Sponsors Link

Proses Terjadinya Bersin

Sobat semua tentunya pernah mengalami bersin yang berhubungan dengan cara kerja hidung manusia ya? Hal yang satu ini selian membuat kita tidak nyaman juga tentunya membuat orang yang ada di sekitat kita juga cenderung merasa tidak nyaman. Bukan tidak beralasan namun dikarenakan pada saat kita bersin tentuya ada viris atau bakteri yang kita keluarkan dari mulut dan juga hidung kiya yaitu berupa percikan air, itulah yang membuat orang cenderung tidak nyaman pada saat kita bersin.

Percikan air tersebut merupakan kelaurnya air semi otonom yang terjadi dengan keras yang keluar dari hidung dan juga mulut.  Disebut udara semi otonom karena  kemungkinan udara tersebut adalah sejenis air yang harus dikeluarkan dari hidung tanpa bisa ditunda atau dikendalikan. Meski memang bersin atau mengeluarkan air tersebut masih bisa kita tahan namun cenderung membuat kita tidak nyaman,.

Bersin tersebut timbul sebagai respon tulang hidung upaya penolakan tubuh terhadap benda asing yang dapat merusak tubuh seperti adanya bakerti, virus, dan yang lain sebagainya. Oleh karena itulah sobat, pada saat kita bersin maka sebaiknya anda menggunakan tissue atau masker agar tidak langsung

kena ke tangan anda yang bisa membuat anda terkena virus atau bakteri, karena seyogianya yang kita keluarkan adalah virus atau bakteri yang bisa saja menyerang kita. Untuk ulasan selengkapnya mengenai peroses terjadinya bersin tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1. Apa Penyebab Timbulnya Bersin Tersebut ?

Pada umumnya, bagian bagian hidung dan fungsinya bekerja untuk melindungi tubuh dan bersin tersebut terjadi pada saat selaput lendir yang menyelimuti rongga hidung terkena atau terinfeksi beberapa bahan iritan atau alergen sehingga menyebabkan timbulnya bersin tersebut. Selain itu sobat, bersin tersebut juga bisa terjadi oleh karena peradangan ( rhinosinusitis ) , infrksi virus atau bakteri , atau bisa juga disebabkan oleh seseorang yang memiliki alergi terhadap suatu benda.

2. Bagaimana Mekanisme Terjadinya Bersin Tersebut ?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, hidung merupakan alat pernapasan yang bersentuhan langsung dengan udara dari luar. Oleh karena itulah, hidung kita dibekali dengan sistem penolakan terhadap benda-benda yang dapat menganncam tubuh.  Hal ini terjadi

pada saat ketika membaran sel hidung mendeteksi adanya suatu bahan iritan dan alergen bakteri atau virus pada udara yang dihirup secara langsung oelh hidung tersebut, maka pada saat itu juga udara tersebut akan dikeluarkan kembali oleh hidung yang pada umumnya secara tiba-tiba. Inilah yang sering kita sebut dengan “ bersin “ .

3. Hal Yang Bisa Mengakibatkan Seseorang Bersin

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang tersebut menjadi bersin, antara lain adalah sebagai berikut :


  • Reaksi Alergi

Pada saat anda tidak dalam kedaan flu namun sering bersin, itu tandanya adanya reaksi alergi dari udara yang anda hirup. Pemicu alergi yang sering menyebabkan bersin adalah seperti adanya bulu binatang, adanya aroma tertentu atau udara yang berdebu alias kotor.

  • Menghirup Bau Rokok

Pada saat anda menghirup bau rokok juga sering mejadi bersin. Hal ini terjadi karena asap rokok tersebut mengandung zat yang berbahaya sehingga anda menjadi bersin.

Demikian sobat ulasan mengenai Proses Terjadinya Bersin yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan kali ini. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini, semoga bermanfaat bagi anda. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia