Sponsors Link

Cara Jitu Menghafal Menurut Penelitian Biologi, Yuk Simak

Kapasitas memori yang ada dalam otak kita tentunya berbeda beda satu  dengan yang lainnya, sehingga daya ingat yang kita miliki juga tentunya berbeda beda.

Sebut saja sepeti menghapal, kegiatan yang satu ini tentjnya bukan hanya berlaku bagi mereka yang statusnya menjadi murid  saja, namun sering kali hal ini juga kita lakukan dalam upaya mengingat sesuatu atau seseorang. penyebab jet lag menurut penelitian biologi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Pada umummya menghapal tersebut memang berlaku bgai murid  yang sedang duduk di bangku sekolah atau di perkuliahan, apalagi pada saat akan tiba waktunya ujian, tentunya menghapal adalah salah satu hal yang sering kita lakuka.

Namun selain itu sobat, ibu – ibu juga tentunya membutuhkan cara menghapal ini dalam berbagai kegiatannya setiap harinya. Hal ini juga tentunya berlaku bagi mereka pria sebut saja pada saat akan memperesentasikan sesuatu di hadapan kliennya. Maka menghapal merupakan hal yang tak terpisahkan dari mereka.

Nah sobat semua, oleh karena menghapal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk kita daam menunjang berbagai aktivitas, maka  baiknya kita mengetahaui cara menghapal yang baik dan benar sehingga  menghapal tersebut bukanlah hal yang susah melainkan hal yang  bisa kita lakukan  dengan gampang. 

Untuk itu, pada postingan ini penulis akan menyajikan untuk anda mengenai cara jitu menghafal menurut penelitian biologi. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Tumbuhkan Rasa Suka Untuk Menghafal Sesuatu Tersebut

Cara yang pertama adalah dengan menumbuhkan ras suka dan cinta pada sesuatu yang akan anda hapal tersebut. Rasa suka pada sesuatu objek tertentu akan membuat kita ingin mencari tahu apa saja yang berhubungan dengan objek tersebut. penelitian biologi tentang zat obesogen bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Nah sobat, pada saat anda juga hendak menghapal sesuatu, maka baiknya hal yang harus anda lakukan adalah dengan menyukai hal tersebut, sehingga anda akan semkain penasaran dan semakin ingin tau, kemudian  dengan sendiriya akan hapal terhadap objek tersebut.

2. Menggunakan Teknik Huruf Pertama

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan teknik huruf pertama. Teknik huruf pertama atau yang sering disebut sebagai jembatan keledai di Indonesia ini adalah salah satu cara terpopuler untuk menghafal sesuatu. Caranya adalah dengan mengambil huruf atau suku kata terdepan dari  kata yang anda hafalkan.

Sebut saja sebagai contoh “ bagi anak pramuka yang pusing tujuh keliling menghafalkan Dasa Dharma Pramuka pasti tahu ungkapan ini “ tacipaparerahidibesu“. Dengan cara ini maka anda bisa dengan mudah untuk meghapalkan sesuatu.

2. Menggunakan Metode Keyword

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan metoe keyword. Jika anda  adalah seorang yang sedang ingin menghafal bahasa baru, maka metode keyword ini sangat  cocok untuk anda coba.  

Caranya adalah silahkan anda membayangkan kata baru yang akan anda hapal, selanjutnya silahkan hubungkan dengan kata berikutnya dengan kata yang anda hafalkan tersebut.

Contoh, dalam bahasa Inggis “ yummy “ adalah enak, maka silahkan  hubungan kata  yummy tersebut dengan aktualnya, misalnya yummy = enak.


Berarti ayam semur adalah enak. Cara seperti ini tentunya akan memudahkan anda dalam berimajinasi dalam pikiran untuk menyambungkan satu kata dengan kata yang lainnya.

Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih bagi sobat yang sudah meluangkan waktunya membaca potingan ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!