Sponsors Link

Proses Terbentuknya Sel Kanker

Jika anda mendengar kata “ kanker “ tentunya anda sudah tau ya sobat bahwasanya penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya alias mematikan seperti penyakit yang disebabkan senjata biologis. Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat. Penyakit kanker ini merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh karena keganasannya.

Namun sobat, kanker tersebut bukanlah penyakit yang terjadi dalam waktu yang singkat. Perlu proses yang cukup panjang  untuk merubah sel normal menjadi sel kanker. Dengan mengetahui fakor yang bisa memicunya, maka sebaiknya anda bisa melakukan pencegahnnya, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama lebih baik mencegah dari pada mengobati sobat.

Pada umumnya sobat, faktor faktor yang mempengaruhi metabolisme tubuh melindungi tubuh kita yang terdiri atas badan dan anggota badan yang dihubungkan oleh pembuluh-pembuluh darah dan juga pembuluh limfa. Anggota badan itu sendiri tersusun atas sel-sel yang berukuran sangat kecil ( bisa dikatakan seperseratus mili meter ) , yang memiliki

bentuk dan ukuran yang hampir sama, namun meski demikian sobat, memiliki fungsi dan peranan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Sebut saja seperti sel darah putih dan sel darah merah, tentunya kedua sel ini memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi untuk melawan kuman serta bakteri yang masuk kedalam tubuh kita yang termasuk dalam jaringan darah manusia.

  • Sel Darah Merah

Sel darah merah merupakan sel darah yang berfungsi untuk mengangkuot oksigen yang terdapat di dalam darah. Dan didalamnya juga terdapat keeping darah yang berfungsi untuk membekukan darah, sehingga tidak terjadi pendarahan. Nah sobat, selain itu di dalam tubuh kita juga terdapat DNA

yang merupakan materi genetika yang dikenal sebagai pembawa keturunan. Dan dari DNA inilah  terdapat banyak sel  yang apabila sel tersebut mengalami abnormal atau kerusakan akan berpotensi menyebabkan terbentuknya kanker. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Proses Terbentuknya Sel Kanker

Pada saat salah satu gen dalam yang berasal dari DNA tubuh manusia mengalami kerusakan, maka inilah penyebab utama terjadinya pembentukan kanker. Sel yang mengalmai gen yang rusak tersebut dapat menjadi liar dan berkembang biak tanpa henti sehingga merusak se atau gen yang baik yang terdapat pada tubuh manusia.

Kerusakan dari satu sel akan menjadi kerusakan jutaaan sel yang tidak akan pernah berhenti berkembang hingga sel baik dan  gen dan tubuh anda benar-benar rusak sama sekali.  Pada saat jaringan tersebut membentuk jaringan baru, maka inilah yang disebut dengan tumor atau kanker. Gen dalam sel ada yang disebut gen kanker ( ocogen ) ,


dan gen penekan tumor ( tumor suspresor gen ) dan juga ada gen yang bertugas untuk memperbaiki gen yang rusak yang disebut dengan repair gen. Apabila salah satu dari gen tersebut mengalami kerusakan, maka inilah yang akan berpotensi menyebabkan tumbuh atau terbentuknya kanker tersebut.

Setelah kanker tersebut sudah terbentuk maka akan sulit untuk menghentikannya bahkan akan terus bertumbuh dan menyebar ke jaringan atau gen yang lain sehingga pelan namun pasti jumlah jaringa kanker tersebut tidak akan terkendali yang bisa berdampak buruk bagi keselamatan pasien tersebut./

Pada awalnya munculnya kanker tersebut bisa dari faktor kebiasaan buruk seperti merokok, makan makanan yang berlemak dan tak dikontrol atau beberapa faktor yang lainnya. Semoga bermanfaat. Salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!