Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Aquascape

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, jenis ikan hias air laut yang ada di aquarium dan aquascape  merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Aquascape tersebut merupakan bagian penting dari sebuah aquarium karena tanpa adanya aquascape tersebut sepertinya aquarium anda akan terlihat monoton dan kurang menarik.

Aquascape sendiri merupakan bagian yang menjadikan aquarium tersebut terlihat seperti sebuah ekosistem seperti contoh ekosistem alami dimana didalamnya kita melihat hiasan seperti bebatuan, pasir, akar  atau batang pohon, serta tentunya tumbuhan aquascape pada umumnya. Komponen tersebutlah yang menjadikan daya tarik aquarium anda menjadi terlihat lebih menarik dan indah.

Oleh karena aquascape tersebut berada langsung di dalam aquarum anda dan bergabung bersama air dan juga ikan-ikan yang terdapat pada aquarium tersebut sobat serta mencegah gangguan organ peredaran darah pada ikan, maka anda sebagai aquascaper juga harus bagiaman cara merawat dan juga membersihkan aquascape tersebut agar tidak terlihat kotor dan juga agat kesehatan ikan-ikan hias anda tetap terjaga.

Nah sobat aquascaper, untuk mengetahui ulasan selengkapnya mengenai Cara Membersihkan Aquascape tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1. Perhatikan Air Yang Menguap

Pada umumnya, penguapan air pada aquarium sangatlah tergantung dari suhu serta tipe aquarium itu sendiri. Suhu yang tinggi akan mengakibatkan terjadinya penguapan secara cepat. Tipa aquarium yang banyak mendapatkan sinar akan menguapkan air lebih banyak

jika dibandingkan dengan aquarium yang lebih sedikit menerima sinar. Penguapan seperti ini tentunya akan berpengaruh kepada ekosistem yang ada pada aquarium anda, khususnya pada aquascape anda. Oleh karena itu sobat, langkah pertama untuk membersihkan aquascape tersebut adalah dengan memperhatikan penguapan pada aquarium anda.

2. Pindahkan Ikan

Langkah yang selanjutnya yang bisa anda lakukan sebelum membersihkan aquascape tersebut adalah dengan memindahkan ikan-ikan hias anda pada sebuah wadah, namun pastikan wadah tersebut bersih. Selain memindahkan ikan anda juga akan memindahkan beberapa bebatuan kecil atau akar pohon yang anda masukkan kedalam aquarium tersebut sebelumya, hal ini bertujuan untuk memudahkan anda pada saat memebrsihkan aquascape tersebut.

3. Bersihkan Aquascape

Pada saat anda akan membersihkan aquascape tersebut, maka anda harus membersihkannya secara keseluruhan. Perhatikan mulai dari rumput aquascape tersebut, apabila anda rasa sudha terlal lebat, anda bisa mengguntinya sehingga akan terlihat rapih kembali. Jangan lupa juga

untuk membersihkan bagian-bagian tumbuhan aquascape tersebut yang sudah tua sehingga tanaman tersebut bisa terlihat segar kembali. Namun lakukan hal ini secara telaten dan jangan sampai merusak tanaman tersebut. Jika dibutuhkan, maka anda juga bisa sekaligus memupuk tanaman tersebut sehingga akan terlihat subur nantinya.


4. Bersihkan Dinding Aquarium

Jika anda sudah memastikan tanaman aquascape anda sudah rapih dan bersih, kini saatnya anda beralih untuk membersihkan dinding aquarum anda. Umumnya pada dinding tersebut akan terdapat banyak rumput yang menempel, sehingga anda pun harus membersihkannya. Bersihkan dinding aquarium tersebut secara perlahan agar tidak terjadi scrath yang bisa merusak aquarium tersebut.

5. Rapikan Kembali

Setelah keadaan aquarium anda sudah bersih, kini saatnya anda merapikannya kembali. Merapikaany dengan memasukkan air, bebatuan atau aksesoris aquascape tersebut, dan juga tidak lupa ikan sebagai penghuni aquascape tersebut.

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda sobat aquascaper serta bisa memperluas wawasan anda tentang aquascape tersebut. Sampai jumpa diartikel selanjuntya tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik. Salah aquascape selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Lingkungan