Sponsors Link

Sistem Hormon pada Pisces

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tentunya selain manusia hewan juga memiliki berbagai jenis hormon yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya namun memiliki tujuan yang sama ya sobat, yakni untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan dari hewan itu sendiri termasuk pada contoh hewan pisces.

Adapun  hormon tersebut merupakan  senyawa kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau yang biasa disebut kelenjar buntu yang mempunyai efek tertentu pada aktivitas organ –  organ lain dalam tubuh misalnya sistem ekskresi pada aves dan pisces. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang tidak mempunyai saluran, sehingga sekresinya akan masuk ke aliaran darah dan mengikuti peredaran darah. Apabila sampai pada satu organ, maka hormon tersebut akan merangsang terjadinya berbagai perubahan dalam hewan tersebut.

Pada hewan sobat, hormon yang paling dikenal adalah hormon yang dihasilkan  oleh kelenjar endokrin vertebrata . Namun meski demikian sobat, hormon tersebut dihasilkan oleh hampir semua sistem organ dan jenis jaringan pada tubuh hewan sehubungan dengan objek dan permasalahan biologi.

Oke sobat semua, adapun materi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai Sistem Hormon pada Pisces. Pisces disini bukan berarti zodiac ya sobat, namun berbicara mengenai kelompok hewan. Berikut ini ulasannya secara detail untuk anda.

Hormon merupaka zat yang dilepaskan kedalam aliran darah dari satu kelenjar atau organ, yang mempengaruhi kegiatan di dalam sel –  sel. Sebagian besar hormon tersebut merupakan protein yang terdiri dari rantai asam amino dengan panjang yang berbeda –  beda. Hormon dalam jumlah yang kecil bisa memicu respon tubuh yang sanbat besar. Beriktut ini adalah sistem hormon pada pisces.

1. Sistem Hormon Pada Pisces

Seperti yang sudah kira ketahui bersama sobat, jika kita berbicara mengenai pisces berarti berbicara mengenai ikan. Setuju ya sobat. Adapun kelenjar endokrin pada ikan mencakup suatu sistem yang mirip dengan vertebrata yang lebih tinggi tingkatannya. Namun disamping itu sobat, ikan tersebut memiliki beberapa jaringan endokrin yang pada umumnya tidak di dapatkan ada vertebrata yang lebih tinggi. Sebagai contoh badan stanius yang memiliki fungsi sebagai kelenjar endokrin yang membantu dalam proses osnoregulasi.

Adapun kinerja dari hormon tersebut sama seperti kerja saraf, yakni berfungsi untuk mengontrol dan mengatur keseimbangan kerja organ –  organ di dalam tubuh. Namun  sobat, kontrol kerja syaraf lebih cepat dibanding dengan kontorl endokrin. Adapun hormon yang dihasilkan oleh oleh kelenjar yang berasal dari ektoderma adalaha sebagai berikut :

  • Protein
  • Peptida
  • Derivate dari asam – asam amino

2. Hormon Pada Ikan

  • Kelenjar Pituitary

Kelanjar pituitary ini disebut juga dengan hyphophysa yang terketak dibawah dienchephalon. Suatu tangkai yang menghubungkan antara kelenajr ini dengan dienchephalon disebut dengan infundibulum. Kelenjar ini walaupun kecil sobat, fungsi dan struktunya merupakan organ tubuh yang sangat sulit dan rumit.

  • Kelenjar Tyroid

Semua hewan yang termasuk ke dalam kelompok invertebrata memiliki kelenjar thyroid dan trak terkecuali degan ikan. Sebagian besar sobat, tulang memilii tulang sejati dan cyclostomata teridiri dari folikel –  folikel ang relatif menyebar didekat aorta ventral.

  • Kelenjar Parathyroid

Yakni sekseri dari kelenjar Parathyroid ini berdifferensiasi dengan epitel kantonng farings ketiga dan juga keempat.

Itulah ulasan mengenai sistem hormon pada pisces yang bisa penulis share buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda yang sudah membacanya. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan