Sponsors Link

Tulang Tungkai : Penjelasan dan Fungsinya

Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan bentuk yang sempurna. Manusia memiliki berbaggai organ dan alat tubuh untuk menjalankan berbagai aktifitasnya dalam keseharian. Jika ada salah satu anggota badannya yang sakit atau terluka akan berpengaruh pada setiap aktifiasnya. Di balik tubuh manusia yang aktif dan mampu digunakan untuk berbagai hal ini slaah satu yang berperan penting ialah tulang.

tulang penyusun rangka manusia berfungsi sebagai rangka dan alat gerak bagi manusia, juga sebagai penyokong tubuh. slaah satu tulang yang dibutuhkan dan digunakan dalam keseharian ialah tulang tungkai. Mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengerti atau belum memahami apa itu tulang tungkai. Sebab itu pada kesempatan kali ini penulis akan menguraikannya dengan lengkap. Yuk simak artikel berikut mengenai tulang taungkai – penjelasan dan fungsinya.

Pengertian Tulang Tungkai

Tulang tungkai merupakan anggota gerak manusia bagian bawah yang terdiri dari berbagai bagian atau susunan dan memiliki sendi serta syaraf untuk memudahkan pergerakan dan kerja organ organ di dalamnya. Tulang tungkai berperan penting dalam alat pergerakan manusia seperti berjalan, berlari, bersepeda, dan sebagainya. Tulang tungkai juga termasuk bagian tulang terkuat dalam tubuh sebab mampu menyokong beban dari tubuh manusia dan menjaganya tetap seimbang apapun aktifitas yang sedang dilakukan.

Susunan dan Fungsi Tulang Tungkai

Tulang tungkai tentu bukan satu bagian saja yang bekerja sendiri, tulang tungkai mempunyai susunan yang berkaitan erat satu dengan yang lain dalam menjalankan aktifitas sehari hari. Area tungkai manusia memiliki 4 buah tulang, berikut macam dan penjelasan lengkapnya.

1. Tulang Paha

Adalah salah satu anggota gerak yang memiliki bentuk terpanjang, merupakan tulang terkuat yang menghubungkan pinggul dengan lutut. Tulang paha berbentuk seperti pipa silinder, memiliki 2 ujung, mengandung sumsum kuning, dan mengembang di bagian ujung.

Terdapat sendi gerak dan otot otot besar yang menghubungkan dengan pinggul dan juga berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah. Fungsi lain tulang paha ialah menjadi bagian yang penting sebab berperan untuk gerak tubuh seperti berjalan dan menyokong berat.

2. Tulang Kering

Tulang kering yaitu tulang kuat yang berada di bawah lutut yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki. Berfungsi sebagai tulang terkuat dalam memikul berat dan terbesar kedua dalam tubuh manusia. tulang kering berbentuk pipa yang berisi sumsum merah dan kaya akan darah merah.

3. Tulang Betis

Tulang betis ialah tulang yang secara anatomi berada di bagian belakang bawah. Dalam bagian belakang tersebut terdapat otot betis menempel pada tumit. Tulang betis berfungsi sebagai pemberi kekuatan pada kerangka tubuh, sebagai tempat melekatnya otot, pelindung organ dan sistem saraf pada manusia penting di dalamnya, tempat penyimpanan garam mineral, serta berperan juga sebagai tempat pembuatan sel darah merah.

4. Tempurung Lutut

Di dalam kerangka tulang tungkai, terdapat bagian penting yaitu tempurung lutut yang berbentuk hampir segitiga dan tebal. Tempurung lutut berupa tulang rawan pada bayi baru lahir dan terus berkembang secara perlahan seiring berjalannya usia. Tulang tempurung lutut dapat meluncur ke arah atas atau di depan tulang paha, kondisi ini terjadi ketika manusia menekuk lutut. Ketika kembali dala posisi lurus maka mekanisme kerja otot akan mengangkat pengungkit sehingga kembali ke posisi semula.


Fungsi tulang ini ialah sebagai perpanjangan lutut terutama ketika ditekuk dan diluruskan, kemampuan otot akan meningkat untuk meregang dengan cara meningkatkan sudut tekukan, di dalamnya juga terdapat serat serat yang berfungsi menstabilkan posisi selama lutut digerakkan sehingga mengurangi efek cedera dan memberikan perlindungan pada sendi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai tulang tungkai, semoga dapat dipahami dengan mudah dan menjadi wawasan yang bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa dilain kesempatan. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia