Sponsors Link

7 Pengaruh Metabolisme Tubuh pada Berat Badan

Metabolisme tubuh seperti faktor faktor yang mempengaruhi metabolisme tubuh tentu bukan kata yang asing ya sobat, namun apakah sobat sudah memahami apa itu metabolisme tubuh? Pengaruh metabolisme tubuh artinya tingkat kecepatan tubuh membakar energi.

Pengaruh metabolisme tubuh adalah cara tubuh menggunakan lemak, karbohidrat, juga protein untuk membentuk energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Pengaruh metabolisme tubuh merupakan mesin yang memastikan semua aktifitas tubuh bekerja dengan baik. Apakah Sobat tahu jika terdapat Pengaruh Metabolisme Tubuh pada Berat Badan manusia?

Sobat bisa mengatur pengaruh metabolisme tubuh dengan kegiatan fisik, melakukan aktifitas sesuai jam biologis tubuh yang harus ditaati agar tubuh sehat, makanan yang Sobat makan, kadar lemak tubuh, olahraga juga keseluruhan pola hidup yang Sobat lakukan sehari hari yang semuanya berhubungan dengan berat badan. Berikut pengaruh metabolisme tubuh pada berat badan selengkapnya :

  • Ukuran tubuh

Individu yang memiliki ukuran tubuh besar atau memiliki otot yang banyak akan membakar kalori lebih banyak, meskipun saat beristirahat atau menghindari dampak tidur berlebihan bagi sistem biologis dan organ tubuh.

  • Jenis kelamin

Umumnya laki laki memiliki lemak lebih sedikit juga otot lebih banyak dari perempuan. Pada kondisi usia juga berat yang sama, laki laki akan melakukan pembakaran kalori lebih banyak.

  • Usia

Bertambahnya usia akan menurunkan otot juga lemak, sehingga pembakaran kalori akan semakin berkurang.

  • Aktifitas pengolahan makanan

Mencerna, menyerap, mengangkut juga menyimpan makanan yang dikonsumsi membutuhkan proses metabolisme tubuh. Untuk aktifitas tersebut membutuhkan sekitar 100 sd 800 kalori yang digunakan setiap hari. Umumnya pengolahan makanan relatif stabil juga tidak mudah berubah.

  • Kegiatan fisik

Kegiatan fisik atau olahraga seperti bermain tenis, berjalan, berlari dapat berkontribusi untuk metabolisme tubuh setiap hari. Kegiatan fisik merupakan pengaruh yang mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar setiap hari.

  • Keturunan

Jika pembakaran kalori melambat ketika sedang beristirahat kemungkinan penyebab adalah karena faktor keturunan. Individu tidak akan bisa mengubah faktor keturunan yang diturunkan maka yang dapat diupayakan adalah perubahan kebiasaan. Salah satu upaya untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan melakukan aktifitas fisik dan olahraga.

  • Hormon

Perubahan hormon dapat memperlambat penggunaan energi pada tubuh sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah lelah. Beberapa kondisi seperti penyakit hormonal yang mempengaruhi metabolisme tubuh seperti penyakit gondok dan diabetes. Stress juga dapat melepaskan hormon yang dapat memicu penurunan metabolisme tubuh.

-Upaya agar metabolisme tubuh ideal-

Upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah melakukan terapi pengobatan secara teratur dan menjaga pola makan. Sekarang mari kita pahami lebih jelas mengenai hubungan pengaruh metabolisme tubuh dengan berat badan. Kita bisa pahami ya sobat, semakin tinggi angka atau rate metabolisme tubuh maka semakin tinggi pula pemakaian energi dari tubuh.

Dari manakah energi datang? Tentu saja dari makanan yang Sobat konsumsi. Jika Sobat berpikir ” mudah saja, saya tinggal mengurangi makanan yang saya konsumsi sampai batas minimum” ternyata hal tersebut salah. Tubuh manusia membutuhkan minimal nutrisi juga energi untuk membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik.


Dengan mengurangi makan tidak akan membuat Sobat menurunkan berat badan dengan baik atau bagi yang ingin menambah berat badan tidak bisa hanya asal makan dengan sebanyak banyaknya. Cara yang terbaik adalah meningkatkan angka atau rate pengaruh metabolisme tubuh Sobat. Yakni adalah membakar lebih banyak energi lagi.

Nah sobat, untuk bisa memiliki berat badan yang ideal, tentunya sobat juga harus memiliki metabolisme tubuh yang baik, hal tersebut tentu dilakukan dengan cara menjalani pola hidup yang baik mulai dari asupan nutrisi yang seimbang dan sempurna, aktifitas fisik yang baik yakni tidak kekurangan atau berlebihan, istirahat cukup, dan meminimalisir stres. Sobat dapat melakukannya dengan cara cara berikut :

  •  Olahraga, contohnya dengan pergi ke gym atau taman, lari pagi, kegiatan rumah tangga, dsb
  • Makan sehat, hindari lakukan diet yang ekstrim melainkan lakukanlah diet yang sehat, mengkonsumsi makanan yang sehat juga cara memasak yang benar.
  •  Minum lebih banyak air putih
  •  Lakukan kebih banyak kegiatan

Oke sobat, semoga bermanfaat, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors