Sponsors Link

Jaringan Spons (Jaringan Bunga Karang) pada Daun : Penjelasan dan Fungsinya

Hai hai guys… yuk kita simak kembali lanjutan mengenai jaringan penyusun dari daun yuk sobat, karena seperti yang sudah penulis utarakan pada kesempatan sebelumnya, bahwasanya daun dari sesuatu tanaman mempunya beberapa struktur dan fungsi jaringan daun yang terdapat pada daun itu sendiri dan juga mendukung fungsi daun pada tumbuhan secara keseluruhan.

Salah satu jaringan yang dimaksud adalah Jaringan Spons (Jaringan Bunga Karang). Sobat semua tentunya belum pernah mendengar jaringan yang satu ini ya sobat. Oleh karena itu, yuk sobat silahkan merapat dengan penulis, karena pada postingan kali ini penulis akan menjelasakannya secara detail buat sobat semua . Berikut ulasannya untuk anda sebagai bagian dari pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Jaringan spons ( jaringan bunga karang ) pada daun merupakan bagian dari parenkim dari daun itu sendiri. Jaringan parenkim yang menyusun daun tersebut disebut dengan jaringan mesofil pada daun atau daging daun. Salah satu bagian parenkim itu sendiri adalah jaringan spons atau jaringan bunga karang yakni jaringan yang memiliki bentuk seperti sel –  sel parenkim yakni hexagonal yang tersusun sangat longgar sehingga terdapat rongga antar sel yang cukup besar.

Jaringan spons ( jaringan bunga karang ) pada daun ini terletak persis  di bawah lapisan palisande. Area ini adalah area longgar yang dikemas dengan banyak kantong udara. Sel –  sel yang lebih berbentuk bola  dari silinder lebih berbentuk seperi sel –  sel di lapisan palisande.  Adapun kantung udara besar tersebut memungkinkan untuk pertukaran gas antara daerah yang berbeda dari daun.


Sel –  sel di dalam lapisan ini berisi beberapa kloroplas dan karena itu, umumnya tidak bertanggung jawab untuk proses fotosintesis pada tumbuhan. Hal ini tentunya masuk akal ya sobat, karena lapisan yang lebih jauh ke daun yang mana tidak akan mendapatkan banyak sinar matahari sebagai lapisan palisade, yang konon lebih dekat dengan permukaan daun.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari jaringan spons ( jaringan bunga karang ) pada daun, antara laijn adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai jaringan yang berfungsi sebagai tempat kantong udara pada daun yang bertugas dalam hal pertukaran gas yang ikatan pembuluhnya mengandung xilem dan floem.
  2. Sebagai jaringan yang berfungsi tempat ikatan pembuluh darah dari daun itu sendiri
  3. Sebagai jaringan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil dari fotodintesin yang dihasilkan oleh jaringan palisade.
  4. Sebagai jaringan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan gas serta oksigen yang dibutuhkan oleh daun.

Itulah beberapa fungsi dari jaringan spons pada daun ya sobat.


Dalam jaringan spons atau jaringan bunga karang pada daun ini sobat, terdapat kantong udara yang bertugas untuk pertukaran gas yang ikatan pembuluh yang mengandung xilem dan floem. Dan disinilah pergerakan air didalam makanan daun tersebut terjadi atau berlangsung.

Xilem tersebut bergerak di dalam air dan larut di dalam mineral apda daun tersebut, semnetara floem sendiri bergerak ke makanan dari daun tersebut yang berupa fotosintesis. Secara umum, daerah jaringan spons atau jaringan bunga karang ini dikenal dengan lapisan mesofil pada daun.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian ulasan mengenai jaringan spons ( jarinagn bunga karang ) pada daun yang bisa penulis utarakan pada kesempatan kali ini buat sobat semua. Terima kasih buat sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel kali ini. Semoga bermanfaat serta bisa menjadi refrensi. Salam hangat selalu sobat.

 

 

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan