Sponsors Link

5 Cara Mengurangi Penggunaan Pestisida yang Benar

Penggunaan pestisida bagi tanaman akan memberikan pengaruh positif dan negatif bagi tanaman itu sendiri, hewan dan manusia serta lingkungan. Beberapa manfaat positif tentunya bisa memberikan keuntungan bagi makhluk hidup lain sedangkan dampak penggunaan pestisida secara berlebihan bisa berdampak negatif seperti pertumbuhan tanaman tidak normal, hasil panen berkurang dan menganggu lingkungan seerta ekosistem. Ada cara alternatif yang bisa dilakukan oleh anda untuk mengurangi dampak negatif penggunaan pestisida.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengurangi penggunaan pestisida. Penggunaan pestisida yang berkurang tentunya akan berdampak pada pertumbuhan tanaman lebih baik, cara menjaga keseimbangan ekosistem supaya tidak rusak, dan lingkungan disekitar lokasi penanaman lebih subur serta yang paling penting adalah anda bisa mengurangi orang lain untuk mengkonsumsi pestisida karena beberapa tanaman yang tidak harus dikupas kulitnya akan lebih mudah menyerap pestisida apalagi yang terbuat dari bahan kimia. Oleh karena itu upaya mengurangi pestisida perlu dilakukan. Ini dia cara mengurangi penggunaan pestisida yang perlu anda ketahui untuk mengurangi penggunaan pestisida.

  1. Pembersihan Lahan Penanaman Secara Rutin

Pembersihan lahan penanaman merupakan faktor yang bisa mengurangi hama dan penyakit tanaman terutama hama dan penyakit yang menyerang dari dalam tanah. Pembersihan lahan penanaman tidak hanya dilakukan sebelum dan sesudah melakukan penanaman. Anda perlu melakukan kegiatan membersihkan lahan penanaman sebelum dilakukan kegiatan penanaman dengan bersih.

Apabila kegiatan pembersihan tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka tanaman akan lebih mudah terganggu pertumbuhannya karena ada persaingan dengan tanaman gulma yang sebelumnya ada. Lahan yang tidak bersih pun bisa menyebabkan hewan lain datang ke lokasi lahan yang anda ingin lakukan penanaman sehingga bisa menjadi hama apabila jumlahnya dalam jumlah yang banyak dan sudah menganggu pertumbuhan tanaman anda yang ditanam. Baca : objek dan permasalahan biologi.

  1. Pengusiran Secara Manual

Pengusiran hama tanaman bisa dilakukan secara manual apabila anda sedang melakukan kontrol terhadap tanaman yang anda tanam. Kegiatan pegusiran secara manual akan lebih mudah apabila lahan yang anda lakukan penanaman tidak luas dan memiliki sumberdaya manusia yang banyak. Dengan cara manual, anda dapat mengurangi kerusakan tanaman yang ditanam.

  1. Teknik Penanaman 2 atau Lebih Tanaman

Beberapa penyuluh dan peneliti sering menyarankan menanam tanaman yang berbeda apabila ingin menyiasati cara mengurangi penggunaan pestisida. Tanaman yang bisa anda lakukan penanaman adalah tanaman pertanian yang semusim dengan tanaman kehutanan yang tahunan. Adapun manfaat lain seperti manfaat secara ekonomi dari penanaman tanaman yang lebih dari 1 (satu) jenis. Oleh karena itu petani perlu mempelajari tanaman apa yang cocok dilakukan penanaman yang bersamaan sehingga bisa mencegah terjadi persaingan unsur hara dan mengurangi hama dan penyakit yang menyerang. Baca : mekanisme pertanian.

  1. Pola Penanaman

Pola penanaman bisa mempengaruhi anda dalam mengurangi penggunaan pestisida. Pola penanaman yang bisa anda lakukan dengan cara berseling, tanaman utama di tengah dan tanaman lain dipinggir atau dibentuk kloter-kloter dan lainnya. Penggunaan pola penanaman yang baik bisa membantu anda dalam mengurangi hama dan penyakit pada tanaman yang anda tanam.


  1. Teknik Irigasi Lahan Penanaman

Beberapa tanaman yang terserang hama dan penyakit bisa terjadi karena teknik irigasi lahan yang tidak tepat. Beberapa tanaman gulma bisa menyerang tanaman melalui tanah terutama lahan penanaman yang tidak diberi sisitem irigasi.

Beberapa sistem irigasi lahan penanaman yang bisa anda coba dengan cara membuat gundukan, pembuatan tegalan, sistem irigasi tetes, cara bertanam hidroponik bagi pemula, penanaman veltikultur, selang air, dan gembor. Sistem irigasi yang baik bisa membantu tanaman untuk terhindar dari serangan hama dan penyakit dan memperbaiki kondisi pertumbuhan tanaman apabila kondisi lahan tidak mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik.

Demikian informasi yang dapat dosen biologi sampaikan untuk anda mengenai cara mengurangi penggunaan pestisida. Semoga dapat menambah wawasan baru untuk anda semua. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, ,
Oleh :
Kategori : Lingkungan