Sponsors Link

Sebab Tubuh Manusia tidak Merasakan Rotasi Bumi

Jika sobat semua pada saat duduk di bangku sekolah dan pernah mempelajati tentang dunia “ geografi “ misalnya tentang jenis hewan yang memiliki sidik jari seperti manusia tentunya sobat semua juga akan mempelajari bagimana bumi ini bisa rotasi atau bergerak. Pada ratusan tahun yang lalu, manusia itu percaya bahwasanya bumi ini diam alias tidak bergerak karena memang kita tidak  mersakan hal tersebut.

Pada waktu itu, manusia percaya bahwa perubahan siang dan malam juga  adanya perubahan musim, disebabkan oleh bergeraknya matahari, bualn dan juga bintang. Memang sebenarnya, kesimpulan tersebut wajah dan sah saja terbentuk pada waktu itu, karena kelihatannya

memang bumi tidak bergerak sama sekali atau bisa kita katakan tidak ada yang merasakan bumi ini bergerak atau berotasi seperti  pengaruh radiasi terhadap tubuh manusia secara biologis yang tidak disadari.  Namun semkain berkembangnya teknologi dan pengetahuan, maka pengetahuan manusia akan antariksa juga semakin banyak.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut, berikut ini penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Apakah Benar Bumi Itu Berputar ?

Bumi berputar itu benar dan nyata yang menimbulkan tingkat organisasi kehidupan makhluk hidup. Setiap hari, selama 24 jam penuh, maka bumi akan terus berputar pada porosnya, yang bisa kita katakana seperti mirip gasing. Selain itu bumi juga berputar denga evolusi.  Rotasi bumi ini jugalah yang menyebabkan adanya siang dan juga malam.

Untuk itu, jangan ragu lagi ya sobat akan kebenaran bumi berputar atu tidak. Jawabannya adalah “ IYA “ . pada umumnya sobat, lamanya rotasi bumi tersebut yaitu selama 23 jam 56 menit dan 4 detik ( inilah yang disebut dengan satu hari ). Adapun beberapa yang diakibatkan oleh rotasi bumi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Terjadinya siang dan malam
  • Terjadinya perbedaan waktu di berabgai tempat di permukaan bumi
  • Gerakan semu harian bintang
  • Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi.

Sementara itu, revolusi bumi merupakan peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi ini merupakan akibar dari tarik menarik antara gaya grafitasi matahari dengan gaya grafitasi bumi, selain perputan bumi pada porosnya tersebut.  Apaun yang diakibatkan oleh evolusi bumi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Perbedaan siang dan malam
  • Gerak semu tahuan matahari
  • Perubahan musim
  • Perubahan kenampakan rasi bintang
  • Kalender masehi

Bagiamana Bumi Tersebut Bergerak ?

Adapun rotasi bumi tersebut merujuk pada gerakan berputarnnya planet bumi pada sumbunya. Bumi akan berputar kea rah timur, atau jika dilihat dari utara melwan arah jarum jam. Masa rotasi dan hubunannya dengan matahari adalah selama 24 jam. Namun perputaran ini perlahan akan terus melambat oleh karena adanya pengaruh gravitasi pada bulan.


Sebab Tubuh Manusia tidak Merasakan Rotasi Bumi

Mungkin memang pertanyaan ini layak untuk dipertanyakan oleh mereka yang bekum mengerti. Karena seperti yang sudah kita jelaskan diatas, bawasanya bumi memang berputar ada sumbunya, sehingga dengan kata lain bumi kita ini bergerak. Namun mengapa manusia tidak merasakan putaran atau rotasi tersebut?  Jawanbanya adalah oleh karena adanya gaya grafitasi bumi, sehingga tubuh kita tidak merasakan rotasi tersebut.

Demikian sobat ulasan singkat yang bisa penulis share buat anda pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors