Sponsors Link

Sebab Badan Menggigil Saat Kedinginan Secara Biologi

Apakah sobat semua pernah menggigil ? apakah berhubungan dengan mekanisme jam biologis tubuh manusia sepanjang hariMenggigil adalah salah satu hal yang wajar dan cendrung sering kita rasakan. Saat sedang merasa kedinginan,  dan kita tidak mengenakan jaket tebal dan juga baju yang hangat, maka sering kali tubuh kita mengalami sensasi merinding atau menggigil.

Hal ini terjadi apda umumnya oleh karena tubuh kita perlu menjaga temperatur intinya pada titik sekitar 98.6 derajat F ( 36.9 derajat C ) .  Untuk memastikan tubuh tidak mengalmai hypotrmia dan tidak mengganggu ritme jantung manusia  juga kemungkinan yang lainnya yang intinya asalnya adalah dari kedinginan,

maka otak anda akan bekerja memonitor temperature suhu tubuh anda dengan sangat hati-hati. Dan salah satu tanda atau ciri-cirinya adalah dengan terjadinya menggigil pada tubuh anda. Nah sobat semua, lantas bagaimana sebenarnya menggigil tersebut bisa terjadi dan

apa sebab badan menggigil saat kedinginan secara biologi serta apakah berhubungan dengan sebab tubuh manusia tidak merasakan rotasi bumi? Yuk sobat, langsng saja kita simak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan menyajikannya secara lengkap untuk anda. Cekidot.

Apakah Menggigil Perlu Bagi Tubuh ?

Seperti yang sudah dijelaskan diatask, maka adapun reaski menggigil tersebut merupakan salah satu jenis perlindungan tubuh terhadap tubuh kita secara keseluruhan. Jika permukaan tubuh anda terlalu dingin, maka reseptor kulit akan mengirim sinyal ke otak, yang akan dikelompokkan menjadi serial gerakan trik pemanasan.

Seperti yang sudah kita rasakan bersama sobat, menggigil ini cenderung membuat kita menjadi tidak nyaman dimana pada saat tersebut, maka otot anda akan berkontraksi dan meregang pada percepatan yang luat biasa. Pada umumnya, selain badan yang menjadi gemetar,

maka umumnya otot-otot rahnag juga akan menggigil hingga tak jarang bersuara seoleh gigi seperti gemeretak. Namun meski demikian sobat, menggigil ini adalah salah satu cara dari tubuh kita untuk melindungi diri dan membuat suhu dalam tubuh kita bisa tetap pada kondisi yang stabil.

  • Apa Sebab Badan Menggigil Secara Biologi ?

Pada saat suhu udara sangat dingin, maka tubuh kita akan melindungi diri agar suhu tubuh tetap stabil, hal ini disebut dengan homeostatis. Pada saat seperti inilah maka tubuh anda akan berekasi dengan mengeluarkan hormon tiroid dan juga epinerfrina. Hormon ini dapat menigkatkan laju metabolisme tubuh dengan cara memcah lemak pada tubuh anda.

Selain itu, penyebab yang lainnya adalah di bawah kulit juga terdapat vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah demi mencegah terlepasnya suhu  panas dalam tubuh anda. Sementara itu sobat, cara lain yang bisa dilakukan  oleh tubuh demi mencegah pecah atau keluarnya suhu panas tersebut adalah dengan cara membuat tubuh merinding atau dalam bahasa medisnya disebut dengan piloerection.


Pada saat seperti ini sobat, biasanya rambut-rambut halus pada kulit akan berdiri secara otomatis, hal ini adalah cara tubuh agar tubuh kita bisa merangkap udara dan menahan panas dalam tubuh tersebut menjadi hilang atau pecah. Dan yang tidak kalh penting lainnya sobat, tubuh juga akan mengalmai kontraksi ritmis, dan kontraksi ritmis inilah yang membantu suhu dalam tubuh kita tetap normal.

Itulah sebab badan menggigil saat kedinginan secara biologi yang bisa penulis share buat anda pda postingan kali ini, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa diartikel selanjutnya, tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia