Sponsors Link

Sebab Biologis Seseorang Tidur dengan Mulut Terbuka, Begini Penjelasannya

Pada saat anda sedang tertidur, maka ada baberapa hal yang terjadi pada anda yang tak anda sadari. Hal ini tentunya bukan tidak beralasan, namun karena pada saat tidur tersebut anda dalam kondisi tidak sadar jadi anda tidak tahu apa yang terjadi pada anda.

Sebut saja pada saat anda tidur, namun kondisi mulut anda menganga dan anda baru menyadarinya saat anda sudah terbangun dan merasa seolah bertanya tanya mengapa sampai mulut menganga tersebut. fungsi lekukan diantara hidung dan bibir bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Menurut penelitian yang ada, seseorang yang pada saat tidur mulutnya terbuka bukan tidak beralasan namun karena ada sebab biologinya sendiri. Dan untuk mengetahui lebih detail pada saja sebab biologis seseoramg tidur dengan mulut terbuka tersebut, berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Sebab Biologis Seseorang  Tidur Dengan Mulut Terbuka

  • Otot Sedang Rileks

Pada saat seseorang dalam kondisi sedang tidur dan mulut terbuka, maka hal ini sah – sah saja karena memang pada saat seperti ini otot – otot anda terutama pada bagian mulut sedang dalam kondisi rileks.

Untuk menutupnya, maka otot – otot mulut anda harus berkontraksi dan untuk mengistirahatkannya maka salah satu posisi rileksnya harus terbuka. mekanisme kontraksi otot bisa anda pahami lebih lanjut.

  • Karena Kesulitan Bernapas

Pada saat seseorang sedang tidur dan tak sadarkan diri sering kali mereka kesulitan bernafas, dan hal  ini pula lah yang menjadi alasan mengapa mulut seseorang dalam kondisi terbuka pada saat mereka sedang tertidur. Manusia yang normal akan melakukan pernapasan di paru paru menuju tenggorokan dan berakhir di hidung atau mulut.

Dan ditenggorokan terdapat cabang yang  mengarah kehidung atau mulut, dan pada saat anda kesulitan mendapatkan oksigen tersebut dari hidung, maka tubuh akan mencari udara tersebut dari jalur lain yakni mulut. Oleh karena itulah mulut seseorang sering kali terbuka pada saat sedang tidur.

  • Terlalu Sering Tidur Telentang

Jika sobat semua adalah seseorang yang sering tidur dengan telentang, maka kemungkian besar anda akan terbuka mulutnya pada saat sedang tidur. Hal ini dikarenakan tubuh akan kesulitan mengambil oksigen dari hidung dan dibantu dengan mulut karena posisi tidur yang telentang tersebut.

Dan pada saat seperti itu, maka badan anda akan tertekan dari atas sehingga mengakibatkan mulut anda menjadi terbuka. Inilah salah satu alasan yang paling seirng terjadi, oleh karena itu baiknya anda tidur dalam posisi miring atau menyamping.

  • Karena Obesitas atau Kegemukan

Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau kegemukan, maka seringkali pada saat tidur akan terbuka mulutnya tanpa disadari tentunya.  Hal ini dikarenakan pada saat tubuh kita kegemukan, maka badan akan menekan jalur pernapasan sehingga akan semakin sempit. 

Oleh karena itu, mulut ini akan terbuka untuk membantu mengumpulkan oksigen untuk kebutuhan pernapasan anda. Selain mulut terbuka, seseorang yang memiliki tubuh gemuk ini juga akan mengakibatkan seseorang tidur dengan cara ngorok. Dan tentu saja anda tidak menyadari hal ini pada saat anda tidur.


Itulah sobat beberapa sebab biologis seseorang tidur dengan mulut terbuka tersebut. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi refrensi bagi anda khususnya bagi anda yang  pada saat tidur mulutnya terbuka, sehingga anda bisa memperbaiki kebiasaan tersebut. Sampai jumpa sobat di artikel beriktunya dengan ulasan menarik lannya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!