Sponsors Link

5 Penyakit Kanker Pada Manusia Beserta Penjelasannya

Penyakit kanker pada manusia sering kali terlihat dan baru disadari ketika sudah pada stadium yang lebih membahayakan. Faktor yang menyebabkan mengapa penyakit kanker pada manusia jarang sekali disadari karena kebanyakan penderita sering kali merasa kondisi badan sehat sehingga baik penderita maupun orang yang berada disekitarnya sering kali tidak menyadari. Untuk meningkatkan pengetahuan anda mengenai penyakit kanker pada manusia maka dosen biologi akan membahasnya menjadi informasi yang menarik untuk anda. Berikut ini beberapa penyakit kanker pada manusia yang mungkin terjadi pada anda.

1. Kanker Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ di sistem pernapasan pada manusia yang sangat berperan penting. Tanpa anda sadari paru-paru bisa mengalami masalah apabila anda tidak menjaga kesehatan paru-paru karena beberapa penyakit seperti kanker paru-paru bisa mengintai anda. Pada penderita kanker paru-paru, Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kanker paru-paru adalah, kondisi lingkungan yang terpapar debu dan aktivitas yang menganggu sistem pernapasan anda, gaya hidup, dan kondisi fisik penderita.

Kanker paru-paru paling tinggi di diidap oleh laku-laki dibandingkan perempuan.  Beberapa orang yang mengidap kanker paru-paru akan mengalami gejala dan tana nyeri pada bagian dada, batuk, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, gangguan pernafasan lain dan beberapa gejala lain seperti bengkak pada kelenjar getah bening dan penurunan berat badan.

2. Kanker Mulut

Penyakit pada mulut sering kali diidentikkan dengan penyakit yang berhubungan gigi dan gusi seperti gigi berlubang, sariawan dan bengkak pada gusi. Namun kanker bisa saja menyerang mulut apabila seseorang sering mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang tidak normal, penggunaan tembakau dan infeksi human papilomavirus. Tanda dan gejala seseorang yang menderita kanker mulut adalah sering mengalami sakit yang sering pada bagian mulut, ada benjolan dan bercak putih atau merah pada bagian mulut. Penyakit kanker mulut bisa dengan mudah diatasi dengan beberapa pengobatan dengan operasi terapi seperti kemoterapi dan radiasi.

3. Kanker Mata

Kanker mata dikenal dengan istilah retinoblastoma, limfoma intraokular dan melanoma intraokular menurut asal jaringan yang terkenanya. Kasus kanker mata di Indonesia bisa mencapai kurang lebih 15.000 kasus tiap tahunnya. Kemungkinan penyakit kanker mata dapat terjadi apabila seseorang memiliki mata yang memiliki mata dengan arah yang berbeda atara 1 dengan yang lainnya.

Kemudian gejala yang dapat timbul dari kanker mata adalah kondisi pupil akan putih bila terkena cahaya, terdapat bintik gelap pada iris, sering melihat benda seperti terbang, garis dan bintik. Penanganan kanker mata di Indonesia bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti kemoterapi, radiasi dan terapi laser.

4. Kanker Lambung

Tahukah anda kalau penyakit lambung bermacam-macam seperti gastristis, asam lambung (maag), dispepsia, GERD, dan tumor lambung. Berdasarkan fungsinya, lambung merupakan salah satu organ di sistem pencernaan pada manusia yang berfungsi untuk memecah makanan agar mudah diproses pada organ pencernaan selanjutnya. Pasien kanker lambung pada awal mengidap penyakit ini akan memiliki radang pada bagian lambungnya, perubahan pada ukuran lambung menjadi tidak normal.


Namun gejala yang nampak adalah penderita kanker lambung sering mengalami perut kembung, nyeri pada lambung, berat badan turun dan mudah lelah. Upaya yang dapat dilakukan untuk terhindar dari kanker lambung dengan cara tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok, menghindari makanan berlemak jenuh dan berkolesterol serta banyak makanan mengandung serat.

5. Kanker Anus

Anus adalah organ pencernaan yang berfungsi sebagai alat pembuangan atau ekskresi. Kanker anus merupakan kelainan pada sistem ekskresi yang bisa terjadi apabila pertumbuhan sel disekitar saluran anus tidak terkendali sehingga penderita akan mengalami kesulitan dalam membuang kotoran (feses). Faktor yang menyebabkan seseorang terkena resiko kanker anus adalah, usia, melakukan seks anal, memiliki riwayat kanker, perokok, imun lemah, ada kutil pada anus dan jenis kelamin.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker anus dengan cara kemoterapi, pembedahan jaringan kanker dan radioterapi.ang menarik untuk anda. ahuan anda mengenai penyakit kanker pada manusia maka dosen biologi akan membahasnya menjadi informasi

Sekian informasi dari kami mengenai penyakit kanker pada manusia. Semoga dapat memberikan pengetahuan kepada anda. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia