Sponsors Link

2 Sistem Tubuh Kelelawar yang Menyebabkan Tidur Terbalik

Sepanjang hari tentu kita memiliki rutinitas tidur di malam hari sesuai waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh ya sobat, begitu pula dengan makhluk hidup lainnya, semua membutuhkan waktu untuk istirahat. Pada manusia dan hewan, tiudr umumnya dilakukan dengan tubuh telentang atau miring dan memposisikan tubuh dengan sejajar sehingga merasa nyaman dan merilekskan tubuh.

Nah sobat, slaah satu hewan yang memiliki cara unik untuk tidur adalah kelelawar sebagaimana penjelasan ilmiah sebab mudah tertidur dalam mobil. Pernahkah sobat melihat kelelawar pada siang hari? Tentunya agak sulit menemukan kelelawar pada saat matahari bersinar cerah atau pada siang hari ya sobat, sebab mereka memang termasuk hewan noktural, yakni jenis hewan yang beraktifitas dan banyak melakukan rutinitas pada malam hari.

Ketika sobat berhasil menemukan kelelawar di siang hari, misalnya di suatu area yang gelap atau tertutup yang disukai kelelawar, tentu mereka tidak sedang beraktifitas, namun mereka sedang dalam keadaan tidur, berbeda dengan cara ikan tidur di dalam air. Dan sobat,

bagaimana posisi kelelawar saat sedang tidur? Kelelawar tidur dalam posisi terbalik, kaki di atas dan kepala tergantung di bawah. Mengapa mereka melakukan itu? yuk simak penjelasannya dalam ulasan berikut, Sistem Tubuh Kelelawar yang Menyebabkan Tidur Terbalik.

Tentu merupakan hal yang unik dan jarang ditemui ya sobat, memang kelelawar pada dasarnya ialah hewan liar yang senang berkumpul atau membuat koloni di tempat tempat yang rindang seperti di pohon besar atau di atap rumah yang kosong dan tenang yang lama tak berpenghuni, hewan lain seperti burung liar juga tinggal di pepohonan tapi burung tidur dalam kondisi normal sebagaimana makhluk hidup lain yakni dengan posisi kepala di atas dan kaki di bawah.

  • Cara tidur kelelawar berhubungan dengan cara terbang

Nah sobat, sistem tubuh kelelawar yang menyebabkan tidur terbalik ialah hal tersebut berkaitan dengan cara mereka terbang. Kelelawar merasa lebih mudah terbang dengan cara menjatuhkan diri dari tempat yang tinggi kemudian melayang. Bukan seperti pada umumnya burung yang memulai terbang dari bawah atau melompat kemudian semakin naik ke angkasa.

Jika sobat pernah melihat kelelawar terbang, maka mereka akan terlihat seperti sedang terjatuh dari ketinggian, tapi sebenarnya itu adalah caranya untuk bersiap atau membuat ancang ancang untuk terbang, sebelum sampai di dasar atau di tanah, secara otomatis kelelawar akan membuat sayapnya semakin mengembang kemudian ia berbalik dan terbang melayang

Hal tersebut dilakukan kelelawar untuk menghemat energi. Tentu tenaga untuk memulai terbang dari dasar yang diawali dengan berlari atau emlompat lebih berat ya sobat, dibandingkan dengan hal tersebut, menjatuhkan diri dari ketinggian jauh lebih hemat tenaga sebab secara alami menjatuhkan diri tidak membutuhkan energi seperti ketika melompat.


  • Cara tidur kelelawar berhubungan dengan perlindungan diri

Hubungan kelelawar tidur terbalik dengan sistem tubuhnya yang kedua ialah karena dengan tidur di tempat yang tinggi dalam posisi tergantung, kelelawar memiliki repon terhadap sekitar dengan lebih baik dan akan terhindar dari banyak predator. Tentu tidak ada yang mau diganggu atau bahkan disantap oleh ular atau serigala saat nyenyak tertidur, bukan?

Dengan tidur posisi kaki di atas menggantung dan kepala di bawah, sangat mudah bagi kelelawar untuk menjatuhkan diri ketika terdapat bahaya sehingga ia mampu segera merespon dan terbang untuk menghindari gangguan atau predator. Beda halnya dengan cara melompat di awal terbang yang umum dilakukan burung yang tentunya membutuhkan energi lebih besar dan mudah ditangkap.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, memang tiap makhluk hidup punya cara sendiri untuk melakukan rutinitas dengan nyaman sesuai kebutuhannya ya sobat, termasuk kelelawar tersebut yang tidur dengan cara terbalik sesuai kebiasaan dan sistem tubuhnya. Oke sobat, semoga menjadi wawasan bermanfaat untuk sobat semua, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan