Sponsors Link

Indra Perasa : Penjelasan, Bagian dan Fungsinya

Indra perasa. Jika berbicara mengenai panca indera manusia khususnya indra perasa sudah barang tentu yang terlintas dalam benak kita adalah alat indra dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai media untuk merasakan sesuatu yaitu lidah. Setuju ya sobat. Nah sobat semua, pada kesempatan kal ini penulis akan menjelaskan secara gamblang buat sobat semua mengenai indra perasa tersebut. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Pada umumnya, bagian – bagian lidah banyak yang tidak kita ketahui. Yang kita tahu lidah hanyalah sebagai suatu komponen yang berbentuk seperti daging dan juga mempunyai fungsi sebagai alat perasa. Padahal sobat sebenarnya lidah merupakan alat perasa yang sangat vital keberadaan dan fungsinya bagi tubuh manusia.

Karena dengan lidah inilah manusia bisa merasakan rasa, baik itu rasa asin, manis, pedas, asam, pahit dan berbagai rasa yang lainnya yang sering kita rasakan selama ini. Selain itu, dengan lidah manusia juga bisa mengecap vocal dengan baik. Tanpa lidah, manusia tidak akan bisa mengucapkan vocal dengan baik.

Ciri lidah adalah memiliki otot dan ditutupi oleh selaput lendir yang tipis. Adapun letak lidah ini terletak diantara rongga mulut dan juga orofaring. Lidah ini tiak memiliki tulang sehingga pergerakannya sangat fleksibel. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah bagian bagian lidah beserta fungsinya. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Lidah Bagian Atas Atau Permukaan Superior

Adapun bagian atas anatomi lidah ini memiliki bentuk seperti huruf V, dan huruf V pada lidah tersebut disebut dengan sulkus terminal. Bagian ini akan membagi lidah denagn bagian permukaan anterior dan juga permukaan posterior. Fungsi dari lidah bagian atas ini adalah untuk mengecap rasa sebab permukaan atas lidah akan bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman yang masuk kedalam mulut kita ya sobat.

2. Akar Lidah

Bukan hanya pohon, tetapi lidah juga punya akar ya sobat. Akar lidah ini terletak diantara tulang hyolid dan juga dibagian bawah rahang lidah. Punggung pada bagian akar memiliki posisi duduk di bagian ofofaring. Adapun akar ldiah ini berfungsi sebagai Penggerak lidah, sebab lidah tersebut tidak memiliki akar. Jika tidak ada akar lidah ini, maka lidah tidak akan bisa bergerak secara bebas.

3. Tubuh lidah

Bagian terbesar dari lidah adalah tubuh lidah. Di dalam tubuh lidah ini terdapat permukaan kasar yang disebut dengan nama papilla lingual. Papilla lingual ini memiliki fungsi sebagai pembantu pengidentifikasian rasa yang berbeda dari setiap makanan yang kita masukkan kedalam mulut.

4. Tonsil Atau Amandel

Bagian yang berikutnya adalah tonsil atau pun amandel. Ada pun fungsi dari tonsil ini adalah sebagai benteng pertama dalam pertahanan tubuh manusia, sehingga amandel tersebut berhubungan langsung dengan sistem imun ( kekebalan tubuh ) pada manusia.


5. Adenoid

Adenoid adalah bagian dari lidah yang mempunyai fungsi untuk memerangi infeksi sehingga tidak terjadi infeksi pada lidah. Bayangkan saja dengan berbagai macam makanan yang masuk ke dalam mulut dan juga berinteraksi secara langsung dengan lidah, pastinya tidak sedikit bakteri yang muncul dari sisa – sisa makanan. Dengan adanya adenoid, maka lidah akan terlindungi dengan baik.

6. Kuncup Lidah

Kuncup lidah merupakan bagian permukaan lidah yang mempunyai fungsi untuk pengecap terhadap semua rasa yang dihasilkan oleh berbagai macam makanan atau pun minuman. Saat pertama kali makanan atau pun minuman masuk ke dalam mulut, secara otomatis deteksi rasa akan langsung dilakukan. Namun saat anda sedang sakit, terkadang kuncup lidah tidak bekerja dengan baik.

7. Otot lidah

Otot lidah adalah bagian yang sangat penting peranannya sebagai penggerak lidah. Tanpa adanya bagian ini, sudah bisa dibayangkan ya sobat, lidah menjadi lemas dan tidak bisa melakukan pergerakan secara normal. Otot lidah ada dua jenis, yaitu :

  • Otot intrinsik.
  • Otot ekstrinsik.

Sekian informasi yang penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat. semoga infomasi ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia