Sponsors Link

Tulang Gelang Panggul : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis pada kesempatan klai ini ya sobat dengan materi atau artikel yang tidak kalah menarik dari pembahasan yang sebelumnya. Jika pada artikel sebelumnya kita sudha membahas mengenai tulang gelang bahu, nah sobat semua pada kesempatan kali ini tidak jauh berbeda ya, karena yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai tulang selang panggul.

Apakah sobat semua sudah pernah mendengar atau bahkan mengetahui fungsi serta letak dari tulang gelang panggul tersebut di dalam tubuh kita. Jika memang belum mengetahuinya, yuk sobat mari kita simak bersama – sama ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Pada umumnya, di dalam tubuh manusia terdiri atas 206 tulang yang berbentuk berbeda – beda satu dengan yang lainnya, serta letak dan fungsinya pun tentunya beragam. tulang penyusun rangka manusia dalam tubuh tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya sehingga akan berbentuk persendian pada manusia. Nah sobat, salah satu dari jenis tulang tersebut adalah tulang gelang panggul. Berikut ulasannya untuk anda.

Adapun tulang gelang panggul adalah susunan tulang yang menghubungkan bagian tulang belakang dengan bagian tulang tungkai kaki. Bagian tulang ekor dan juga bagian sacrum merupakan bagian dari gelang panggul. Tulang gelang panggul ini terdiri atas dua buah tulang pinggul. Pada anak – anak tulang pinggul ini terpisah dan terdiri atas tiga buah tulang yaitu illium ( bagian atas ), tulang ischiun ( bagian bawah ) dan tulang pubis ( bagian tengah ).

Di bagian belakang dari tulang gelang panggul ini terdapat tulang sakrum yang merupakan bagian dari tulang ruas tulang belakang. Pada bagian depan terdapat simfisis pubis yang merupakan jaringan ikat yang menghubungkan kedua tulang pubis. Meskipun mempunyao peran sebagai penyokong, rangka apendik pada tulang gelang pinggul ini haruslah dijaga kesehatannya. Apalagi bagi kaum wanita, tulang gelang panggul ini sangatlah penting peranannya untuk proses melahirkan bayi dari kandungannya.

Nah sobat semua, apabila tidak dijaga dengan baik, dapat mengakibatkan gangguan seperti merasa nyeri selama menjalani masa kehamilan. Nah sobat wanita semua, untuk itu sebaiknya bagian tulang gelang panggul anda harus dijaga dan juga dirawat semaksimal mungkin ya sobat.

Bagian – Bagian Tulang Gelang Panggul

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tulang gelang panggul, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian – bagiannya ya sobat agar lebih jelas. Bagian – bagian tulang gelang panggul itu sendiri terdiri atas :

  • Tulang usus ( os illium ), terdiri atas dua unit, yaitu 1 di bagian kiri dan satu di bagian kanan dimana bentuknya lebah dan gepeng seolah melengkung dan menghadap ke perut. Nah sobat yang penasaran bisa langsung meraba perutnya.
  • Tulang pinggul ( os pelvis ), merupakan sebuah rongga yang dibentuk oleh sambungan antara tulang – tulang panggul.
  • Tulang duduk ( os ichium ), bentuk ya setengah lingkaran menghadap ke atas.
  • Tulang kemaluan ( os pubis ), yaitu tulang yang bercabang dua yaitu atas dan bawah.

Tulang Gelang Panggul

Selanjutnya saya akan mencoba mengulas apa sebenarnya fungsi utama dari bagian tulang gelang panggul ini. Untuk fungsi tulang gelang panggul yang dimaksud adalah sebagai berikut  :

  • Untuk menyokong berat badan bersama – sama dengan ruas tulang belakang.
  • Melindungi dan mendukung organ bawah seperti kandung kemih dan juga organ penyusun sistem reproduksi.
  • Sebagai tempat tumbuhnya janin.

Sekian informasi mengenai tulang gelang panggul yang penulis bagikan pada kesempatan kali ini ya sobat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan artikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia