Sponsors Link

Jaringan Palisade (Jaringan Tiang) pada Daun : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua yang terkasih kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu senantiasa  menemani waktu luang sobat semua bersama dengan keluarga tercinta. Nah sobat semua, pembahasan yang akan kita kaji pada kesempatan ini yakni masih mengenai biologi, dimana manfaat biologi di berbagai bidang sangatlah luas, dengan biologi, kita bisa mengetahui dan memahami seluruh struktur dan perkembangan termasuk pada tumbuhan.

Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai tumbuhan yang ada di sekitar kita. Yuk sobat semua, langsung saja merapat dengan penulis yuk sobat. Oke sobat semua, adapun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai Jaringan Palisade (Jaringan Tiang) pada Daun. Jika berbicara mengenai daun, tentunya sobat semua sudah mengerti ya sobat bahwa fungsi daun pada tumbuhan tiidak hanya penghias saja namun sebagai bahan perkembangan yang didukung berbagai bagian lainnya.

Nah sobat semua, jika anda perhatikan sehelai daun tumbuhan, apa yang ada dalam benak anda sobat? Nah sobat, daun memiliki beberapa struktur atau jaringan yang menyusun daun tersebut. Salah satu struktur dan fungsi jaringan daunyang dimiliki daun tersebut adalah jaringan palisade. Untuk lebih jelasnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Adapun yang dimaksud dengan jaringan palisade adalah jaringan yang terdiri dari sejumlah sel yang memanjang tegak lurus terhadap permukaan helai daun, sel nya agak rapat namun saling terpisah sehingga udara dalam ruang antar sel tetap mencapai sisi panjang sel tersebut. Pada jaringan tiang merupakan tempat paling banyak di temukan di kloropas yang berhubungan dengan  fungsi klorofil pada tumbuhan. Kloropas ini melekat pada tepi dinding sel. Pada daun terdapat  1 sampai 2 lapisan jairngan tiang.

Adapun fungsi dari jaringan palisade ( jaringan tiang ) pada daun antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai jaringan yang berfungsi sebagai tuan rumah dari sebaguan besar kloroplas pada tumbuhan.
  2. Sebagai jaringan yang berfungsi untuk tempat dimana terjadinya fotosintesis
  3. Sebagai jaringan yang berfungsi sebagia kumpulan sel yang berbentuk silindiris yang tepat di bawah permukaan daun.
  4. Sebagai jaringan yang berfungsi untuk memproduksi makanan dan oksgen untuk tanaman itu sendiri.

Nah sobat semua alangkah pentingnya bukan lapisan palisade yang satu ini terhadap perkembangan tumbuhan.

Untuk tanaman yang hidup di dalam tanah berkadar air tanah yang  tinggi, jairngan tinagnya berada di sebelah atas ( adaksial ) yang disebat sebagai dorsiventral atau bifasial ( bermuak dua ) . Jika jaringan tiang berada di keuda muka disebut dengan unifasila atau isobilateral ( isolateral ) , misamya yang terdaat pada tanaman xerofitik.


Adapun jaringan tiang yang terspesialisasi mengakibatkan proses fotosintesis lebih efisen yang diakibatkan oleh jumlah kloroplas yang meningkat dan dimensi daerah permukaan bebas, mengingat volume ruang antar sel nya dalam jaringan  tidak sempit. Namun jika dilihat dari hubungan antar sel –  sel yang berdampingan, jarinagn tinag ini tegak lurus terhadap permukaan daun.

Nah sobat semua, jika anda penarasa akan jaringan palisade ( jaringan tiang ) pada daun ini, anda bisa langsung saja melihatnya di dedaunan yang ada disekitar anda ya sobat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jaringan palisade ( jaringan tiang ) pada daun yang bisa penulis sajikan buat sobat semua apda kesempatan kali ini. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat buat anda ya sobat. Sampai ketemu diartikel selanjutnya, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik. Salam hangat.

 

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors