Sponsors Link

Benarkah Kura Kura Bisa Hidup Ratusan Tahun?

Secara biologis, tubuh makhluk hidup memiliki jangka waktu tertentu untuk menua dan terdapat alasan biologis semakin tua waktu terasa cepat berlalu dimana tubuh makhluk hidup memiliki jaringan dan sel yang terus berganti dan tidak bisa bertahan dalam waktu lama, terlebih jika memiliki kebiasaan tertentu seperti lingkungan yang memberatkan tubuh atau asupan makanan yang tidak sesuai.

Tidak heran jika salah satu cara untuk memiliki umur yang panjang ialah berada di lingkungan yang sehat, memiliki asupan makanan atau gizi yang seimbang, dan tentunya jauh dari stres. Tentu sobat juga pernah mendengarnya bukan? Nah sobat, umur makhluk hidup tentu sudah memiliki masa tersendiri.

Namun sobat, tahukan bahwa kura kura ternyata bisa hidup hingga ratusan tahun dan tidak berpengaruh pada sistem pernapasan pada kura kura? tentu ratusan tahun merupakan waktu yang sangat panjang, jauh lebih panjang dari umur rata rata hewan atau makhluk hidup lainnya. Kenapa demikian? Benarkah Kura Kura Bisa Hidup Ratusan Tahun karena selalu hidup sehat dan makan bergizi? nah sobat, untuk lebih memahaminya secara biologis, yuk simak di ulasan berikut.

Dari kesimpulan yang didapat para peneliti di dunia, mereka sepakat bahwa dalam dunia hewan, kura kura adalah hewan yang memiliki usia hidup paling panjang. Beberapa jenis kura kura bahkan dilaporkan mampu hidup hingga usia 200 tahun! wah hebat ya sobat, 200 tahun tentu waktu yang sangat lama dan tubuhnya mampu beradaptasi dengan segala perkembangan dan perubahan lingkungan selama waktu tersebut. Berikut sebabnya kura kura mampu hidup hingga ratusan tahun.

  • Kura kura dikenal sebagai hewan yang lambat, hampir dalam segala hal. Apa hubungannya?

Kura kura bergerak dengan sangat lambat tidak seperti landak yang memiliki bahan pembentuk duri di tubuh landak, hal ini membuat ia hanya memerlukan sedikit energi, tidak seperti hewan lain yang bergerak lebih cepat. Hal ini dipercaya membuat kura kura tidak memerlukan banyak asupan makanan. Proses metabolisme yang ada di tubuhnya juga otomatis jadi lambat.

Ternyata sobat, hal ini sangat bermanfaat saat kura kura harus menghadapi musim yang sulit atau berada di lingkungan yang tidak banyak tersedia makanan, ketika makanan sulit didapat. Hewan lain mungkin tidak akan bertahan hidup karena kelaparan, tapi kura kura tentu saja bisa bertahan karena memang tidak membutuhkan asupan makanan yang banyak.

  • Kura kura memiliki cangkang yang sangat keras

Cangkang ini membuat kura kura hampir tidak punya musuh alami atau predator, hampir tidak ada gigi hewan lain yang mampu menembus kerasnya cangkang kura kura. Sehingga ketika ada bahaya atau di lingkungan yang tidak nyaman, kura kura akan berlindung di dalam cangkang kerasnya tersebut.


  • Terkait dengan gaya hidup atau rutinitas

Kura kura sepanjang hari tidak membutuhkan makanan yang berlebihan, yakni hanya makan dedaunan, dan didukung oleh alam yang masih sangat alami bebas dari polusi apapun. Daun yang dimakan oleh kura kura pun dengan pilihan khusus yakni yang masih segar, umumnya kura kura tidak akan memakan daun yang memiliki kandungan bahan kimia tertentu seperti pestisida.

Jadi merupakan sebab yang jelas ya sobat, kebutuhan energi untuk aktifitas yang kecil, makanan yang alami sehat bebas dari lemak dan kolesterol, lingkungan yang bebas polusi, perlindungan dengan cangkang yang kuat, dan terlindung dari ancaman pemangsa atau bahaya. Hal inilah yang membuat kura kura bisa tumbuh hingga mencapai berat 250 kg dengan panjang hingga 1,5 meter!

Nah sobat, itulah sebab kura kura memiliki umur yang jauh lebih panjang dari hewan atau mahkluk hidup lainnya, tentu bisa menjadi pelajaran bagi kita ya sobat, yakni dengan menjalankan pola hidup sehat dan makanan bergizi juga dapat membuat kita menjadi lebih sehat dan memiliki umur yang lebih panjang.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan sobat, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors