaritas ) dan akan sangat berbahaya jika sampiai terjadi pada edema selebri. Untuk itu, sebisa mungkin hilangan stress dari benak anda karena akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Selain itu anda juga perlu tahu dampak kekurangan hormon adh.


Demikianlah sobat ulasan mengenai penyakit akibat kelebihan hormon ADH yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang membacanya. Salam hangat selalu dari penulis dan terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel kali ini.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors