Sponsors Link

10 Contoh Hewan Arachnida Terlengkap Beserta Klasifikasinya

Contoh hewan arachnida adalah contoh hewan invertebrata yang memiliki kaki banyak dan berbuku yang tergolong pada hewan invertebrata yakni seperti laba- laba, kalajengking dan lain – lain. Kelompok hewan ini merupakan hewan yang telah berkembang selnya sehingga multiseluler.

1. Laba-laba

Pada hewan Arachnida memiliki sistem saraf dimana semua pada bagain ganglion saraf ini termasuk ke pada  prosoma. Pada bagian Mesothelae misalnya tergolong hewan laba – laba merupakan hewan yang primitif. Hingga saat ini hewan tersebut memiliki ganglion saraf yang terdapat pada opisthosoma dengan ganglion prosoma di bagian belakang yang tidak menyatu.

2. Kalajengking (Vejovis sp)

Pada kalajengking diketahui contoh hewan avertebrata memilki sistem saraf yang terdiri dari ganglion ganglion yang terdapat pada sefalotoraks. Keduanya menyatu dan pada bagian abdomen sehingga pasangan ganglion akan terpisah. Hewan ini bernafas dengan paru – paru buku atau dikenal dengan nama trakea. Jumlah paru-paru buku yang dimiliki oleh hewan ini bervariasi yakni ada yang tediri atas satu pasang. Nmaun juga ada yang terdiri dari sampai empat pasang.

3. Schizomida

Pada mayoritas spesies, respirasi menggunakan paru-paru buku tidak membutuhkan gerakan untuk memfasilitasi pernafasan ini. Hewan ini termasuk kelompok Arachnopulmonata seperti pada kalajengking, dan kalajengking cambuk.

4. Amblypygi

Pada ciri – ciri mahluk hidup arachnida diketahui umumnya memiliki trakea yang mampu untuk menyerap oksigein. Hal ini untuk membuang sisa dari zat dengan menggunakan bagian tubuh hemolimfa. Alat tesebut sangat berguna sebagai alat pengangkut. Pada trakea dapat bekerja tanpa menggunakan alat pengangkut. Paru-paru buku yang dimiliki oleh hewan vertebrata lain cukup memiliki struktur yang berbeda dengan paru – paru. Paru-paru buku ini merupakan tumpukan yang terdiri kantong udara. Pada bagian jaringan akan berisi hemolimfa.  Jaringan tersebut akan memberikan bentuk lipatan yang akan memaksimalkan bagian permukaan tubuh hewan yang terpapar di udara. Pada bagian tersebut juga akan membawa oksigen dan karbondioksida.

5. Tungau (Sarcoptes scabiei)

Tungan termasuk ke dalam Apulmonata dimana tidak memiliki paru – paru. Pada sistem ekskresi pada tungau ini merupakan Arachnida yang telah efisien di dalam menjaga cairan tubuh. Pada saat hidup di darat karena memiliki lapisan lilin yang terdapat pada kutikula. Pada kelenjar ekskresi hewan Arachnida ini akan terletak di bagian sisi prosoma dengan jumlah hingga empat pasang. Pada bagian alat ekskresi yang lain yakni memiliki satu hingga dua pasang tubulus Malphigi. Hewan ini juga memiliki satu jenis kelenjar. Namun pada hewan jenis yang lain ada pula yang memiliki hingga dua jenis. Tungau mencara makan dengan cara menjadi parasit sebagai cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya.


6. Caplak (Rhipicephalus sanguineus)

Caplak merupakan hewan yang berasal dari subkelas Acari. Hewan ini berasal dari famili Ixodidae Caplak ini merupakan hewan yang juga parasit yakni penghisap darah.

5. Hadrurus sp

Pengertian fauna Arachnida ini memiliki satu atau dua gonad yang terdapat di dalam abdomen. Pada saat melakukan fertilisasi maka yang akan terjadi yakni pada bagian internal di sebagian besar spesies. Pada individu dengan jenis kelamin jantan akan menyalurkan sperma yang tersebut pada individu dengan jenis kelamin betina. Pada hewan tersebut terdapat  spermatofor. Bagian ini merupakan bagian pedipalpus yang dapat digunakan oleh hewan untuk menyuntikkan ke bagian sperma yang terdapat di lubang kelamin hewan betina. Pada sebagian bewar hewan golongan laba laba akan bertelur kemudian menyimpan telur tersebut hingga menetas. Pada bagian hewan ini akan menjaga anaknya dengan baik.

6. Heterometrus cyaneus

Pada hewan ini merupakan kalajengking biru yang akan menunggu mangsanya dengan cara menyuntikan racun. Racun akan menghancurkan mangsa dan kalajengking dapat mengambil sari makanan tersebut. Banyak hewan yang juga menjadi predator pada kelas ini. Namun ada pula yang vegetarian diantaranya jenis laba-laba. Hewan ini akan memakan madu dan nektar atau serbuk sari. 


7. Opiliones

Pada hewan opiliones ini merupakan hewan yang sebagian kecil termasuk golongan yang dapat memakan benda padat. Cara makan hewan ini berbeda. Pada bagian cakar akan berada pada ujung kaki yang akan digunakan untuk mengambil invertebrata kecil lainnya. Hewan ini juga akan membawa mangsa ke dalam lekukan di antara bagian mulut dan ujung pangkal kaki.

8. Centrurus sp

Pada Arachnida ini umumnya adalah golongan karnivora. Mereka akan menggunakan cairan pencernaan yang  dihasilkan oleh lambung untuk mencerna makanan. Mereka juga akan menuangkan cairan kepada mangsanya. Cairan pencernaan tersebut akan melelehkan organ mangsa sehingga cairan akan siap untuk mengambil sari makanan pada hewan.

9. Tarantula (Rhechostica hentz)

Hewan ini memiliki bentuk lambung seperti hewan golongan laba-laba. Dimana pada lambungnya bulat panjang dan terdapat kantong. Kantong tersebut terdapat di sekujur tubuhnya. Pada bagian lambung tersebut akan menghasilkan banyak enzim pencernaan yang akan menyerap zat gizi dari makanan tersebut. Ada pula bagian sampah makanan yang akan dikeluarkan dengan melalui anus di bagian belakang abdomen.

10. Dermacentor sp

Pada hewan ini tergolong dalam hemolimfa Arachnida dimana memiliki mekanisme transportasi oksigen yang ada di dalam darah. Hal ini akan memungkinkan sistem peredaran darah tereduksi. Pada beberapa jenis golongan tungau akan tidak memiliki jantung sama sekali.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan