Sponsors Link

Penyebab Turunnya Hormon Estrogen Pada Wanita Muda

Salah satu jenis hormon yang terdapat pada tubuh kita terutama pada wanita adalah hormon estrogen. Hormon yang satu ini merupakan salah satu hormon manusia yang sangat penting bagi tubuh kita. Pada wanita, hormon estrogen ini merupakan hormon yang secara khusus berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ seksual wanita.

Adapun hormon yang satu ini diproduksi oleh indung telur, jaringan lemak, dan juga kelenjar adrenal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hormon estrogen tersebut, yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot!

Pada umumnya hormon estrogen in memiliki beberapa kelompok hormon yang lainnya, antara lain adalah sebagai berikut :

Adapun hormon estrogen ini merupakan jenis hormon yang memiliki kadar paling tinggi pada proses pembentukan dan pertumbuhan organ seksual wanita. Karena hormon estrogen ini pengatur perkembangan seksual pada wanita  yang diprosuksi oleh tubuh dan memberi kontribusi pada siklus menstruasi, pertumbuhan dan perkembangan payudara, serta pastinya berhubungan dengan kehamilan.

Selain itu, hormon estrogen ini juga mengendalikan pertumbuhan lapisan rahim selama awal siklus menstruasi. Jika sel telur wanita tidak dibuahi, maka kadar estrogen akan menurun tajam maka terjadilah menstruasi. Namun pada saat sel telr dibuahi, maka hormon estrogen ini akan bekerja dengan progesteron untuk menghentikan ovulasi selama kehamilan yang artinya tidak akan terjadi menstruasi tersebut.

Pada umumnya sobat, ada kalanya seorang wanita muda mengalami penurunan hormon estrogen ini. Padahal hal ini tentunya akan berpengaruh dan akan menyebabkan gangguan penghantar impuls dari dalam otak kedalam ovarium.  Rendahnya kadar hormon estrogen yang dimiliki seorang wanita dapat mempengaruhi karakter fisik, perilaku, dan yang pastinya kesuburan wanita tersebut.

Berikut ini adalah beberapa penyeyab turunnya hormon estrogen ada wanita muda yang kerap terjadi namun tak disadari, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Diet yang Terlalu Ketat

Yang pertama adalah karena diet yang terlalu ketat. Estrogen ini merupakan suatu hormon yang membutuhkan lemak untuk proses pembentukannya. Diet ketat yang sangat menghidari lemak dalam makanan, terutama di awal masa puberitas dapat mempengaruhi proses pembentukan estrogen dan menarke ( menstruasi pada saat pertama kali ).

Saat lemak tubuh kurang dari 22 % atau tidak mencapai kadar yang tidak tepat maka akan dapat memicu hipotalamus dan pituary untuk membuat ovarium ( indung telur ) sehingga berhenti bekerja untuk menghasilkan hormon estrogen tersebut. Nah sobat, jika anda memang sedang diet itu sah –  sah saja asalkan jangan sampai menyiksa diri dan menguranhi jumlah hormon estrogen tersebut dalam tubuh anda.

2. Olahraga Belebihan

Yang kedua adalah karena olagraga yang berlebihan. Pada saat anda olahraga berlebihan dan gangguan makan maka akan dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada siklus menstruasi seorang wanita akibat penuruan kadar hormon estrogen dalam tubuhnya. Beberapa jenis olah raga yang menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi seseorang adalah gimnastik, balet, larri jarak jauh, menyelam dan juga berenang. Anda boleh saja melakukan olah raga tersebut yang penting tetap mempehatikan kondisi asupan makanan yang anda konsumsi.

3. Obat – Obatan

Yang ketiga adalah karena faktor obat –  obatan. Tanpa kita sadari sobat, beberpaa jenis obat –  obatan juga tentunya bisa menjadi racun bagi ovarium. Beberapa jenis obat –  obatan tersebut adalah seperti radiasi dan juga kemotrapi terutama pada saat dilakukan pada daerah panggul, maka akan menyebabkan penurunan kadar hormon estrogen.


Itulah sobat ulasan yang bisa penuli sajikan buat anda mengenai penyebab turunnya hormon estrogen pada wanita muda. Bagi anda wanita muda yang juga aktif berolahraga hendaknya perhatikan kesehatan. Salam hangat selalu dari penulis dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia