Sponsors Link

Proses Terjadinya Cegukan

Cegukan merupakan salah satu hal yang umum dirasakan oleh seseorang sebagaimana proses terjadinya bersin. Hal ini tentunya bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan juga membuat orang yang ada disekitar juga merasa tidak nyaman, apalagi pada saat kondisi formal,  tentunya cegukan tersebut bisa

membuat kita minder dan berkurang rasa percaya diri. Oleh karena itu, penting bagi anda sobat untuk mengetahui apa sebenarnya cegukan tersebut, apa penyebabnya, penangannya, serta proses terjadinya cegukan tersebut penting untuk anda ketahui. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1. Apa Itu Cegukan ?

Adapun yang dimaksud dengan cegukan yang dihubungkan dengan proses pencernaan makanan merupakan sebuah kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma dan umumnya terjadi secara berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat kedalam paru-paru akan menyebabkan ruang pada

pita suara menjadi menutup ( glottis ) , serta menyebabkan terjadinya suara seperti bunyi “ hik” . Kontraski secara tiba-tiba pada diafragma dapat menyebabkan tarikan nafas yang tiba-tiba berhenti oleh penutupan pita suara. Penutupan suara inilah yang menyebabkan karakteristik suara “ hik “ tersebut kelaur yang sering membuat kita cenderung tidak nyaman.

2. Apa Saja Penyebab Cegukan Tersebut ?

Perut yang dalam keadaan sangat penuh, dapat menyebabkan cegukan dan akan mereda dengan sendirinya dan bukanlah sebab alergi pada tubuh manusia. Dan perut terasa penuh tersebut dapat diakibatkan oleh hal-hal seperti berikut ini.

  • Mengonsumsi makanan terlalu banyak dan terlalu cepat
  • Terlalu banyak konsumsi alkohol
  • Terlau banyak menelan udara, sebut saja karena mengendari motor terlalu lama
  • Adanya perubahan suhu mendadak di perut, seperti kebiasaan minum minuman panas dan langsung minum minuman dingin setelahnya.
  • Adanya stress emosional atau kegembiraan yang terlalu berlebihan sehingga memicu cegukan tersebut.

Pada umunya, fungsi katup pangkal tenggorokan pada lidah yang berhubungan cegukan tersebut akan berhenti dalam beberapa menit, namun untuk cegukan yang sifatnya lumayan serius, maka bisa bertahan hings berjam jam yang bisa selain membuat tidak nyaman juga bisa membuat seseorang tersebut menjadi kelelahan.

3. Bagaimana Proses Terjadinya Cegukan ?

Adapun terjadinya proses cegukan tersebut karena adanya kontraski otot diafragma yang menyebabkan ketika seseorang yang terkena cegukan menarik nafas, udara yang masuk kedalam paru-paru akan dikeluarkan secara cepat dan tiba-tiba oleh kekuatan kontraksi otot diafragma dan membentuk glotis ( ruang antara pita suara ) yang sedang menutup.

Udara yang kembai membentur ruang antara pita suara inilah yang menyebakan terjadinya cegukan yang mengeluarkan bunyi “ hik “ tersebut.  Normalnya sobat, pada saat kita menarik nafas, maka otot-otot diafragma akan turun, dan pada saat itu pula katup tenggorokan akan membuka, sehingga udara yang menekan ke atas tidak akan berbunyi. Akan tetapi, pada oramng yang mengalami cegukan,

saat orang tersebut cegukan, dan saat menarik nafas, maka akan terjadi kontraksi yang akan menyebabkan udara akan kembali naik pada saat bersamaan, dan epiglotis pun akan tertutup sehingga udara dari diafragma akan meenkan katup ini dan timbullah cegukan tersebut.


4. Cara Mengatasi Cegukan

Berikut ini adalah cara menangani cegukan, seperti :

  • Menahan nafas dalam waktu yang singkat kemudian lepaskan
  • Minum air dingin secara perlahan
  • Menarik lutut hingga menyentuh dada

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat  bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa diartikel selanjutnya dengan ulasan yang menarik lainnya.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia