Sponsors Link

Waktu Tidur Terbaik Sesuai Jam Biologis Tubuh

Sepanjang hari tentu setiap orang memiliki rutinitas atau kegiatan masing masing ya sobat, entah itu sekolah, bekerja, ibu rumah tangga, dsb. Tubuh tentu membutuhkan waktu untuk istirahat yang tidak hanya dilakukan dengan sadar saja seperti istirahat dalam artian duduk atau bersantai, namun istrahat secara total atau biasa kita sebut dengan tidur.

Sobat tentu sepanjang hari memiliki kebiasaan jam tidur yang menetap sesuai jam biologis tubuh yang harus ditaati agar tubuh sehat bukan? nah sobat, tidur ternyata jauh lebih baik untuk disesuaikan dengan jam biologis tubuh sehingga menjadi jalan untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang optimal, yuk sobat, ikuti Waktu Tidur Terbaik Sesuai Jam Biologis Tubuh yang penulis jelaskan lengkap dalam artikel kali ini.

  • Tidur Malam

Dalam dunia biologi dikenal istilah Irama sirkadian atau ritme jantung manusia yakni siklus biologis tubuh yang berlangsung selama 24 jam, bekerja terus emnerus bersama nutrisi dan sistem hormonal dalam tubuh,” Waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh adalah salah satu upaya menyelaraskan irama sirkadian. Sementara begadang di malam hari dianggap sebagai tindakan melawan irama sirkadian yang potensial memicu masalah kesehatan jangka panjang.

Waktu terbaik mengistirahatkan raga dan pikiran adalah sekitar pukul 22.00 atau 23.00. Di waktu ini tubuh secara biologis menghasilkan hormon melatonin yang memengaruhi kualitas waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh.  Demi mendapatkan kualitas waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh, usahakan waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh yakni cukup sekitar 7 sd 8 jam semalam.

Hindari pula makan, membaca atau menonton televisi di tepat tidur. “Disiplin melakukan ini secara biologis akan memaksimalkan produksi melatonin dan menyingkirkan radikal bebas,” Para ilmuwan di berbagai negara sepakat bahwa semua individu sebaiknya waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh lebih awal (maksimal pada jam 22.00) agar mampu mendapatkan kualitas waktu tidur

terbaik sesuai jam biologis tubuh terbaik antara jam 20.00 hingga 06.00, sehingga fungsi fungsi biologis yang telah disebutkan di atas bisa berjalan dengan baik pula. Lamanya waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh cukup variatif; bagi manusia dewasa, bisa berkisar antara 6 sd 8,5 jam per malam.

Secara otomatis, disiplin waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh sesuai jam biologis sangatlah penting, karena hal ini dapat mengurangi stres, mencegah timbulnya penyakit, meningkatkan daya ingat, menambah kualitas hidup, meningkatkan energi, menjaga berat badan, serta meningkatkan hormon yang dapat merawat tubuh.

  • Tidur siang

Bagi individu yang mengalami gangguan waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh di malam hari seperti insomnia atau memiliki resiko kerja shift pada metabolisme tubuh, tidak disarankan tidur siang karena bisa berdampak pada kualitas waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh di malam hari sehingga berpotensi memperburuk insomnia.


Lantas, kapan waktu yang tepat untuk waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh saat siang hari? jawabannya yakni antara pukul 13.00 sd 16.00 ketika tubuh secara biologis ingin istirahat. Waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh sebelum atau sesudah jam jam tersebut berpotensi memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan berdampak pada kemampuan  sobat untuk tidur di malam hari.

Berapa lama  sobat boleh tidur saat siang hari? Durasi waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh siang yang ideal adalah 15 sd 30 menit, “Bila  sobat tidur lebih dari durasi tersebut, yang akan terjadi adalah  sobat akan tertidur nyenyak namun kesulitan untuk bangun dan menganggu metabolisme tubuh, sebab itu saat tidur siang, upayakan untuk melakukannya dengan durasi yang tepat ya sobat, misalnya dengan memasang alarm atau cara lainnya.

Nah sobat, jangan lupa untuk mengikuti waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh sehingga sobat memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit. Oke sobat, demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors