Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Cara Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Sponsors Link

Secara garis besar ekosistem merupakan rumah atau tempat tinggal bagi mahluk hidup dan didalamnya akan ada beberapa komponan, dan didalam ekosistem tersebut pula komponennya akan saling berinteraksi satu dengan lainnya. meskipun saat ini juga banyak ekosistem buatan, tapi juga Saat ini kita hampir memasuki era dimana beberapa ekosistem yang ada di bumi ini hampir punah atau juga darurat. tanpa disadari pula, banyak sekali bahaya tidak melestarikan lingkungan sekitar.

ads

Kita pun sekarang juga tengah dihebokan dengan banyaknya binaang buas yang menyerang warga. Hal ini jelas merupakan sebuah pertanda. Pertanda bahwa ekosistem merak telah diruk oleh ornag-ornag yang tidak bertanggung jawab dan cenderung memikirkan kepentingan sendiri dan tentu saja berfikir selayak kapitalis. Karna, ekosistem itu merupakan rumah yang kita tinggali dan tempat untuk proses rantai makanan, maka secara otomatis kita haruslah menjaga dan merawat keseimbangan ekosistem, agar kita tidak merugi dimasa mendatang, dan juga masih dapat melihat tumbuhan langka bagi generasi mendatang.

Generasi kita dimsa mendatang tentunya akan menuntut kita atas perlakuan kita terhadap lingkungan saat ini. Agar bumi dengan lingungan didalamnya dapt menjadi lebih nyaman untuk setiap mahluk hidup yang mendiaminya. Maka, sangat perlu melakukan cara-cara untuk menjaga keseimbangan ekosistem.  Dalam hal ini usaha manusialah yang paling berpengaruh untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang ada pada saat ini. Dan beberapa kegiatan Cara Menjaga Keseimbangan Ekosistem adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi konsumen yang bijak

Langkah pertama yang harus diambil untuk pelestarian ekosistem laut dan darat adalah dengan menjadi konsumen yang bijak. Maksud dari menjadi konsumen yang bijak memang bisa menjadi banyak cabang dan berbagai rupa. Namun, yang lebih spesifik disini adalah dengan mengurangi batsan untuk mengkonsumsi minyak dari kelapa sawit atau juga bahan sejenisnya karna sangat berpengaruh untuk ekosistem di hutan sana. (Baca: ekosistem danau)

Dewasa ini sebenarnya sudah banyak bertebaran produk-produk alternatif untuk mengganti fungsi dari minyak kelapa sawit itu. Misal saja yang paling banyak sekarang adalah perihal minyak jagung untuk pengganti memasak. Jagung dirasa lebih efisien dan efektif untuk membuat minyak dan untuk memasak. Dan tentunya yang paling penting tidak merusak ekosistem hutan.

2. Melakukan tebang pilih

Penggundulan hutan makin hari makin terasa saja dampaknya. Kita bisa dengan mudah melihat banyaknya hutan yang ditebangi secara membabi buta bahkan dalam beberapa ekstrim lebih parah lagi, seperti pembakaran hutan untuk pembukaan wilayah, dan biasanya memang untuk pabrik dan sejenisnya.

tanpa disadari memang pohon merupakan kebutuhan mahluk hidup, terutama binatang. Hal ini tentulah akan merusak habitat dan ekosistem yang jelas akan terganggu. Untuk mensiasati itu diperlukan adanya tebang pilih dalam menebang pohon yang ada di hutan. Misal saja pilih pohon yang dirasa sudah tua dan akan roboh. Bukaan malah menebang asal pohon dan menebang pohon yang muda juga.

  1. Kurangi bahan bakar fosil

Saat ini masih banyak bahan bakar yang besumber dari fosil hewan ataupun tumbuhan. Contoh kecil saja seperti batu bara dan minyak tanah. Ini jelas tidak bak untuk ekosistem yang ada dan juga jumlahnyapun bisa dibilang terbatas. (Baca: ekosistem rawa)

Kita tentunya bisa mensiasati ini dengan cara memakai sumber energi alternatif. Seperti saja sinar matahari atau angin yang dapat mengganti sumber batu bara. Hal yang lainnya yang dapat kita lakukan masih terkait hal ini adalah dengan cara membatasi penggunaan kendaraan bermotor dan lebih memilih untuk berjalan kaik atau naik sepeda ke tempat yang dekat.

Sponsors Link

  1. Berhenti membuang sampah sembarangan

Tanpa disadari ataupun disadari, masih banyak diantara kita yang membuang sampah sembarangan. Namun, perlu diingat jugabahwa membuang sampah sembarangan termasuk perbuatan yang keji dan bahkan tidak mencerminkan sifat yang selayak manusia yang merupakan mahluk paling bermartabat. sampah yang paling berbahaya salah satunya adalah logam. bahaya logam sangat buruk untuk kebutuhan mahluk hidup, terutama pada binatang.

Perihal buang sampah sembarangan ini bisa menimbulkan banyak perkara negatif. Satu diantaranya pastilah merusak ekosistem yang ada dilaut. Ekosistem yang ada diaut tidak bisa dianggap enteng dan receh. Karna, ekosistem itu masih merupakan ekosistem yang amat dinuthkan oleh manusia. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita saling mengerti dan membuang sampah pada tempatnya dan selayaknaya.

  1. Menjaga kelestariannya bersama organisasi

Dewasa ini sudah banyak organisasi non pemerintah yang dapat dijadikan patokan untuk dapat menjaga kelestarian ekosistem. Baik itu yang berada di perairan maupun yang berada didaratan. Dari banyaknya organisasi ini kita bisa belajar banyak dari organisasi ini. (Baca: ekosistem danau)

Organisasi-organisasi yang sudah besar dan terkenal contohnya seperti WWF dan Greenpeace, yang kontribusi untuk lingkungannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Selain dua organisasi diatas, juga masih ada lagi organisasi yang baru tumbuh seperti ivory wars. Organisasi ini juga berkegiatan unutk menayangkan tayangan mengenai orang-orang yang menjaga serta menangkap pemburu gading gajah yang berada di Afrika dan daerah lain yang masi banyak terdapat hutan. (Baca: cara melestarikan laut Indonesia)

Sponsors Link

  1. Memberikan sanksi tegas terhadap oknum-oknum terkait

dalam upaya menjaga keseimbangan lingkungan dan juga ekosistem yang lain adalah dengan cara ini. Di perairan maupun daratan, ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab yang berkeinginan memperkaya dirinya sendiri serta bersifat kapitalis. Pada ekosistem perairan, seperti pada ekosistem danau, atau laut, biasanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut akan menggunakan pukat harimau atau bom peledak untuk menangkap ikan-ikan yang ada di laut.

Atau juga pada ekosistem hutan dan pada daratan kebanyakan, oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut akan melakukan pemalakn liar atau membakar hutan dengan tujuan pembukaan lahan. Hal semacam ini tentu saja sangat tidak dianjurkan, karna sangat berpengaruh untuk kelangsungan ekosistem yang ada, baik itu yang di perairan maupun yang di laut dan banyak membunuh biota laut.

Untuk dapat mengatasi itu semua, diperlukan langkah kongkrit dari pemerintah atau juga instansi terkait. Pemerintah harus membuat peraturan yang tegas dan memberi sangksi yang berat untuk oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu. Pemberian sangksi ini bertujuan agar oknum-oknum tersebut mendapat pelajaran dan menyesal atas perbuatannya.

Diatas tadi adalah Cara Menjaga Keseimbangan Ekosistem yang harus kita lakukan agar ekosistem yang ada di sekitar kita terus terjaga dan tidak merusak ekosistem yang ada. Karna, ekosistem yang ada disekitar kita sangat berpengaruh untuk kehidupan kita di masa kini, maupun di masa mendatang. Jadi, ada baiknya kita melakukan cara-cara yang ada diatas untuk dapat menjaga kelastarian ekosistem di sekitar.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 12th, November 2016 / 05:41 Oleh :
Kategori : Lingkungan

Our Sponsors