Sponsors Link

Penjelasan Ilmiah Sebab Mudah Tertidur dalam Mobil

Sobat mungkin mengenal individu individu di antara lingkungan keluarga atau teman teman yang sangat mudah tertidur begitu masuk ke dalam mobil dan dalam perjalanan bahkan saat belum mencapai seperempat tujuan dan memiliki pengaruh metabolisme pada berat badan.

Atau mungkin,  sobat sendiri yang mengalaminya? Dalam ilmiah, keadaan biologis ini disebut dengan istilah carcolepsy. Lantas, bagaimana Penjelasan Ilmiah Sebab Seseorang Mudah Tertidur dalam Mobil ya sobat? yuk sobat simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

  • Pengaruh kondisi tubuh

Setiap individu mempunyai kebutuhan istirahat dan siklus tidur yang berbeda sesuai hubungan kekuatan fisik dengan kesehatan otak yang akhirnya tercermin dari kondisi tubuhnya. Mungkin, individu jadi mudah tertidur di dalam mobil terutama untuk perjalanan yang panjang karena kurangnya waktu istirahat yang dimiliki.

Misalnya saat akan mudik lebaran ke kota lain yang menempuh jam perjalanan cukup panjang. Pada malam sebelumnya,  sobat tentu lebih banyak menyelesaian pekerjaan yang lain bukan, seperti packing barang barang dsb? Atau mungkin, bila individu tertidur dalam mobil setiap

jam jam produktif normal (pagi hingga siap berangkat), dia mengalami narcolepsy. Keadaan biologis ini merupakan gangguan neurologis jangka panjang yang juga mempengaruhi siklus tidur individu secara biologis karena berkaitan dengan jam biologis dalam tubuhnya.

  • Perasaan nyaman dan santai

Dari sisi bentuk sesuai dengan kondisi biologis tubuh yang dipengaruhi alasan biologis semakin tua waktu terasa cepat berlalu, kursi pada mobil dengan pengaturan sudut kemiringan bagaimana pun tidak akan senyaman ranjang atau kasur ya sobat. Walau begitu, perasaan nyaman bahwa

sobat akan santai di sepanjang perjalanan karena tidak menyetir menjadi sebuah rangsangan tersendiri bagi otak untuk lebih relaks yang sering tidak disadari. Hal ini tentu berbeda dengan individu individu yang memiliki rasa kurang nyaman bilamana ada individu lain yang

mengendalikan mobil yang ditumpanginya. Beberapa individu merasa waswas dan pada akhirnya menimbulkan kecemasan yang tidak membuatnya bisa santai sepanjang perjalanan saat di dalam mobil apalagi tidur sebab kecemasan secara biologis akan mempengaruhi kemampuan individu untuk istirahat atau tertidur.

  • Suara di lingkungan sekitar

White noise merupakan istilah yang digunakan dalam dunia ilmiah. Namun dalam kaitannya di kehidupan sehari hari, istilah ini dapat diartikan secara sederhana sebagai suara yang muncul secara konsisten dan merata di semua frekuensi yang bisa didengar oleh individu.

Saat dalam perjalanan dengan mobil,  sobat tentu cenderung akan mendengarkan suara yang sama dan konsisten, bukan? Abaikan percakapan yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan atau suara radio maupun pemutar musik, suara yang dihasilkan dari perpaduan mesin mobil dan gesekan udara pada jalan yang terbuka menimbulkan suara yang sempurna untuk secara biologis memberikan ketenangan hingga tertidur.


  • Highyway hypnosis

Penjelasan ilmiah yang paling populer terkait carcolepsy adalah highway hypnosis. Peneliti biologi menjelaskan bahwa highway hypnosis merupakan keadaan biologis di mana individu terhipnosis akibat berada dalam mobil untuk perjalanan yang cukup panjang atau lama.

Perjalanan dengan mobil biasanya memberikan situasi yang monoton dan tidak jauh berbeda, seperti pemandangan pepohonan, rumah, tiang, dsb. Hal ini pun membuat individu tersebut menjadi tidak terlalu tertarik untuk memperhatikan apa yang ada di sekitarnya selama dalam perjalanan.

Dengan kata lain, karena melihat hal yang sama secara terus menerus, semuanya jadi terasa serba biasa hingga akhirnya secara biologis otak mengirim sinyal mengantuk dan individu tersebut pun tertidur, terlebih ketika berada di mobil yang tenang dan nyaman seperti kondisi AC yang tepat dan laju mobil yang menyenangkan atau dengan kecepatan yang wajar..

Nah sobat, itulah penjelasan ilmiah yang telah diteliti secara biologis mengapa seseorang mudah tertidur dalam mobil, intinya ialah semua berdasarkan pada kondisi tubuh yang dilanjutkan dengan rangsangan pada metabolisme tubuh serta otak ya sobat, sehingga kenyamanan dan ketenangan yang menjadi sebab utamanya. Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors