Sponsors Link

Proses Penyerapan Air dan Unsur Hara oleh Akar Paling Lengkap

Akar merupakan bagian tanaman yang berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah. fungsi akar pada tumbuhan akar ini penting untuk kelangsungan hidup tanaman. Akar memiliki struktur yang meliputi ujung, tudung, bagian bagian batang, cabang, dan rambut atau bulu akar. Akar juga terus mengalami pertumbuhan pada ujungnya walaupun tidak sepesat jika dibandingkan dengan bagian di permukaan tanah, umumnya memiliki ujung yang meruncing agar lebih mudah untuk menembus tanah.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut akar harus melakukan berbagai proses terlebih dahulu, berikut proses penyerapan air dan unsur hara oleh akar secara lengkap :

  • Pemenuhan Kebutuhan Oksigen

Dalam rangkan melakukan tugasnya, akar sangat membutuhkan oksigen untuk menunjang berbagai aktivitas rutinnya. Oksigen ini yang nantinya akan menjadi sumber energi paling penting bagi akar untuk melakukan proses penyerapan terhadap air dan juga unsur hara.

  • Proses Awal Penyerapan Air dan Unsur Hara

Hal pertama yang dilakukan akar ialah mencari air dan unsur hara di dalam tanah, ini merupakan tugas dari bagian akar yang disebut rambut akar. Mereka berbentuk serabut halus, berukuran kecil, dan tumbuh dalam jumlah banyak. Mereka tumbuh menyebar sehingga membuat daerah penyerapan menjadi luas, memungkinkan untuk menjangkau air dan unsur hara hingga ke tempat yang jauh.

  • Proses di Dalam Celah Rambut Akar

Air dan unsur hara yang sudah ditemukan dari dalam tanah selanjutnya masuk melalui celah celah rambut akar. Penyerapan ini termasuk hal yang luar biasa sebab mampu melawan gaya gravitasi bumi yang selalu mengakibatkan benda jatuh ke bawah. Hal dapat terjadi karena adanya tekanan akar, tenaga kapilari, dan juga tarikan transpirasi. (Tekanan akar : tekanan yang terjadi pada pembuluh kayu sebagai hasil proses aktif. Tenaga kapilari : proses untuk menarik air dari tanah. Tarikan transpirasi : kekuatan menghisap).

  • Proses Menuju Pembuluh Kayu

Air dan unsur hara yang telah diserap oleh rambut akar tersebut akan larut dan mengalir ke sel sel di sekitarnya dengan arah horisontal (mendatar) hingga akhirnya sampai ke pembuluh kayu (xilem). Air dan unsur hara tersebut dapat diangkut karena adanya perbedaan kepekatan cairan diantara sel sel yang dilalui.

Cairan pada rambut akar lebih pekat dari air tanah sehingga air tanah dan unsur hara yang terlarut dapat masuk ke sel sel. (fungsi xilem : pembuluh kayu yang bertugas mengantarkan bahan makanan dari akar menuju daun, merupakan saluran utama bagi transportasi semua zat yang dibutuhkan dalam proses penyerapan).

  • Proses Menuju Daun

Air dan unsur hara yang telah sampai pada pembuluh kayu (xilem) selanjutnya akan diangkut menuju daun sebagai bahan yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Pembuluh kayu (xilem) juga mengangkut air dan unsur hara ke bagian tumbuhan yang lain yaitu menuju batang dan cabang. (pengertian fotosintesis adalah proses membuat dan mengolah makanan yang dilakukan tumbuhan dengan bantuan air, karbondioksida, dan energi dari sinar matahari). Setelah proses fotosintesis secara singkat selesai dilakukan selanjutnya terjadi proses pengambilan dan pengeluaran zat zat ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.


Begitulah cara tumbuhan untuk bertahan hidup, walaupun mereka tidak dapat bergerak atau berpindah tempat, tetapi di dalamnya terdapat kerjasama yang kuat antar bagian satu dengan lainnya sehingga tetap bisa melangsungkan hidup dan tumbuh besar. Demikian proses penyerapan air dan unsur hara oleh akar, semoga mudah dipahami oleh anda dan menjadi pengetahuan yang bermanfaat terima kasih.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan