Sponsors Link

4 Sebab Alergi pada Tubuh Manusia

Pernah kah sobat semua merasakan alergi misalnya karena sebab gigitan serangga membuat kulit memerah dan gatal? Tentunya kebanyakan diantara kita pernah merasakan hal yang satu ini ya sobat. Sebut saja seperti alergi pada kulit, alergi yang satu ini tergolong salah satu alergi yang cukup sering terjadi. Memang terkadang dan kebanyakan

reaksi alergi tersebut adalah ringan alias tidak serius yang bisa juga terjadi secara tiba-tiba. Penyebab dari alergi tersebut juga tergolong bermacam-macam, untuk itu sobat, agar anda terhidar dari alergi kulit tersebut sebagai bentuk antisipasi penting bagi anda mengenali pemicu alergi dan menghindarinya.

Dalam istilah kedokteran, alergi kulit tersebut disebut dengan dermatitis kontak alerrgi yang berhubungan dengan jaringan pengikat longgar di bawah kulit. Alergi tersebut dapat dipicu oleh beberpa penyebab. Munculnya alergi tersebut disebabkan oleh paparan terhadap alergen, yaitu unsur  asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga apabila terpapar maka bisa menimbulkan reaksi alergi.

Reaksi alergi bisa saja menyebabkan gatal dan jika sudah parah bisa menyebabkan seseorang menjadi sesak nafas.  Dalam beberapa jenis alergi, alaergi yang bersifat ringan dan fatal hingga bisa juga meninggal dunia. Oleh karena itu sobat, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja penyebab alergi tersebut dalam tubuh.

Berikut ulasan selengkapnya untuk anda sehubungan dengan fungsi bulu halus pada permukaan kulit, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Karena Suhu Udara

Yang pertama adalah karena alergi suhu udara.  Seseorang yang memiliki alergi suhu baik itu suhu panas maupun suhu dingin, maka bisa menyebabkan kulit seseorang menjadi memerah. Hal tersebut tejadi karena beberapa kondisi tertentu sel mast dalam tubuh yang merupakan

salah satu sel tubuh manusia yang memproduksi dan bisa melepaskan suatu senyawa yang disebut sebagai histamin akan menyebabkan berbagai reaksi di tubuh seperti gatal, bengkak, sesak nafas dan sebagainya. Dalam kasus seperti ini, antibody bisa menjadi menahna suhu esktrim tersebut.

  • Karena Binatang dan Serangga

Yang kedua adalah karena alergi terhadap binatang dan serangga tertentu. Hewan juga bisa menyebabkan reaksi alergi. Sebut saja seeprti kucing, ada begitu banyak orang yang menjadi alergi oleh karena binatang yang satu ini. Selain itu ada juga orang yang alrgi kepada anjing atau hewan yang lainnya yang bisa saja menyebabkan gatal atau ruam pada permukaan kulitnya.

  • Karena Dermatitis Kontak

Yang ketiga adalah karena dermatitis kontak. Adapun dermatitis kontak merupakan adanya peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam atau gatal yang disertai dengan kemerahan, yang muncul akibat kontak dengan zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini, tidak menular ataupun berbahaya, namun tentu saja menyebabkan rasa tidak nyaman bagi si penderitanya.

  • Karena Faktor Makanan

Yang keempat adalah karena faktor makanan. Seseorang yang alergi akan makanan tertentu tentu saja sangat banyak kita jumpai ya sobat. Makanan tersebut sering kali menyebabkan alergi pada sekitar kulit wajah yang langsung berubah menjadi merah dan bentol. Tingkat keparahanya


juga berbeda, mulai dari muka, mata, bibir yang bengkak karena alergi tersebut . Dan bukan hanya itu saja, alergi tersebut juga bisa memicu tenggorokan dan organ pencernaah seseoang karena tentunya makanan tersebut pasti melakui tenggorokan dan sistem pencernaan.

Untuk itu sobat, ada baiknya dan penting bagi anda untuk mengetahui apa yang bisa membuat anda terkena alergi tersebut. Semoga ulasan diatas bisa beranfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia